Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat Nasi Tempe Kering, Menu Hemat dan Enak

Membuat Nasi Tempe Kering, Menu Hemat dan Enak

Membuat Nasi Tempe Kering (2)

Membuat Nasi Tempe Kering

Bahan-bahan

  1. 200 gram tempe, potong tipis kecil 
  2. 100 gram ikan teri 
  3. 150 gram kacang tanah 
  4. 4 buah cabai merah, iris tipis 
  5. 1 lembar daun jeruk 
  6. 2 sdm kecap manis 
  7. Penyedap secukupnya 

Bahan Bumbu Halus: 

  1. 4 siung bawang merah 
  2. 2 siung bawang putih 
  3. Garam secukupnya

Langkah-langkah membuat Nasi Tempe Kering

  1. Untuk membuat Nasi Tempe Kering, langkah pertama adalah memasak nasi seperti biasa[1]. Nasi dapat dimasak dengan cara tradisional menggunakan rice cooker atau dengan cara memasak di atas kompor. Setelah nasi matang, biarkan dingin selama beberapa saat dan siapkan bahan-bahan lainnya.
  2. Setelah Nasi selesai, langkah selanjutnya adalah menggoreng tempe hingga kering[3]. Iris tempe menjadi serutan atau potongan kecil dan digoreng dalam minyak panas hingga kering dan renyah. Setelah itu tumis bumbu seperti bawang merah, bawang putih, jahe, serai, daun jeruk, dan daun kunyit hingga harum. Masukkan tempe ke dalam tumisan bumbu dan aduk rata. Tambahkan gula pasir, gula merah, air, dan air jeruk nipis. Masak hingga bumbu meresap dan kering. Setelah itu, campurkan nasi yang sudah dikeringkan dengan tempe yang telah diolah. Nasi Tempe Kering siap disajikan sebagai hidangan utama atau sebagai lauk pendamping nasi kuning atau nasi putih[4][5][6][7].

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Tempe yang Tepat** – Pilih tempe yang segar, padat, dan tidak berbau untuk hasil terbaik. Carilah tempe yang tertutup lapisan tipis miselium putih secara merata, menandakan fermentasinya baik. Hindari tempe yang terlalu kering atau memiliki bau amonia yang menyengat, karena dapat menyebabkan tekstur dan rasa yang kurang diinginkan pada hidangan akhir.

Baca Juga :  Resep Es Kelapa Muda Asam Jawa, Minuman Dingin Menyegarkan Dahaga

**Menyiapkan Tempe dengan Benar** – Sebelum dimasak, potong tempe menjadi potongan-potongan kecil yang seragam agar matangnya merata. Tempe yang terlalu kental mungkin tidak dapat menyerap rasa masakan dengan baik. Mempersiapkan tempe dalam potongan yang lebih kecil juga memungkinkan distribusi bumbu yang lebih baik dan memastikan rasa yang lebih seimbang pada hidangan akhir.

**Menggunakan Beras yang Tepat** – Pilihlah nasi bulir panjang, seperti melati atau basmati, untuk membuat nasi tempe kering. Varietas ini memiliki aroma dan tekstur khas yang melengkapi rasa pedas pada tempe. Bilas beras secara menyeluruh untuk menghilangkan kelebihan pati, yang dapat menyebabkan tekstur bergetah, dan untuk memastikan butiran beras tetap terpisah dan mengembang setelah dimasak.

**Menyeimbangkan Rasa** – Tingkatkan cita rasa masakan dengan memasukkan bumbu seimbang seperti kecap, bawang putih, bawang merah, dan sentuhan manis dari gula jawa atau pemanis alami. Penambahan herba aromatik seperti serai, daun salam, atau daun jeruk purut juga dapat meningkatkan profil rasa hidangan secara keseluruhan.

**Teknik Memasak** – Saat memasak nasi dan tempe bersamaan, gunakan cara memasak yang lembut agar tempe tidak terlalu matang. Pertimbangkan untuk menggunakan rice cooker atau metode penyerapan untuk memastikan tekstur tempe tetap terjaga dan tidak lembek. Selain itu, mendiamkan nasi selama beberapa menit setelah dimasak sebelum dihaluskan dengan garpu dapat membantu mendapatkan tekstur ringan dan lembut yang diinginkan.

Baca Juga :  Resep Ayam Serundeng Pedas, Lauk Makan Praktis dengan Rasa Sesuai Selera

FAQ

Q: Apa itu Nasi Tempe Kering? A: Nasi Tempe Kering adalah hidangan nasi yang dimasak dengan bumbu tempe kemudian dikeringkan hingga menjadi tekstur kering dan renyah.

Q: Bagaimana langkah-langkah membuat Nasi Tempe Kering? A: Langkah-langkahnya meliputi memasak nasi, memasak tempe dengan bumbu, kemudian mengeringkan nasi dan tempe hingga teksturnya menjadi kering dan renyah.

Q: Apakah beras harus dimasak terlebih dahulu sebelum dikeringkan untuk membuat Nasi Tempe Kering? A: Ya, beras harus dimasak terlebih dahulu sebelum dikeringkan. Proses memasak nasi terlebih dahulu adalah langkah penting sebelum mengeringkannya untuk membuat Nasi Tempe Kering.

Q: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengeringkan Nasi Tempe? A: Waktu yang dibutuhkan untuk mengeringkan Nasi Tempe dapat bervariasi tergantung pada metode pengeringan yang digunakan. Biasanya, proses ini memakan waktu antara 6-8 jam, tergantung pada suhu dan kelembaban udara.

Q: Apakah Nasi Tempe Kering dapat disimpan dalam waktu yang lama? A: Ya, Nasi Tempe Kering dapat disimpan dalam wadah kedap udara dan ditempatkan di tempat yang sejuk dan kering. Dengan penyimpanan yang tepat, Nasi Tempe Kering dapat bertahan hingga beberapa minggu.

Referensi : 

1.   Resep Kering Tempe Teri Nasi oleh Meri Memasak.  (n.d.)   Diperoleh February 11, 2024, dari cookpad.com/id/resep/17183117-kering-tempe-teri-nasi 

2.   Resep Tempe Kering Tepung Beras oleh Lulu Irfana.  (n.d.)   Diperoleh February 11, 2024, dari cookpad.com/id/resep/7153816-tempe-kering-tepung-beras 

3.   Resep Kering Tempe untuk Lauk Nasi Kucing, Cuma 2 ….  (n.d.)   Diperoleh February 11, 2024, dari www.kompas.com 

Baca Juga :  Resep Sate Ayam Blora yang Rasanya Mantap

4.   Cara Membuat Kering Tempe yang Lezat Untuk Lauk ….  (n.d.)   Diperoleh February 11, 2024, dari royaltumpeng.com/cara-membuat-kering-tempe-yang-lezat.html 

5.   1.138 resep nasi kering tempe enak dan mudah.  (n.d.)   Diperoleh February 11, 2024, dari cookpad.com/id/cari/nasi%20kering%20tempe 

6.   tempe kering untuk nasi kuning.  (n.d.)   Diperoleh February 11, 2024, dari www.lemon8-app.com 

7.   kering tempe – Pencarian Lemon8.  (n.d.)   Diperoleh February 11, 2024, dari www.lemon8-app.com/discover/kering%20tempe?region=id

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan