Sabtu, 21 November 2020

Resep Cilok Bumbu Saus Kacang Super Enak

Resep Cilok Bumbu Kacang

Cilok adalah salah satu jajanan pinggir jalan yang benar-benar menggugah selera ya moms. dengan rasanya yang kenyal serta dipadu dengan gurihnya lemak sapi dan saus. membuat makanan seperti ini disukai siapa saja, termasuk topwisata kids juga.

Cilok yang enak adalah cilok yang empuk serta tahan lama ketika dingin. Nah untuk membuat Cilok seperti ini dibutuhkan bahan-bahan yang tepat serta cara memasak yang pas.

Pembuatan Cilok yang benar adalah memperhatikan beberapa kriteria seperti penggunaan tepung. Tepung yang digunakan adalah tepung tapioka atau tepung sagu. Karena tepung jenis ini memiliki karakteristik yang kenyal.

Kemudian yang kedua adalah cara memasaknya. untuk memasak cilok agar matang sampai kedalam, usahakan air sudah panas terlebih dahulu. kemudian masukan cilok ke dalam panci. jika cilok sudah mengapung, itu tandanya cilok sudah matang, namun jangan langsung diangkat ya moms, tunggu beberapa saat setelah mengapung baru diangkat.

Jajanan Cilok ini sangat mudah kita temui di sepanjang jawa barat, terutama daerah bandung ya moms. Karena cilok juga berasal dari daerah situ.

Jika mama penasaran dengan resep cilok yang empuk dan kenyal. yuk simak ulasan topwisata kuliner berikut.

Bumbu kacang pada cilok ini hampir sama dengan bumbu kacang yang ada di batagor. Maka dari itu, bumbu cilok tidak hanya saus saja. mama bisa membuat bumbu kacang. Nah, berikut resep membuat bumbu kacang untuk cilok dan batagor.

Resep Membuat : Cilok Sederhana Empuk dan Kenyal anti gagal

Bahan Bumbu Halus :

  1. 250 gram kacang tanah
  2. 100 gram gula merah
  3. 3 siung bawang putih
  4. 4 siung bawang merah
  5. 5 buah cabai merah keriting

Bahan Pelengkap :

  1. 3 lembar daun jeruk
  2. 1 sendok makan air asam jawa
  3. 3 sendok makan kecap manis
  4. air secukupnya
  5. garam secukupnya
  6. minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

  1. Bahan diatas yang harus mama haluskan seperti bawang putih, bawang merah, cabai merah keriting, kacang dan gula merah. Pastikan semua bahan sudah digoreng ya ma. Mama bisa menggunakan blender untuk menghaluskan.
  2. Tambahkan sesendok minyak goreng panas ke dalam adonan bumbu kacang, tambahkan air secukupnya ( jaga kekentalan bumbu kacang ), dan garam.
  3. Goreng adonan bumbu kacang di wajan anti lengket. masak hingga adonan meletup-letup.
  4. Jadi deh, bumbu kacang untuk Cilok mama.

Resep Membuat : Cilok Sederhana Empuk dan Kenyal anti gagal


Disqus Comments