Selasa, 25 Agustus 2020

Resep Komplit Sayur Asem Jakarta

Resep Sayur Asem Jakarta


Jalan-jalan ke Jakarta memang terkenal dengan fasilitas kotanya yang cukup modern. Seperti fasilitas transportasi publik juga sangat lengkap disana, namun hal yang paling mengesalkan ketika di Jakarta adalah banyak macet disana-sini. Karena masyarakat banyak yang kurang memaksimalkan fasilitas transportasi umum.

Di sela-sela kemacetan Jakarta (dari cikupa-menuju ke bandara soekarno hatta), saya kok tertarik ingin mampir ke salah satu warteg di seberang jalan. Karena disitu ada yang menjual menu sayur asem Jakarta, pastinya sangat segar banget makan makanan seperti ini ditengah teriknya matahari.

Begitu mencoba suapan pertama, begitu enak banget guys. Rasa asem, seger, gurihnya menyatu dalam Sayur Asem Jakarta ini. Nah, ketika balik ke Gresik, saya kok jadi kepingin merasakan sensasi memakan sayur asem yang mirip di Jakarta ya.

Alhasil, saya mencoba membuat Sayur Asem Jakarta sendiri dirumah ditemani istri. Berikut resep dan langkah-langkah membuat Sayur Asem Jakarta sendiri dirumah aja.


Bumbu-bumbu Sayur Asem Jakarta :

  1. 2 liter air
  2. 250 gram nangka muda
  3. 50 gram kacang tanah
  4. 4 batang kacang panjang, potong-potong
  5. 3 lembar kol, potong kotak
  6. 2 lembar daun salam
  7. 2 cm lengkuas, jangan lupa memarkan
  8. 2 sendok makan asam jawa
  9. 1 buah jagung manis, potong-potong
  10. 1 buah labu siam, potong-potong
  11. 1 genggam daun melinjo, beserta buah dan bunganya
  12. 1 sendok teh gula merah
  13. 1 sendok teh terasi matang
  14. Garam secukupnya
  15. Bumbu penyedap secukupnya

Bumbu Halus Sayur Asem :

  1. 4 siung bawang putih
  2. 4 butir kemiri
  3. 3 siung bawang merah
  4. 3 buah cabe merah, buang bijinya

Cara memasaknya Sayur Asem Jakarta dirumah aja :

  1. Langkah pertama untuk membuat Sayur Asem Jakarta yang enak banget adalah dengan memasak air dan nangka muda, jagung, kacang tanah kupas hingga mendidih (masak dengan api sedang).
  2. Blender semua bumbu-bumbu halus hingga lembut dan merata.
  3. Kurang lebih 5-10 menit, cek masakan tadi. Apakah terlihat sudah lembek atau belum, jika sudah tambahkan bumbu-bumbu yang sudah diblender halus tadi. Aduk-aduk terus hingga merata.
  4. Setelah kalian mengaduk-aduk bumbu-bumbu halus tadi, sekarang giliran memasukan bahan-bahan kedua yaitu daun salam, lengkuas, gula merah, asam, dan terasi. Aduk-aduk lagi hingga merata.
  5. Tambahkan lagi, labu, kol, daun melinjo dan kacang panjang. Tambahkan garam secukupnya dan koreksi rasa. Rebus kurang lebih 5-10 menit saja.
  6. Setelah semua bahan dan bumbu dirasa matang, angkat dan dinginkan Sayur Asem Jakartanya. Sayur Asem siap dihidangkan bersama menu lauk andalan kalian. Tetap sehat dan terus berkreasi ya kawan.





TOPWISATA.INFO | RSS TOPWISATA

TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEPAT GAYA HIDUPMU
Disqus Comments