Senin, 24 Agustus 2020

Resep Soto Banjar Komplit Praktis

Resep Soto Banjar


Dari sabang sampai merauke, Indonesia selalu mempunyai ciri khas tersendiri. Entah itu dari seni, dari budaya ataupun dari sajian masakan. Khususnya untuk masakan, rasa di masing-masing daerah tentunya sangat memanjakan lidah ya gaes. Karena rempah-rempah yang ada di Indonesia ini cukup lengkap.

Kita coba lihat salah satu varian Sotonya saja, di Indonesia ini sangat banyak sekali variannya. Sebut saja soto banjar yang sangat menggoyang lidah tersebut. Soto Banjar itu sendiri memiliki kuah yang cukup unik, karena terbuat dari kuah susu, bukan santan yang seperti lainnya.

Bagi kalian yang sangat suka sekali dengan varian soto, yuk kita coba lihat lebih dalam lagi. Ada apa saja sih di dalam kenikmatan soto banjar ini.

Kreasi Soto Banjar dengan topwisata kuliner

Bahan Utama Soto Banjar :

  1. ½ kg daging ayam
  2. 1,5 liter air
  3. 200 ml susu cair
  4. 1 buah kentang rebus berukuran kecil
  5. 2 butir telur ayam, ambil bagian kuningnya saja
  6. 3 sdm minyak goreng

Bumbu Halus:

  1. 8 siung bawang putih
  2. 8 butir bawang merah
  3. ½ butir biji pala
  4. 3 ruas jahe, digeprek halus

Bumbu Celup :

  1. 1 batang seledri yang diikat
  2. 10 cm kayu manis
  3. 4 butir kapulaga
  4. 10 butir cengkeh
  5. 4 butir kembang lawang

Bahan Pelengkap:

  1. Ketupat/nasi
  2. Bihun rebus
  3. Telur ayam rebus
  4. Perkedel
  5. Daun bawang dan seledri yang dipotong kecil-kecil
  6. Bawang goreng
  7. Sambal
  8. Jeruk nipis
  9. Kecap

Cara Memasak Soto Banjar :

  1. Langkah pertama untuk membuat Soto Banjar ini adalah dengan mencuci bersih daging ayam, setelah itu masak ayam tersebut dengan air, tunggu kurang lebih 5 menit. 
  2. Disisi lain, kalian tumis bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan seperti 3 sdm minyak goreng, bawang putih, bawang merah, jahe dan biji pala. Tumis Sampai harum dan sisihkan
  3. Kemudian tambahkan bumbu-bumbu tumis tersebut ke dalam rebusan daging ayam sebagai fungsi kaldunya. Kurang lebih 5 menit tambahkan bumbu celupnya seperti seledri, kayu manis, kapulaga, cengkeh dan kembang lawang. Aduk-aduk hingga bumbu meresap ke dalam daging ayam sampai kurang lebih 5-10 menit, kemudian bumbu celup tadi tiriskan.
  4. Langkah selanjutnya adalah mencampurkan kentang, kuning telur dan susu, kemudian blender sampai halus. Setelah dirasa sudah halus, tambahkan hasil blender tadi kedalam kuah daging ayam yang lagi dimasak tadi.
  5. Tambahkan gula dan garam secukupnya sambil koreksi rasa, aduk-aduk lagi sampai merata. Kurang lebih 5 -10 menit Soto Banjar angkat dan biarkan menjadi hangat.
  6. Siapkan mangkok-mangkok untuk menuangkan soto banjar tersebut dan juga jangan lupa bahan pelengkapnya juga siapkan disamping mangkok soto banjar.
  7. Soto Banjar Nikmat dengan kuah susu siap dihidangkan bersama keluarga ya guys. Sajikan selagi hangat





TOPWISATA.INFO | RSS TOPWISATA

TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEPAT GAYA HIDUPMU
Disqus Comments