Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Cilok Bumbu Kacang, gurih dan pedas

Resep Cilok Bumbu Kacang, gurih dan pedas

resep cilok bumbu kacang1

Resep Cilok Bumbu Kacang

Recipe By siti
Course: resep cilok bumbu kacang Cusine:id Difficulty:mudah

Servings

4 minutes

Preparing Time

30 minutes

Cooking Time

10 minutes

Calories

300 kcal

INGREDIENTS

  1. tepung tapioka

  2. daging ayam giling

  3. bawang putih

  4. garam

  5. minyak wijen

  6. kacang tanah

  7. gula merah

  8. garam

  9. air

DIRECTION

  1. Langkah 1

    Pertama-tama, campurkan tepung tapioka, daging ayam giling, bawang putih yang telah dihaluskan, garam, dan minyak wijen dalam sebuah wadah. Uleni adonan hingga tercampur secara merata dan teksturnya menjadi kenyal.

  2. Langkah 2

    Setelah adonan tercampur dengan baik, bentuk adonan menjadi bulatan kecil sesuai selera. Anda juga bisa menambahkan potongan keju di tengah adonan untuk variasi rasa.

  3. Langkah 3

    Rebus cilok-cilok yang telah dibentuk dalam air mendidih hingga mengapung, tiriskan cilok dan sisihkan.

  4. Langkah 4

    Untuk membuat saus kacang, sangrai kacang tanah hingga harum, kemudian haluskan

  5. Langkah 5

    Tumis kacang tanah yang telah dihaluskan dengan gula merah, garam, air, dan bumbu lain sesuai selera hingga matang dan mengental.

NOTES

    Cilok bumbu kacang siap disajikan selagi hangat dengan saus kacang di atasnya. Anda juga bisa menambahkan taburan bawang goreng atau cabe rawit iris untuk menambah cita rasa pedas pada cilok. Selamat menikmati cilok bumbu kacang yang lezat!

Cilok merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang terkenal dengan teksturnya yang kenyal dan rasanya yang gurih. Salah satu varian cilok yang paling populer adalah cilok bumbu kacang. Cilok bumbu kacang biasanya disajikan dengan saus kacang yang gurih dan pedas, sehingga sangat cocok sebagai camilan atau makanan ringan. Berikut ini adalah resep cilok bumbu kacang yang dapat Anda coba sendiri di rumah.

Baca Juga :  Resep Sup Tim Ayam Mudah, Gampang buat Pemula

Bahan-bahan yang Diperlukan

Untuk membuat cilok bumbu kacang, Anda memerlukan beberapa bahan utama seperti tepung tapioka, daging ayam giling, bawang putih, garam, dan minyak wijen. Selain itu, untuk membuat saus kacangnya, Anda membutuhkan kacang tanah, gula merah, garam, air, dan bumbu lain sesuai selera. Pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan dengan baik sebelum memulai proses pembuatan cilok bumbu kacang.

Langkah-langkah Pembuatan Cilok

  1. Pertama-tama, campurkan tepung tapioka, daging ayam giling, bawang putih yang telah dihaluskan, garam, dan minyak wijen dalam sebuah wadah. Uleni adonan hingga tercampur secara merata dan teksturnya menjadi kenyal.
  2. Setelah adonan tercampur dengan baik, bentuk adonan menjadi bulatan kecil sesuai selera. Anda juga bisa menambahkan potongan keju di tengah adonan untuk variasi rasa.
  3. Rebus cilok-cilok yang telah dibentuk dalam air mendidih hingga mengapung, tiriskan cilok dan sisihkan.
  4. Untuk membuat saus kacang, sangrai kacang tanah hingga harum, kemudian haluskan. Tumis kacang tanah yang telah dihaluskan dengan gula merah, garam, air, dan bumbu lain sesuai selera hingga matang dan mengental.

Cara Penyajian

Cilok bumbu kacang siap disajikan selagi hangat dengan saus kacang di atasnya. Anda juga bisa menambahkan taburan bawang goreng atau cabe rawit iris untuk menambah cita rasa pedas pada cilok. Selamat menikmati cilok bumbu kacang yang lezat!

Manfaat Cilok Bumbu Kacang

Selain rasanya yang lezat, cilok bumbu kacang juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Tepung tapioka yang menjadi bahan utama cilok mengandung karbohidrat kompleks yang baik untuk energi tubuh. Selain itu, daging ayam sebagai sumber protein dalam cilok juga penting untuk membangun jaringan otot dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga :  Resep Acar Rambutan Segar Dengan Berbagai Rasa

Variasi Cilok Bumbu Kacang

Anda bisa bereksperimen dengan berbagai variasi cilok bumbu kacang sesuai dengan selera dan preferensi Anda. Misalnya, Anda bisa menambahkan sayuran cincang seperti wortel atau kacang polong ke dalam adonan cilok untuk memberikan rasa dan tekstur yang berbeda. Selain itu, Anda juga bisa mencoba saus kacang dengan tambahan sambal atau kecap manis untuk variasi rasa yang lebih kaya.

Kesimpulan

Cilok bumbu kacang adalah salah satu camilan favorit yang mudah dan praktis untuk disajikan di berbagai acara. Dengan tekstur kenyal dan saus kacang yang gurih, cilok bumbu kacang cocok disantap sebagai camilan di tengah hari atau sebagai hidangan pembuka saat acara spesial. Selamat mencoba resep cilok bumbu kacang di rumah dan nikmati kelezatannya bersama keluarga atau teman terdekat!

FAQ (Frequently Asked Questions)

Apakah saya bisa menggunakan daging sapi sebagai pengganti daging ayam dalam cilok? Ya, Anda bisa menggunakan daging sapi sebagai pengganti daging ayam dalam cilok bumbu kacang. Namun, pastikan untuk memilih daging sapi yang rendah lemak agar hasilnya tetap kenyal dan enak.

Bagaimana cara menyimpan cilok yang belum dimasak? Cilok yang belum dimasak bisa disimpan dalam kulkas dengan cara dibungkus rapat menggunakan plastik wrap atau wadah kedap udara. Simpan cilok dalam kulkas dan jangan lupa untuk segera dimasak dalam waktu 1-2 hari.

Baca Juga :  Lumpia Udang Mayonais yang Cocok untuk Cemilan Keluarga

Apakah saus kacang bisa disimpan dalam jangka waktu lama? Saus kacang bisa disimpan dalam kulkas dalam wadah kedap udara selama 1-2 minggu. Pastikan untuk menghangatkan saus kacang sebelum disajikan kembali agar teksturnya tetap enak.

Bagaimana cara membuat cilok tanpa bumbu kacang? Jika Anda tidak suka dengan saus kacang, Anda bisa mencoba melumuri cilok dengan saus pedas atau kecap manis sesuai selera. Anda juga bisa menikmati cilok dengan saus tomat atau saus sambal untuk variasi rasa yang berbeda.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info