Lompat ke konten
Home » Resep » Inilah Resep Cumi Hitam Bumbu Kunyit, Masakan Seafood Rumahan yang Lezat

Inilah Resep Cumi Hitam Bumbu Kunyit, Masakan Seafood Rumahan yang Lezat

Resep cumi hitam bumbu kunyit

Keyword : resep cumi hitam bumbu kunyit

Inilah resep cumi hitam bumbu kunyit yang bisa Anda masak sendiri di rumah. Sebuah resep rumahan yang biasanya juga dijual di rumah makan seafood atau makanan laut.

Cumi merupakan salah satu bahan seafood yang banyak disukai orang. Bukan hanya rasanya saja yang lezat, tetapi juga bisa masuk ke semua bumbu saat dimasak beragam menu, seperti saat dimasak cumi hitam bumbu kunyit. Silakan Anda cicipi sendiri masakannya setelah matang nanti.

Bumbu kunyit memberikan cita rasa khas Nusantara yang kaya rempah. Bahan utama yang dimasak dengan bumbu kunyit akan lebih terasa spesial. Masakan ayam goreng bumbu kunyit yang sudah umum dimasak.

Namun sekarang, cumi hitam bumbu kunyit yang akan Anda masak. Lalu, apa saja bahan, bumbu, serta cara memasak resep cumi hitam bumbu kunyit? Berikut informasi selengkapnya.

Baca Juga :  Yuk, Coba Resep Ayam Rendang Tanpa Santan yang Bikin Ngiler Banyak Orang

Bahan-bahan

  1. 500 gram cumi segar ukuran sedang
  2. 5 buah cabai rawit hijau atau sesuai selera
  3. ½ sendok teh garam
  4. ½ sendok teh gula pasir
  5. 1 buah jeruk nipis
  6. Kaldu bubuk secukupnya
  7. Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

  1. 8 siung bawang merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. ½ sendok teh ketumbar bubuk
  4. 1 sendok teh kunyit bubuk
  5. 2 lembar daun salam
  6. 4 cm jahe digeprek

Cara memasak cumi hitam bumbu kunyit

Setelah semua bahan dan bumbu di atas siap, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasak resep cumi hitam bumbu kunyit sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu cumi di bawah air mengalir, buang plastiknya tetapi jangan sampai tintanya hilang. Bilas lagi dengan air, angkat dan tiriskan.
  2. Setelah itu beri perasan jeruk nipis, campur merata, dan diamkan beberapa saat agar bau amisnya hilang.
  3. Selanjutnya, haluskan semua bumbu halus yang sudah disiapkan, kecuali daun salam dan geprek. Lalu, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan juga daun salam dan jahe. Aduk merata.
  4. Setelah itu, kecilkan api kompor dan masukkan cumi dan masak hingga berubah warna. Tekan-tekan cumi agar tintanya keluar. Tambahkan cabai, garam, dan gula pasir. Aduk terus merata.
  5. Cicipi sedikit kuahnya untuk mengoreksi rasanya. Jika masih belum pas, tambahkan kaldu bubuk secukupnya. Aduk dan cicipi lagi.
  6. Setelah matang, matikan kompor dan cumi hitam bumbu kunyit siap di plating.
  7. Siapkan piring saji. Letakkan dan tata masakan cumi hitam bumbu kunyit yang sudah matang di atas piring saji. Taburi bawang goreng secukupnya, jika ada.
Baca Juga :  Bagaimana Memasak Sayur Lodeh Nangka Muda Sedap? Berikut Resepnya

Bagaimana? Cukup mudah bukan memasak resep cumi hitam bumbu kunyit? Silakan dicoba sendiri di rumah sekarang juga. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info