Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Sambal Cumi Asin, favorit bagi pecinta pedas dan seafood

Resep Sambal Cumi Asin, favorit bagi pecinta pedas dan seafood

resep sambal cumi asin

Resep Sambal Cumi Asin, favorit bagi pecinta pedas dan seafood

Recipe By siti
Course: Sambal Cumi Asin Cusine:indonesia Difficulty:mudah

Servings

2 minutes

Preparing Time

40 minutes

Cooking Time

20 minutes

Calories

200 kcal

INGREDIENTS

  1. cumi asin segar

  2. cabai rawit

  3. bawang merah

  4. bawang putih

  5. gula

  6. garam

  7. minyak goreng

  8. bumbu penyedap

DIRECTION

  1. Langkah 1

    Pertama-tama, bersihkan cumi asin dengan air mengalir dan kupas kulitnya. Kemudian, potong cumi asin sesuai selera dan sisihkan.

  2. Langkah 2

    Haluskan cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih dengan menggunakan blender atau ulekan.

  3. Langkah 3

    Panaskan minyak goreng di wajan, tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum

  4. Langkah 4

    Masukkan potongan cumi asin ke dalam wajan, aduk rata dan masak hingga cumi matang dan bumbu meresap.

NOTES

    Salah satu masalah yang sering dihadapi ketika membuat sambal cumi asin adalah rasa yang terlalu asin. Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Pertama, sebaiknya rendam cumi asin dalam air garam selama beberapa menit sebelum digunakan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kadar garam alami yang terdapat pada cumi asin. Selain itu, pastikan Anda tidak menambahkan garam secara berlebihan saat proses pengolahan sambal.

Sambal cumi asin merupakan salah satu hidangan favorit bagi pecinta pedas dan seafood. Kombinasi antara rasa pedas dan gurih dari cumi asin membuat hidangan ini memiliki cita rasa yang unik dan menggugah selera. Sambal cumi asin dapat disajikan sebagai lauk pendamping nasi hangat, atau bisa juga dinikmati sebagai pelengkap hidangan lainnya. Untuk Anda yang ingin mencoba membuat sambal cumi asin di rumah, berikut adalah resep dan cara pembuatannya.

Baca Juga :  Mau Memasak Resep Sotong Tumis Hitam yang Sedap? Baca Dulu Resepnya Berikut

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai proses pembuatan sambal cumi asin, pastikan Anda telah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Beberapa bahan yang perlu disiapkan antara lain cumi asin segar, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, gula, garam, minyak goreng, dan bumbu penyedap. Pastikan bahan-bahan yang digunakan dalam keadaan segar dan berkualitas untuk mendapatkan hasil masakan yang lezat.

Langkah Pembuatan Sambal Cumi Asin

  1. Pertama-tama, bersihkan cumi asin dengan air mengalir dan kupas kulitnya. Kemudian, potong cumi asin sesuai selera dan sisihkan.
  2. Haluskan cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih dengan menggunakan blender atau ulekan.
  3. Panaskan minyak goreng di wajan, tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum.
  4. Masukkan potongan cumi asin ke dalam wajan, aduk rata dan masak hingga cumi matang dan bumbu meresap.

Tips Agar Sambal Cumi Asin Tidak Terlalu Asin

Salah satu masalah yang sering dihadapi ketika membuat sambal cumi asin adalah rasa yang terlalu asin. Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Pertama, sebaiknya rendam cumi asin dalam air garam selama beberapa menit sebelum digunakan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kadar garam alami yang terdapat pada cumi asin. Selain itu, pastikan Anda tidak menambahkan garam secara berlebihan saat proses pengolahan sambal.

Baca Juga :  Resep Chwinamul (Tumis Aster Scaber)

Variasi Sambal Cumi Asin

Selain sambal cumi asin biasa, Anda juga dapat bereksperimen dengan variasi rasa dan bahan tambahan untuk membuat hidangan yang lebih beragam. Misalnya, Anda bisa menambahkan potongan tomat segar untuk memberikan rasa segar dan asam pada sambal cumi asin. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan serutan jeruk nipis atau daun kemangi untuk aroma yang lebih segar dan harum. Berani mencoba variasi baru akan membuat hidangan sambal cumi asin semakin menarik dan lezat.

Kesimpulan

Sambal cumi asin merupakan hidangan yang mudah dan cepat untuk disiapkan di rumah. Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan langkah-langkah yang sederhana, Anda dapat menikmati hidangan pedas dan gurih ini kapan pun Anda inginkan. Jangan ragu untuk mencoba resep sambal cumi asin di atas dan sesuaikan dengan selera Anda. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan sambal cumi asin yang lezat!

FAQ

Apakah cumi asin bisa disimpan lama?

Cumi asin dapat disimpan dalam kulkas selama beberapa hari untuk menjaga kesegarannya. Pastikan cumi asin disimpan dalam wadah yang kedap udara agar tidak cepat basi.

Bagaimana cara memilih cumi asin yang berkualitas?

Pilihlah cumi asin yang memiliki tekstur kenyal dan tidak berbau amis. Hindari cumi asin yang terlalu keras atau terlalu lunak karena bisa jadi sudah tidak segar.

Baca Juga :  Sayur Asem Nila Goreng, Sambal Terasi Memang Tiada Duanya

Apakah sambal cumi asin bisa disimpan untuk beberapa hari?

Sambal cumi asin yang telah matang dapat disimpan dalam wadah kedap udara di dalam kulkas selama 3-4 hari. Sebaiknya hangatkan kembali sebelum disajikan.

Dapatkah saya menambahkan santan ke dalam sambal cumi asin?

Anda bisa menambahkan santan ke dalam sambal cumi asin untuk memberikan rasa yang lebih kaya dan gurih. Tambahkan santan secukupnya sesuai dengan selera Anda.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info