Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Empal Gepuk Disantap dengan Nasi Putih dan Sambal Memang Tiada Duanya

Empal Gepuk Disantap dengan Nasi Putih dan Sambal Memang Tiada Duanya

Empal Gepuk (1)

Resep empal gepuk

Resep empal gepuk menjadi salah satu masakan khas Sunda yang rasanya benar-benar mantul. Empal yang dibuat dari bagan daging sapi dibumbui dan dimasak hingga empuk.

Setelah matang, daging empal benar-benar digepuk dengan ulegan agar memipih, tetapi tidak sampai hancur. Sangat cocok dijadikan lauk saat menyantap nasi putih hangat beserta sambalnya sebagai pelengkap.

Anda sekalian yang baru membayangkannya mungkin sudah menelan ludah, apalagi nantinya benar menyantapnya.

Tidak perlu membeli empal gepuk di rumah atau warung makan karena mungkin hanya dijual di rumah makan khas Sunda.

Anda bisa memasaknya sendiri dengan porsi lebih banyak dan pastinya rasa mantul saat di mulut. Lalu, bagaimana resep empal gepuk selengkapnya? Silahkan membaca uraian berikut selengkapnya.

Bahan-bahan

  1. 500 gram daging sapi tanpa lemak
  2. 65 ml santan kental
  3. 2 lembar daun salam
  4. 2 batang serai digeprek
  5. 1 sendok makan garam
  6. 1 sendok makan kaldu bubuk sapi
  7. 3 sendok makan gula pasir
  8. 2 sendok makan gula Jawa disisir
  9. 1 buah asam Jawa
  10. Air secukupnya
  11. Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

  1. 6 siung bawang merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. 3 butir kemiri
  4. 1 cm jahe
  5. 2 cm lengkuas
  6. 1 sendok teh ketumbar disangrai
  7. ½ sendok teh merica butiran
  8. 1 buah pala
Baca Juga :  Resep Telur Ceplok, Cocok untuk Sarapan Kilat

Bahan untuk sambal

  1. 5 siung bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 10 buah cabai rawit merah
  4. 5 buah cabai merah keriting
  5. 1 buah tomat merah
  6. 1 sendok teh gula Jawa disisir
  7. ½ sendok teh kaldu bubuk

Cara memasak empal gepuk

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disediakan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep empal gepuk dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu daging sapi yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Setelah itu, rebus daging sapi di air mendidih hingga mengeluarkan busa. Ambil dan singkirkan busanya dan terus rebus hingga matang.
  2. Anda yang memiliki panci presto bisa menggunakannya dengan merebus daging sapi sekitar 30 menit saja. Namun jika direbus biasa, bisa memakan waktu sekitar 45 – 60 menit. Setelah matang, angkat danging dan dinginkan.
  3. Setelah itu, iris daging dengan ketebalan sekitar 2 cm mengikuti alur seratnya. Letakkan diatas cobek, lalu gepuk dengan ulegan hingga agak memipih, tetapi jangan sampai dagingnya hancur. Lakukan hal tersebut untuk semua potongan daging. Sisihkan.
  4. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis bumbu halus hingga harum.
  5. Tambahkan batang serai, dan salam, dan dua gelas air, lalu aduk merata. Setelah itu, masukkan potongan saging sapi yang sudah digepuk ke dalam wajan. Kecilkan api kompor dan tuangkan santannya dan terus aduk merata perlahan saja agar santan tidak pecah.
  6. Bumbui dengan garam, gula pasir, kaldu bubuk, gula Jawa, dan asam Jawa. Aduk merata dan masak hingga kuahnya menyusut. Setelah itu, angkat empal gepuk dan sisihkan.
  7. Panaskan wajan penggorengan lagi dan beri minyak goreng cukup banyak untuk menggoreng empal. Setelah minyak panas, masukkan satu per satu daging empal ke dalam wajan dan goreng hingga berwarna kecoklatan. Jangan lupa dibolak-balik agar matangnya merata. Setelah matang, angkat empal gepuk dan tiriskan.
  8. Selanjutnya, Anda perlu membuat sambalnya. Caranya, panaskan wajan penggorengan sekali lagi dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, masukkan semua cabai, tomat, bawang merah, dan bawang putih. Tumis setengah matang. Setelah itu, siapkan cobel lagi dan tuangkan tumisan diatasnya. Tambahkan gula Jawa dan kaldu bubuk, lalu uleg hingga halus. Sambal sudah siap.
  9. Siapkan piring saji untuk plating, lalu letakkan empal gepuk yang sudah matang diatasnya. Taburi dengan bawang merah goreng secukupnya dan lengkapi dengan sambalnya. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Tahu Walik Mercon yang Renyah

Resep empal gepuk sudah matang dan siap disantap. Anda yang penasaran dengan rasanya silahkan coba memasaknya di rumah dengan langkah-langkah seperti diuraikan diatas. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info