Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Martabak Telur, Siap Manjakan Lidah Kamu

Resep Martabak Telur, Siap Manjakan Lidah Kamu

Resep Martabak Telur (2)

Resep Martabak Telur

Siapa yang tidak mengenal martabak telur? Hidangan lezat ini sudah menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia, terutama ketika malam hari. Dengan cita rasa yang kaya dan tekstur yang lembut, martabak telur selalu berhasil membuat lidah kita berseru “Wow!” setiap kali menyantapnya.

Dalam artikel ini, kita akan mengupas tuntas segala hal seputar martabak telur, mulai dari sejarah, cara pembuatan, hingga tips dan trik agar martabak telur buatan kita selalu sempurna. Jadi, siapkan diri Anda untuk menjelajahi dunia martabak telur yang menggugah selera!

Sejarah Martabak Telur

Martabak telur merupakan salah satu hidangan yang berasal dari Timur Tengah, tepatnya dari negara India. Awalnya, martabak telur dikenal dengan nama “murtabak” atau “murtabaq”, yang merupakan makanan tradisional di negara tersebut. Murtabak terbuat dari adonan tepung terigu yang diisi dengan daging cincang, telur, dan bumbu-bumbu.

Ketika pedagang-pedagang dari India datang ke Indonesia, mereka membawa resep murtabak ini bersama mereka. Lama-kelamaan, murtabak pun beradaptasi dengan selera lokal dan berubah menjadi martabak telur yang kita kenal saat ini. Selain isi daging cincang, martabak telur juga dapat diisi dengan beragam bahan lain, seperti sayuran, keju, atau bahkan pisang.

Keberadaan martabak telur di Indonesia semakin populer pada era 1970-an. Saat itu, banyak penjual martabak telur yang berkeliling di daerah perkotaan, menawarkan kelezatan martabak telur kepada masyarakat. Tak heran jika martabak telur kemudian menjadi salah satu makanan khas Indonesia yang sangat digemari.

Hingga saat ini, martabak telur tetap menjadi salah satu hidangan yang tak pernah kehilangan peminatnya. Berbagai kedai dan penjual keliling terus menawarkan martabak telur dengan beragam variasi isian dan rasa, membuat kita semakin sulit untuk menolak godaan lezatnya.

Bahan-Bahan Pembuatan Martabak Telur

Untuk membuat martabak telur yang lezat, Anda membutuhkan bahan-bahan dasar yang tidak sulit ditemukan. Berikut adalah daftar bahan-bahan yang diperlukan:

  1. Tepung terigu
  2. Telur
  3. Daging cincang (atau bahan isian lainnya sesuai selera)
  4. Bawang merah
  5. Bawang putih
  6. Merica bubuk
  7. Garam
  8. Air
  9. Minyak goreng

Selain bahan-bahan utama tersebut, Anda juga dapat menambahkan beberapa bahan pelengkap, seperti irisan daun bawang, cabai rawit, atau keju parut, untuk menambah cita rasa martabak telur Anda.

Pastikan semua bahan-bahan tersedia dalam jumlah yang cukup agar Anda dapat membuat martabak telur dalam jumlah yang banyak. Dengan begitu, Anda dan keluarga atau teman-teman dapat menikmati kelezatan martabak telur bersama-sama.

Baca Juga :  Resep Jus Brokoli Lemon Apel, Minuman Sehat Penurun Kolesterol Pasca Lebaran

Cara Pembuatan Martabak Telur

Membuat martabak telur sebenarnya tidak terlalu sulit. Berikut adalah langkah-langkah pembuatannya:

Pertama, campurkan tepung terigu, telur, air, garam, dan merica bubuk dalam satu wadah. Aduk hingga adonan menjadi kental dan tidak terlalu encer. Tutup adonan dan diamkan selama 30 menit agar teksturnya menjadi lebih baik.

Selanjutnya, tumis bawang merah dan bawang putih yang telah dicincang hingga harum. Masukkan daging cincang (atau bahan isian lainnya) dan aduk-aduk hingga matang. Tambahkan garam dan merica bubuk sesuai selera. Sisihkan.

Setelah adonan martabak telah didiamkan, panaskan wajan anti lengket dengan api sedang. Tuang sedikit minyak goreng, lalu tuangkan adonan martabak hingga menutupi dasar wajan. Biarkan adonan hingga setengah matang.

Setelah adonan setengah matang, taburkan bahan isian di atasnya. Lipat adonan menjadi setengah lingkaran, lalu masak hingga kedua sisinya berwarna kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

Ulangi langkah-langkah tersebut hingga adonan habis. Sajikan martabak telur selagi hangat bersama sambal atau saus kesukaan Anda. Selamat menikmati!

Tips dan Trik Membuat Martabak Telur Sempurna

Meskipun terlihat sederhana, ada beberapa tips dan trik yang perlu Anda perhatikan agar martabak telur buatan Anda selalu sempurna. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Pertama, pastikan untuk menggunakan tepung terigu berkualitas dan tidak kadaluwarsa. Hal ini akan mempengaruhi tekstur adonan martabak telur Anda. Selain itu, jangan lupa untuk mengistirahatkan adonan selama 30 menit sebelum dimasak. Ini akan membuat adonan menjadi lebih elastis dan mudah dibentuk.

Kedua, gunakan wajan anti lengket dengan diameter yang cukup besar agar Anda dapat membuat martabak telur dalam ukuran yang lebih besar. Pastikan juga untuk memanaskan wajan dengan api sedang agar tidak mudah gosong. Jangan lupa untuk menambahkan sedikit minyak goreng setiap kali akan menuang adonan.

Ketiga, perhatikan tingkat kematangan martabak telur Anda. Jangan biarkan martabak telur terlalu lama di atas wajan agar tidak menjadi terlalu kering dan keras. Angkat martabak telur ketika bagian atasnya sudah berwarna kecokelatan dan teksturnya masih lembut.

Terakhir, jangan lupa untuk menambahkan bahan isian secara merata di atas adonan martabak telur. Hal ini akan membuat martabak telur Anda memiliki cita rasa yang seimbang di setiap gigitan.

Baca Juga :  Resep Makanan Khas Korea, Corndog

Dengan mengikuti tips dan trik di atas, Anda dapat membuat martabak telur yang sempurna, dengan tekstur yang lembut dan rasa yang menggugah selera. Selamat mencoba!

Variasi Isian Martabak Telur

Selain isian daging cincang, Anda juga dapat mencoba berbagai variasi isian lainnya untuk membuat martabak telur yang lebih menarik. Berikut beberapa ide isian yang dapat Anda coba:

Pertama, Anda dapat menggunakan sayuran segar, seperti irisan wortel, kubis, atau daun bawang. Sayuran ini tidak hanya menambah nutrisi, tapi juga memberi tekstur yang lebih renyah pada martabak telur.

Kedua, cobalah menggunakan keju parut sebagai isian. Keju akan memberikan cita rasa yang lebih gurih dan lezat pada martabak telur. Anda dapat mencoba berbagai jenis keju, seperti keju cheddar, keju mozarella, atau keju parmesan.

Ketiga, Anda dapat menggunakan potongan daging ayam atau daging sapi sebagai isian. Daging akan memberikan rasa yang lebih kaya dan kenyal pada martabak telur. Jangan lupa untuk menumis daging terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam adonan.

Terakhir, Anda juga dapat mencoba isian yang lebih manis, seperti pisang atau potongan buah-buahan lainnya. Kombinasi antara adonan martabak yang gurih dengan isian manis akan menghasilkan cita rasa yang unik dan menarik.

Dengan beragam pilihan isian, Anda dapat membuat martabak telur yang lebih bervariasi dan sesuai dengan selera Anda. Jangan ragu untuk berkreasi dan menemukan kombinasi isian yang paling Anda sukai!

Kesimpulan

Martabak telur merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang sangat populer dan digemari oleh banyak orang. Dengan cita rasa yang lezat dan tekstur yang lembut, martabak telur selalu berhasil memanjakan lidah kita.

Dalam artikel ini, kita telah mengupas tuntas segala hal seputar martabak telur, mulai dari sejarah, bahan-bahan, cara pembuatan, hingga tips dan trik agar martabak telur buatan kita selalu sempurna. Dengan pengetahuan yang telah kita dapatkan, kini saatnya bagi kita untuk berkreasi dan membuat martabak telur yang menggugah selera.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera siapkan bahan-bahan dan peralatan yang dibutuhkan, lalu mulailah membuat martabak telur yang lezat dan menggugah selera. Selamat mencoba!

Baca Juga :  Resep Telur Dadar Padang Simpel anti kempes

FAQ

1. Apa yang membedakan martabak telur dengan martabak manis?

Perbedaan utama antara martabak telur dan martabak manis terletak pada isian dan teksturnya. Martabak telur memiliki isian yang terbuat dari telur, daging, atau sayuran, serta memiliki tekstur yang lebih padat dan lembut. Sementara itu, martabak manis memiliki isian yang lebih manis, seperti cokelat, keju, atau kacang, serta memiliki tekstur yang lebih mengembang dan lembut.

2. Apakah martabak telur harus digoreng?

Tidak, martabak telur tidak harus digoreng. Martabak telur dapat dibuat dengan cara dipanggang atau dimasak di atas wajan anti lengket. Cara ini akan menghasilkan martabak telur dengan tekstur yang lebih renyah dan rasa yang lebih sehat, karena menggunakan sedikit minyak.

3. Berapa lama adonan martabak telur dapat disimpan?

Adonan martabak telur dapat disimpan di dalam lemari es selama 2-3 hari. Pastikan untuk menutup adonan dengan rapat agar tidak kering. Sebelum digunakan, adonan perlu didiamkan kembali selama 30 menit agar teksturnya kembali optimal.

4. Apa yang harus dilakukan jika martabak telur terlalu kering?

Jika martabak telur Anda terlalu kering, Anda dapat mencoba menambahkan sedikit air ke dalam adonan sebelum dimasak. Selain itu, pastikan juga untuk tidak memasak martabak telur terlalu lama, agar teksturnya tetap lembut dan tidak kering.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info