Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Bakso Ayam Yummy, Begini aja cara membuatnya

Bakso Ayam Yummy, Begini aja cara membuatnya

Bakso Ayam (2)

Bakso Ayam

Resep dan cara membuat bakso ayam

Untuk membuat bakso ayam, Anda membutuhkan bahan dan takaran sebagai berikut[1]: 

  1. 250 gram atau 1/4 ekor Ayam 
  2. 7 sendok makan Tepung Tapioka 
  3. 2 sdm Garam / sesuai selera 
  4. Penyedap rasa/kaldu jamur sesuai selera 
  5. 1 siung Bawang Putih 
  6. 1/2 sdt Merica Bubuk 
  7. 1/2 sdt Gula 
  8. 1/2 sdt baking powder
  9. 1 butir telur 
  10. Air es Campur semua bahan hingga halus dan bisa dibentuk[2]. 

Anda bisa menggunakan blender untuk mencampurkan semua bahan bakso kecuali es serutnya. Bentuk adonan menjadi bulat dengan menggunakan sendok.

Selanjutnya anda bisa menyiapkan adonan bakso untuk direbus[3]. Anda membutuhkan bahan-bahan berikut: 

  1. Ayam fillet (paha atas ayam) 
  2. Es batu (dihancurkan) 
  3. Tepung tapioka (8 sdm) 
  4. Putih telur (25 gr) 
  5. Garam (1 sdt) 
  6. Merica bubuk (1 sdt) 
  7. Bawang putih (5 siung) 

Potong-potong daging ayam setengah beku lalu haluskan dengan air es dan putih telur hingga halus[4]. 

Jika perlu, Anda dapat menambahkan lebih banyak air untuk mendapatkan kekentalan yang diinginkan. Campur ayam giling dengan bumbu halus, tepung sagu, dan putih telur[5].

Untuk memasak bakso, Anda bisa merebus atau mengukusnya[6]. 

  1. Rebus air dalam panci hingga mendidih dengan api sedang lalu masukkan tulang ayam. 
  2. Panaskan dua sendok makan minyak dalam wajan dan tumis bawang putih hingga harum. 
  3. Tambahkan bakso dan masak sampai berwarna coklat keemasan. 
  4. Bumbui dengan mama suka kuah bakso + garam + saus + royco ayam + merica + minyak wijen[7]. 
  5. Sajikan dengan cara direbus, dikukus, dicampur dengan sayuran, dipanggang, atau dioven. Anda juga bisa mencampurkannya ke dalam kuah/sup[10].

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Ayam Giling yang Tepat** – Pilihlah ayam giling dengan persentase daging gelap yang lebih tinggi agar bakso lebih juicy dan beraroma. Ayam giling dengan campuran daging berwarna terang dan gelap, seperti paha dan stik drum, akan menghasilkan tekstur yang lebih gurih dibandingkan dada ayam giling saja.

Baca Juga :  Resep Pie Susu Mini yang Tidak Merepotkan Sekaligus Rasanya Enak

**Bumbu dan Pengikat yang Tepat** – Pastikan campuran bakso dibumbui dengan baik dengan garam, merica, bumbu, dan rempah-rempah yang seimbang untuk meningkatkan profil rasa. Selain itu, masukkan bahan pengikat seperti remah roti, keju Parmesan parut, atau bahkan sedikit nasi untuk menjaga kelembapan dan mencegah bakso menjadi padat.

**Penanganan Lembut untuk Bakso Empuk** – Hindari mengaduk adonan bakso secara berlebihan, karena penanganan yang berlebihan dapat menyebabkan bakso menjadi keras dan kenyal. Campurkan bahan-bahan secara perlahan hingga tercampur rata untuk menjaga tekstur lembut. Menggunakan tangan yang ringan saat membentuk bakso juga akan mencegah daging terlalu padat.

**Mencegah Lengket dan Pastikan Memasak Merata** – Lapisi loyang dengan kertas roti atau olesi sedikit agar bakso tidak lengket saat dipanggang. Selain itu, untuk memasak di atas kompor, pastikan untuk memanaskan wajan terlebih dahulu dan memberi jarak yang merata pada bakso untuk menghasilkan warna kecoklatan dan pemasakan yang konsisten.

**Suhu Internal dan Waktu Istirahat** – Gunakan termometer daging untuk memastikan suhu internal bakso ayam mencapai 165°F (74°C) untuk menjamin matang sepenuhnya. Setelah matang, diamkan bakso selama beberapa menit sebelum disajikan untuk mendistribusikan kembali sarinya dan memastikan kelembutan yang optimal. Kiat dan praktik terbaik ini akan membantu Anda membuat bakso ayam yang lezat dan bertekstur baik, baik Anda berencana memanggang, menggoreng, atau merebusnya dengan saus. Dengan mengikuti panduan ini, Anda bisa mendapatkan bakso ayam yang beraroma, lembab, dan dimasak dengan sempurna yang akan memanjakan lidah Anda.

FAQ

Q: Apa saja bahan dan takaran yang dibutuhkan untuk membuat bakso ayam? A: Untuk membuat bakso ayam, Anda membutuhkan ayam giling, remah roti, keju parmesan parut, bawang bombay cincang halus, bawang putih cincang, telur, garam, merica, dan peterseli cincang. Takarannya biasanya meliputi 1 pon ayam giling, 1/2 cangkir remah roti, 1/3 cangkir keju Parmesan parut, 1/4 cangkir bawang bombay cincang halus, 2 siung bawang putih cincang, 2 butir telur, 1 sendok teh garam, 1 /2 sendok teh merica, dan 2 sendok makan peterseli cincang.

Baca Juga :  Nasi Goreng Mawut Pedas ala Rumahan yang Rasanya Maknyos

Q: Apa saja langkah-langkah dalam menyiapkan bakso ayam? A: Pembuatan bakso ayam melibatkan penggabungan ayam giling, remah roti, keju parmesan parut, bawang bombay cincang halus, bawang putih cincang, telur, garam, merica, dan peterseli cincang ke dalam mangkuk pencampur. Kemudian, aduk perlahan bahan-bahan tersebut menggunakan tangan hingga tercampur rata. Setelah itu, bentuk adonan menjadi bakso sesuai ukuran yang diinginkan.

Q: Bagaimana caranya agar bakso ayam saya tidak keras? A: Agar bakso ayam tidak alot, penting untuk tidak mengaduk adonan daging secara berlebihan. Pencampuran yang berlebihan dapat menyebabkan bakso menjadi keras. Selain itu, hindari mengemas adonan daging terlalu rapat saat membentuk bakso, karena dapat menyebabkan tekstur bakso menjadi lebih keras.

Q: Apa saja tips memanggang dan menyajikan bakso ayam? A: Saat memanggang bakso ayam, disarankan untuk memanaskan oven terlebih dahulu dan melapisi loyang dengan kertas roti agar tidak lengket. Tata bakso di atas loyang yang sudah disiapkan dan panggang dengan suhu yang ditentukan hingga matang dan berwarna cokelat keemasan. Untuk penyajiannya, pertimbangkan untuk memadukan bakso ayam dengan saus celup, memasukkannya ke dalam hidangan pasta, atau menyajikannya sebagai makanan pembuka dengan tusuk gigi.

Q: Apa yang bisa saya gunakan sebagai pengganti remah roti pada bakso ayam? A: Jika Anda lebih suka pengganti remah roti pada bakso ayam, Anda bisa menggunakan oat giling, kerupuk yang dihancurkan, atau kacang yang digiling halus sebagai pengganti remah roti. Bahan pengganti ini dapat memberikan ikatan dan tekstur yang mirip dengan bakso.

Referensi : 

1.   Resep Bakso Ayam Takaran Sendok oleh Peni Nur ….  (n.d.)   Diperoleh December 29, 2023, dari cookpad.com/id/resep/15763544-bakso-ayam-takaran-sendok 

2.   Resep Bakso Ayam buat Jualan, Bikinnya Pakai Blender ….  (n.d.)   Diperoleh December 29, 2023, dari www.kompas.com 

Baca Juga :  Memasak Resep Sayur Krecek Khas Jawa yang Benar-Benar Rasanya Lezat

3.   15 resep bakso ayam takaran sendok enak dan mudah.  (n.d.)   Diperoleh December 29, 2023, dari cookpad.com/id/cari/bakso%20ayam%20takaran%20sendok 

4.   Resep Bakso Ayam Blender, Empuk, Gurih, Mudah Dibuat.  (n.d.)   Diperoleh December 29, 2023, dari www.merdeka.com 

5.   Bakso Ayam Lombok Uleg (homemade).  (n.d.)   Diperoleh December 29, 2023, dari cookpad.com/id/resep/8874725-bakso-ayam-lombok-uleg-homemade 

6.   Resep Bakso Ayam Kenyal, Lengkap dengan Kuah Kaldu ….  (n.d.)   Diperoleh December 29, 2023, dari www.kompas.com 

7.   Kuah Tulang untuk Bakso (plus saran penyajian).  (n.d.)   Diperoleh December 29, 2023, dari cookpad.com 

8.   Bakso Ayam Sayur /Pelangi Frozen Homemade/Olahan ….  (n.d.)   Diperoleh December 29, 2023, dari shopee.co.id 

9.   Bakso baso goreng ayam Makicia Pasar Laris halal – 10 pcs.  (n.d.)   Diperoleh December 29, 2023, dari www.tokopedia.com 

10.   BAKSO AYAM GLUTEN FREE • Bosan dengan ….  (n.d.)   Diperoleh December 29, 2023, dari www.instagram.com/p/CTTWNKJBa_Z/ 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan