Minggu, 05 Juli 2020

Sajikan Sempol Ayam dirumah, Pasti Anak-Anak Suka : Resep, Langkah & Cara

Sempol Ayam




Ingin membuat cemilan dirumah dan digemari anak-anak namun masih bingung membuat apa itu ? Membuat Sempol Ayam nikmat bisa dirumah saja.

Sempol ayam memang banyak disukai anak-anak, karena memiliki rasa gurih dan kenyal serta mudah untuk dimakan. Sempol ayam ini sangat mudah untuk dibuat dan hanya membutuhkan bahan-bahan yang mudah kita temui di toko kelontong sebelah rumah.

Alat-alat untuk membuat Sempol ayam ini juga tidak begitu profesional ya guys, hanya membutuhkan alat dapur seperti penggorengan dan pengocok telur. Jadi kalian tidak perlu khawatir akan alat-alat dapurnya ya.

Oke, tanpa berlama-lama lagi. Topwisata kuliner akan membagikan tips, bahan dan cara membuat Sempol Ayam dirumah aja.

Bahan-bahan membuat Sempol Ayam :

  1. 250 gr daging ayam
  2. 100 gr tepung tapioka
  3. 50 gr tepung terigu segitiga biru
  4. 4 siung bawang putih
  5. 3 sdm bawang merah goreng
  6. 1 butir telur ayam
  7. 1 batang daun bawang
  8. 1 batang daun seledri

Bahan untuk Tambahan :

  1. secukupnya Garam,gula pasir,kaldu bubuk dan merica

Bahan pencelup Sempol Ayam :

  1. 1 butir telur kocok lepas
  2. Secukupnya Air untuk merebus
  3. Minyak untuk menggoreng
  4. secukupnya Tusukan sate

Nah, setelah bahan-bahan diatas sudah kalian siapkan dan terpenuhi. Kali ini kalian tinggal menghayati langkah-langkah membuat Sempol Ayamnya ya. Jadi jangan sampai kelewatan langkah demi langkah ini.

Langkah membuat Sempol Ayam :

  1. Langkah pertama yang harus kalian lakukan untuk membuat Sempol Ayam ini adalah menghaluskan daging ayam ( Bisa menggunakan Food Processor atau kalian bisa menggunakan jasa penggilingan daging di pasar ). 
  2. Setelah daging sudah menjadi lebih halus, kalian tinggal menambahkan bawang putih, bawang goreng merah, masukan sedikit tepung terigu, gula, garam, kaldu bubuk ayam dan merica. Aduk-aduk sampai merata, kemudian tambahkan potongan daun bawang dan daun seledri ratakan dan aduk-aduk lagi sampai merata.
  3. Jika kalian merasa adonan daging sudah kalis atau pas teksturnya, kalian tidak perlu menambahkan air. Namun kalau belum kalis kalian bisa menambahkan air sedikit demi sedikit sampai teksturnya pas.
  4. Jika kalian merasa campuran adonan belum pas, bisa mencoba merebusnya sedikit saja dan coba rasanya ( apakah ada yang kurang ). Jika dirasa pas, lanjut ke langkah dibawah.
  5. Kepal-kepal adonan untuk ditancapkan ke tusuk sate, kalian bisa membuat bentuk memanjang atau persedi panjang ( sesuai selera ).
  6. Lakukan hal diatas, sampai adonan habis ( dalam proses ini, agar adonan tidak menempel di tangan, kalian bisa mengolesi tangan dengan minyak goreng ).
  7. Didihkan air ( pastikan sudah mendidih ), dan masukan sempol ayam secukupnya ke dalam panci. Tunggu kurang lebih 20 menit Sempol Ayam Matang, angkat dan tiriskan.
  8. Langkah selanjutnya adalah memasukan Sempol Ayam kedalam kocokan telur, ulangi langkah satu demi satu sampai sempol yang sudah matang tadi habis.
  9. Goreng Sempol Ayam sampai berwarna kuning keclokatan kurang lebih 5 - 10 menit.
  10. Sempol Ayam sudah jadi dan siap dinikmati bersama keluarga, kalian bisa menambahkan cocolan saso sambel ataupun sambel lainnya yang membuat kalian bertambah selera.

Sempol ayam ini sangat cocok disajikan saat hangat, dan menemani waktu keluarga kamu.

Selamat mencoba dan menikmati sajian resep Sempol Ayam ala topwisata kuliner dirumah aja.

Sampai jumpa lagi dengan resep-resep rumahan selanjutnya





TOPWISATA.INFO | RSS TOPWISATA

TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEMPAT WISATA TERPERCAYA
Disqus Comments