Skip to main content

Pentol Bakso Dengan Bumbu Rujak, Bikin Nagih Moms

La Dina

Pentol Bakso Bumbu Rujak


Siapa yang tidak mengenal makanan yang satu ini? Ya, bakso. Bakso ini banyak digemari oleh masyarakat Indonesia maupun masyarakat luar negeri.

Tidak mengherankan jika bakso banyak disukai oleh banyak orang. Rasanya yang gurih dan empuk, bisa langsung beradaptasi dengan lidah siapa saja. 
 
Biasanya, dalam penyajian bakso sendiri, pentolan bakso akan disirami dengan kuah. Berpadu dengan bahan lainnya seperti mie, laksa, dan lainnya sesuai dengan resep.

Namun, pentolan bakso juga bisa diolah tanpa menggunakan kuah. Malah menggunakan bumbu yang lebih menyegarkan lagi. Bagaimana caranya? Berikut akan dibagikan langkah-langkahnya.

Sebelum masuk ke langkah-langkah, siapkan bahan terlebih dahulu.

Bahan-bahan:

  1. Bakso instan. (Terserah mau pakai apa. Bisa bakso ayam atau juga bakso sapi)
  2. 6 buah cabai merah.
  3. 4 buah cabai rawit.
  4. 5 siung bawang merah.
  5. 3 siung bawang putih.
  6. 1 ruas lengkuas.
  7. 2 lembar daun salam.
  8. 2 lembar daun jeruk.
  9. 1 sendok teh gula merah.
  10. Gula dan garam.

Bahan-bahannya, sudah hampir mirip dengan bahan-bahan untuk membuat rujak. Jadi, sudah bisa terbayang bukan? Bagaimana manis, pedas, segar, rasa pentolan baksonya nanti. Bila bahan-bahan sudah siap, masuk ke dalam cara pembuatan.

Langkah-langkah:

  1. Haluskan terlebih dahulu cabai merah, cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih. Untuk lengkuas, cukup digeprek menggunakan samping sisi pisau.
  2. Tumis semua bumbu hingga mengeluarkan aroma harum.
  3. Masukkan sedikit air, kemudian pentolan baksonya menyusul.
  4. Masak hingga bumbu menyusut dan meresap ke dalam pentolan bakso.
  5. Kecilkan sedikit api, aduk-aduk, dan koreksi rasanya, bila masih dirasa ada yang kurang.

Selamat mencoba!

Pentolan Bakso Dengan Bumbu Rujak ini cocok untuk dijadikan ide usaha rumahan. Bahan-bahannya yang tidak terlalu banyak dan cara pembuatannya juga yang tidak terlalu rumit, membuat resep ini cocok untuk menjadi ide usaha. Anak-anak sudah tentu akan menyukainya. Mirip dengan usaha makanan siomay atau cilok pada umumnya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar