Skip to main content

Martabak Nasi Solusi Saat Anak Tidak Mau Makan

La Dina

Martabak Nasi


Martabak merupakan jajanan yang memiliki banyak peminat. Rasanya yang manis dengan sensasi empuk membuat banyak orang tidak lagi meragukan sedapnya jajanan yang satu ini.
Martabak yang biasa dijual dari rumah makan sampai di emperan pedagang kaki lima, umumnya menggunakan campuran telur dan daging. Namun, martabak kali ini berbeda dari yang lain. Mengapa? Karena menggunakan nasi sebagai bahan utamanya.

Bagaimana caranya? Memang bisa, membuat martabak menggunakan nasi? Bagaimana soal rasanya? Tanpa basa-basi lagi, langsung masuk ke dalam langkah pembuatan.
Seperti biasa, siapkan terlebih dahulu bahan-bahannya.

Bahan-bahan:

  1. 350 gram nasi putih.
  2. 1 siung bawang bombay.
  3. 1 buah wortel.
  4. 3 buah sosis sapi.
  5. Air secukupnya.
  6. 1 tangkai daun bawang.
  7. 3 butir telur.
  8. ½ sendok teh garam.
  9. ½ sendok teh kaldu sapi.

Nah, bahan-bahan sudah siap, langsung masuk ke cara pembuatan.

Langkah-langkah:

  1. Potong-potong bahan terlebih dahulu. Mulai dari bawang bombay. Bawang bombay diiris cincang saja begitu juga dengan daun bawang. Wortel dipotong dadu begitu juga dengan sosis.
  2. Kemudian, tumis bawang bombay terlebih dahulu hingga harum. Setelah itu, barulah sosis dan wortel dimasukkan.
  3. Tambahkan sedikit air, kaldu sapi dan garam. Lalu, masak hingga matang.
  4. Campurkan nasi, tumisan wortel, telur, dan daun bawang. Masak hingga matang.
  5. Aduk rata kemudian angkat dan cetak menggunakan cetakan terang bulan atau cetakan kue lumpur yang berukuran kecil. Sebelum dicetak, cetakan harus di olesi sedikit mentega terlebih dahulu.
  6. Goreng-goreng sedikit hingga matang. Jangan sampai terlalu berubah warnanya. Cukup untuk merekatkan, agar martabaknya tercetak saja.


Selamat mencoba!

Cocok sebagai camilan untuk anak yang susah makan. Di dalamnya sudah lengkap. Ada nasi, sayuran, dan daging. Vitamin di dalamnya sudah komplit. Anak-anak sudah tentu akan menyukainya. Ya, dikarenakan bentuknya yang menyerupai jajanan rumahan.

Dimakan paling enak saat masih hangat. Sosis dan wortel akan lumer seketika di dalam mulut. Bercampur menjadi satu. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar