Selasa, 17 November 2020

Resep Cilok Empuk dan Kenyal Anti Gagal

Resep Cilok


Cilok adalah salah satu jajanan pinggir jalan yang benar-benar menggugah selera ya moms. dengan rasanya yang kenyal serta dipadu dengan gurihnya lemak sapi dan saus. membuat makanan seperti ini disukai siapa saja, termasuk topwisata kids juga.

Cilok yang enak adalah cilok yang empuk serta tahan lama ketika dingin. Nah untuk membuat Cilok seperti ini dibutuhkan bahan-bahan yang tepat serta cara memasak yang pas.

Pembuatan Cilok yang benar adalah memperhatikan beberapa kriteria seperti penggunaan tepung. Tepung yang digunakan adalah tepung tapioka atau tepung sagu. Karena tepung jenis ini memiliki karakteristik yang kenyal.

Kemudian yang kedua adalah cara memasaknya. untuk memasak cilok agar matang sampai kedalam, usahakan air sudah panas terlebih dahulu. kemudian masukan cilok ke dalam panci. jika cilok sudah mengapung, itu tandanya cilok sudah matang, namun jangan langsung diangkat ya moms, tunggu beberapa saat setelah mengapung baru diangkat.

Jajanan Cilok ini sangat mudah kita temui di sepanjang jawa barat, terutama daerah bandung ya moms. Karena cilok juga berasal dari daerah situ.

Jika mama penasaran dengan resep cilok yang empuk dan kenyal. yuk simak ulasan topwisata kuliner berikut.

Bahan-bahan Cilok :

  1. 200 gr untuk tepung terigu serbaguna.
  2. 100 gr untuk tepung tapioka.
  3. 1 butir untuk telur.
  4. 100 ml untuk air.
  5. Lemak Sapi

Bumbu halus.

  1. 2 siung untuk bawang putih (sesuaikan dengan besar kecilnya).
  2. 1 buah untuk kemiri.
  3. 1 sdt untuk merica (bisa pakai merica bubuk).
  4. garam.
  5. penyedap rasa.

Bumbu pelengkap.

  1. daun bawang secukupnya
  2. daun seledri secukupnya

Langkah-langkah Cilok Empuk (Tahan lama meski dingin)

  1. Langkah pertama untuk membuat cilok yang enak adalah haluskan beberapa bahan seperti merica, kemiri dan bawang putih. setelah halus, tambahkan garam dan penyedap rasa.
  2. Setelah itu panaskan 100 ml air sampai mendidih, masukan bumbu halus yang mama buat tadi. aduk-aduk sampai merata.
  3. Kecilkan api dan masukan tepung terigu terlebih dahulu, aduk-aduk hingga adonan terlihat kalis kemudian tambahkan bahan pelengkap. dan aduk-aduk lagi hingga merata.
  4. Dinginkan dulu adonan, kemudian masukan bahan-bahan lain seperti tepung tapioka, telur. aduk-aduk lagi hingga adonan sampai kalis. Jika adonan tadi terlalu cair atau terlalu kental, bisa menambahkan tepung tapioka atau tepung terigu dengan perbandingan 2 terigu : 1 tapioka. kemudian tambahkan dengan air hangat lagi, dan aduk-aduk.
  5. Bulatkan adonan sesuai selera, sebaiknya kecil-kecil saja seukuran 5 cm. lakukan hal ini sampai adonan habis. beri isian lemak sapi.
  6. Panaskan air sampai mendidih, kemudian masukan adonan yang sudah dicetak tadi sampai panci penuh. Jika cilok sudah pada mengambang, itu berarti cilok sudah matang. Namun jangan langsung diangkat ya. tunggu beberapa saat agar bagian dalam cilok matang, kemudian angkat dan tiriskan.
  7. Sajikan cilok dengan saus sambal atau saus tomat sesuai selera. selamat mencoba dan menikmati ya moms.


Disqus Comments