Senin, 31 Agustus 2020

Resep Ayam Goreng Mentega, Maknyus Bikin Nagih

Ayam Goreng Mentega



Membuat masakan dengan bahan dasar tapi selalu itu-itu saja dan sudah mulai bosan dengan yang kalian masak. Tenang saja, kalian sudah berada di situs yang tepat untuk membahas menu makanan inspiratif yaitu topwisata kuliner.

Ayam memang sangat kaya akan protein hewani, dan itu sangat bagus bagi tubuh yang selalu memerlukan protein setiap hari. Ayam sendiri dapat diolah menjadi berbagai varian yang sangat menggugah selera ya guys.

Termasuk mengolahnya menjadi Ayam goreng Mentega yang sangat dikenal di belanda. Ayam goreng Mentega ini sangat populer di sana dan sampai ke tanah air. Kesan pertama melihat Ayam Goreng Mentega ini pasti membuat siapapun menjadi ngiler ya guys, ayam goreng yang dicocol dengan saus inggris ini sangat cocok bagi kalian yang bosan dengan menu ayam goreng yang itu-itu saja.

Melihat menu Ayam Goreng Mentega ini terlihat sulit, namun ternyata sangat mudah sekali kawan topwisata kuliner. Hanya dengan memotong ayam menjadi bahan utama dan pelengkap saja, ditambahkan dengan potongan daun bawang. Kalian sudah bisa menikmati Ayam Goreng Mentega khas restoran mewah.

Oke deh, tanpa berlama-lama lagi. Yuk kita coba membuat Ayam Goreng Mentega ini dengan bumbu-bumbu dapur yang sangat mudah didapatkan.
 

Bahan-bahan Ayam Goreng Mentega :

  1. 800 g (1 ekor) ayam, potong jadi 8 bagian
  2. 2 sdm mentega
  3. 75 g bawang bombang, iris memanjang
  4. 2 sdm saus Inggris
  5. 1 sdm Kecap Manis
  6. 1 sdm air perasan jeruk nipis
  7. 1 sdt garam
  8. 1 sdm minyak, untuk menumis
  9. 500 ml minyak, untuk menggoreng

Bumbu halus :

  1. 2 siung bawang putih
  2. ½ sdt merica butir
  3. 2 sdt garam
 

Cara Memasak Ayam Goreng Mentega :

  1. Siapkan cobek dan haluskan bumbu-bumbu halus seperti bawang putih, merica dan garam.
  2. Langkah pertama untuk membuat Ayam Goreng Mentega yang enak banget mirip restoran adalah melakukan marinasi ayam terlebih dahulu. Yaitu dengan melumuri ayam tersebut dengan bumbu-bumbu halus dan remas-remas ayam potongan tersebut sampai bumbu benar-benar meresap. Diamkan dan sisihkan.
  3. Siapkan panci penggorengan dan masukan ayam lumur bumbu halus tadi satu persatu, goreng sampai berwarna kekuningan. Kemudian angkat dan tiriskan.
  4. Kali ini tinggal membuat saus menteganya, Siapkan penggorengan dan panaskan minyak dan mentega. Masukan bawang bombay dan tumis hingga tercium bau harum.
  5. Masukan ayam goreng tadi, kemudian kecap manis secukupnya, saus inggris dan garam. aduk-aduk terus hingga merata.
  6. Masak hingga bumbu meresap dan sesekali diaduk-aduk, tambahkan perasan jeruk nipis agar aroma dan rasa menjadi lebih nikmat. Aduk-aduk lagi hingga meresap.
  7. Kurang lebih 5-10 menit, ayam goreng mentega siap diangkat dan disajikan.


TOPWISATA.INFO | RSS TOPWISATA

TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEPAT GAYA HIDUPMU
Disqus Comments