Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Empal Daging, cita rasanya yang gurih dan manis

Resep Empal Daging, cita rasanya yang gurih dan manis

resep empal daging1

Resep Empal Daging, cita rasanya yang gurih dan manis

Recipe By siti
Course: resep empal daging Cusine:ID Difficulty:mudah

Servings

2 minutes

Preparing Time

30 minutes

Cooking Time

20 minutes

Calories

300 kcal

INGREDIENTS

  1. daging sapi (biasanya bagian sandung lamur)

  2. bawang putih

  3. bawang merah

  4. ketumbar

  5. gula merah

  6. daun salam

  7. daun jeruk

  8. lengkuas

  9. garam

  10. minyak untuk menggoreng

DIRECTION

  1. Langkah 1

    Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan bahan-bahan dan membersihkan daging sapi hingga bersih

  2. Langkah 2

    Selanjutnya, tumis bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, ketumbar, gula merah, daun salam, daun jeruk, dan lengkuas hingga harum

  3. Langkah 3

    Kemudian, masukkan potongan daging sapi ke dalam tumisan bumbu dan aduk hingga merata

  4. Langkah 4

    Setelah itu, tambahkan air secukupnya dan biarkan daging sapi matang dan bumbu meresap

  5. Langkah 5

    Setelah daging empuk dan kuah menyusut, angkat empal daging dari wajan dan goreng hingga berwarna kecokelatan

  6. Langkah 6

    Sajikan empal daging hangat dengan nasi putih dan sambal sebagai pelengkapnya

NOTES

    Agar empal daging yang Anda masak menjadi lebih lezat, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan. Pertama, pilih daging sapi yang memiliki sedikit lemak agar hasil empal daging lebih empuk. Kedua, gunakan api kecil saat memasak empal daging agar daging matang secara merata dan bumbu meresap dengan baik. Terakhir, jangan lupa untuk mencicipi masakan Anda dan sesuaikan dengan selera Anda.

Empal daging adalah salah satu masakan tradisional Indonesia yang terkenal dengan cita rasanya yang gurih dan manis. Masakan ini biasanya disajikan sebagai lauk pendamping nasi putih hangat. Empal daging terbuat dari potongan daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah khas Indonesia hingga empuk dan berwarna cokelat kehitaman. Berikut ini adalah resep empal daging yang bisa Anda coba di rumah.

Baca Juga :  Resep Spagheti Jamur Pedas yang Mudah dan Cepat Membuatnya di Rumah

Bahan-bahan yang Diperlukan

Untuk membuat empal daging, Anda memerlukan bahan-bahan seperti daging sapi (biasanya bagian sandung lamur), bawang putih, bawang merah, ketumbar, gula merah, daun salam, daun jeruk, lengkuas, garam, serta minyak untuk menggoreng. Pastikan untuk memilih daging sapi yang segar dan berkualitas agar menghasilkan empal daging yang lezat dan empuk.

Langkah-langkah Memasak Empal Daging

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan bahan-bahan dan membersihkan daging sapi hingga bersih. Selanjutnya, tumis bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, ketumbar, gula merah, daun salam, daun jeruk, dan lengkuas hingga harum. Kemudian, masukkan potongan daging sapi ke dalam tumisan bumbu dan aduk hingga merata.

Setelah itu, tambahkan air secukupnya dan biarkan daging sapi matang dan bumbu meresap. Setelah daging empuk dan kuah menyusut, angkat empal daging dari wajan dan goreng hingga berwarna kecokelatan. Sajikan empal daging hangat dengan nasi putih dan sambal sebagai pelengkapnya.

Tips dan Trik untuk Empal Daging yang Lezat

Agar empal daging yang Anda masak menjadi lebih lezat, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan. Pertama, pilih daging sapi yang memiliki sedikit lemak agar hasil empal daging lebih empuk. Kedua, gunakan api kecil saat memasak empal daging agar daging matang secara merata dan bumbu meresap dengan baik. Terakhir, jangan lupa untuk mencicipi masakan Anda dan sesuaikan dengan selera Anda.

Baca Juga :  Resep Bakso Goreng Mekar Anti Gagal untuk Cemilan atau Lauk Pendamping yang Lezat

Variasi Empal Daging yang Bisa Anda Coba

Selain empal daging biasa, Anda juga bisa mencoba variasi empal daging dengan bumbu yang berbeda. Misalnya, empal daging pedas dengan menambahkan cabai rawit merah ke dalam bumbu tumis atau empal daging saus tiram dengan menambahkan saus tiram ke dalam kuahnya. Anda juga bisa bereksperimen dengan bumbu-bumbu lain sesuai dengan selera Anda.

Kesimpulan

Empal daging adalah masakan tradisional Indonesia yang memiliki cita rasa gurih dan manis. Dengan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas dan mengikuti langkah-langkah memasak yang tepat, Anda dapat membuat empal daging yang lezat dan empuk. Jangan lupa untuk menyesuaikan bumbu dan teknik memasak dengan selera Anda agar hasilnya sesuai dengan keinginan. Selamat mencoba memasak empal daging di rumah!

FAQ (Frequently Asked Questions)

Berapa lama waktu yang diperlukan untuk memasak empal daging? Untuk memasak empal daging, waktu yang dibutuhkan sekitar 1,5-2 jam hingga daging empuk dan bumbu meresap dengan baik.

Apakah bisa menggunakan daging ayam untuk membuat empal daging? Meskipun empal daging biasanya menggunakan daging sapi, Anda juga bisa menggunakan daging ayam sebagai penggantinya sesuai dengan selera Anda.

Bagaimana cara menyimpan empal daging agar tahan lama? Untuk menyimpan empal daging agar tahan lama, Anda bisa menyimpannya di dalam kulkas dalam wadah kedap udara dan hangatkan kembali sebelum disajikan.

Baca Juga :  Resep Ungkep Daging Kambing yang Empuk dan Mantul

Apakah empal daging bisa dibekukan untuk disimpan dalam jangka waktu yang lama? Ya, Anda bisa membekukan empal daging dalam kulkas untuk disimpan dalam jangka waktu yang lebih lama. Pastikan untuk menghangatkannya kembali sebelum disajikan.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info