Senin, 31 Agustus 2020

Resep Ikan Kembung Pesmol Pedas

Ikan Kembung Pesmol



Mengolah ikan kembung cuma digoreng saja tentunya akan sangat membosankan, kalau kita tidak lebih kreatif lagi dalam mengolah menu makanan setiap hari. Ikan Kembung tentunya sangat mudah kita dapatkan di pasar, karena banyak sekali pedagang yang menjajakan ikan ini.

Namun kalau kita kurang kreatif dalam berkreasi, akan membuat menu makanan harian kita menjadi membosankan. Tapi tenang saja, topwisata punya referensi yang bagus dalam mengelola Ikan Kembung dirumah aja.

Mengolah Ikan Kembung menjadi Pesmol tentu saja akan menambah selera makan kita dirumah ya guys. Rasa asem, gurih dan manisnya akan nempel di setiap kali gigitan. Jadi kalian tidak akan bosan dengan memakan Ikan Kembung yang itu-itu saja.

Bahan-Bahan Pesmol Ikan Kembung :

  1. 4 ekor ikan, bersihkan
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. 10 buah cabe rawit utuh
  4. 1 tangkai daun bawang potong2
  5. 2 lembar daun jeruk
  6. 1 batang sereh geprek
  7. 3 sdt gula
  8. 1 sdt garam
  9. 2 sdt kaldu bubuk
  10. 100 ml air

Bumbu halus :

  1. 8 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 1 ruas jari jahe
  4. 1 sdt ketumbar
  5. 3 butir kemiri
  6. 2 ruas jari kunyit

Cara Membuat :

  1. Langkah pertama untuk membuat Ikan Kembung Pesmol yang enak adalah dengan membersihkan Ikan Kembungnya dan membuang isi perutnya. Lepaskan Sisik dan Duri di punggungnya. Setelah bersih lumuri Ikan kembung dengan perasan Jeruk nipis dan sedikit garam. Diamkan kurang lebih 30 menit.
  2. Sembari menunggu perasan Jeruk meresap di Ikan Kembung. Kita bisa mempersiapkan membuat bumbu halusnya. Siapkan Cobek, masukan semua bahan-bahannya seperti bawang merah, bawang putih, jahe, ketumbar, kemiri dan kunyit. Ulek-ulek hingga halus.
  3. Siapkan penggorengan dan panaskan minyak dengan api kecil. Tumis sampai harum dan masukan daun jeruk plus sereh nya. Aduk-aduk lagi kemudian masukan garam, gula dan kaldu perasa, aduk-aduk lagi hingga merata.
  4. Tambahkan Cabe Rawitnya dan tumis sampai agak layu. Setelah dirasa mulai layu, tambahkan air dan daun bawang, masak hingga air mendidih dan bumbu mengental.
  5. Terakhir masukan ikan kembungnya, masak sampai matang dan bumbu meresap ke ikan. Ikan mulai berubah warna, angkat dan tiriskan.
  6. Siapkan Piring besar sebagai wadah Ikan Kembung Pesmolnya. Hidangkan selagi hangat.


TOPWISATA.INFO | RSS TOPWISATA

TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEPAT GAYA HIDUPMU
Disqus Comments