Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat Kue Pancong yang Legend, Rasanya Ngangenin

Membuat Kue Pancong yang Legend, Rasanya Ngangenin

Membuat Kue Pancong (2)

Membuat Kue Pancong

Bahan-bahan:

  1. 100 ml susu cair
  2. 5 sdm tepung terigu
  3. 4 sdm gula pasir
  4. 1 butir telur
  5. 1 sdm susu bubuk
  6. 1 sdm mentega, cairkan
  7. 1/2 sdm ragi instan
  8. 1/2 sdt soda kue
  9. 1/4 sdt garam
  10. air secukupnya

Langkah-langkah membuat Kue Pancong

  1. Pembuatan kue pancong dimulai dengan mencampur bahan dan mempersiapkan adonan [1][2]. Bahan utama kue pancong adalah tepung beras, sedikit tepung tapioka, kelapa parut kasar, dan santan [3]. Untuk membuat adonan, campurkan tepung terigu, fermipan, dan bubuk vanila ke dalam mangkuk. Aduk rata. Di dalam blender, campurkan 2 butir telur, gula pasir, dan air. Haluskan hingga tercampur rata. Tambahkan campuran tepung ke dalam blender, aduk rata hingga tercampur sempurna. Diamkan selama kurang lebih 30 menit hingga adonan mengembang.
  2. Setelah adonan kue pancong mengembang, langkah berikutnya adalah memasak adonan di wajan atau wadah khusus kue pancong [4][5][6]. Panaskan wajan atau wadah kue pancong terlebih dahulu. Kemudian tuangkan adonan kue pancong ke dalam wajan atau wadah tersebut. Tutup adonan dengan penutup atau daun pisang. Panggang selama kurang lebih 5-10 menit hingga matang dan berwarna kecoklatan. Setelah itu, angkat adonan kue pancong dari wajan atau wadah dan biarkan dingin.
  3. Kue pancong siap disajikan dan dinikmati [5][7]. Sajikan kue pancong dengan taburan kelapa parut kasar di atasnya. Kue pancong juga bisa disajikan dengan tambahan gula merah atau madu sebagai pemanis. Untuk membuat kue pancong yang lebih menarik, tambahkan topping seperti cokelat, keju, atau buah-buahan sesuai selera [8]. Selamat menikmati kue pancong yang lezat dan nikmati sensasi klasik dari kue tradisional Betawi ini.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Tepung Beras yang Tepat** – Gunakan tepung beras berkualitas tinggi, sebaiknya berbahan dasar ketan, agar teksturnya lembut dan kenyal. Carilah tepung beras yang digiling halus untuk memastikan adonan halus dan tekstur kue konsisten. Merek seperti Erawan dan Bob’s Red Mill terkenal dengan kualitas tepung beras yang cocok untuk membuat kue pancong.

Baca Juga :  Resep Cheese Cake Kukus Buatan Rumah yang Rasanya Jempolan

**Menyeimbangkan Santan** – Saat menyiapkan adonan, pastikan santan tercampur rata dan seimbang dengan tepung beras. Perbandingan yang baik adalah sekitar 2 bagian santan dan 1 bagian tepung beras, namun dapat disesuaikan berdasarkan kekentalan dan kekayaan yang diinginkan.

**Teknik Pencampuran yang Benar** – Campur tepung beras dan santan hingga rata, pastikan tidak ada gumpalan pada adonan. Adonan yang halus akan menghasilkan tekstur kue yang lebih rata dan konsisten. Usahakan mendapatkan adonan yang memiliki konsistensi krim kental.

**Menyempurnakan Proses Memasak** – Gunakan loyang kue pancong tradisional yang biasanya berupa loyang kecil, dalam, berbentuk bulat dengan penyok di bagian tengahnya. Olesi loyang dengan baik sebelum menuangkan adonan agar tidak lengket. Masak kue dengan api sedang dan tutup wajan agar kue mengembang dan matang secara merata. Waktu memasak mungkin berbeda-beda, tetapi kue akan siap jika pinggirannya renyah dan berwarna cokelat keemasan.

**Meningkatkan Rasa dengan Topping** – Meski kue pancong sudah enak, Anda bisa menambah rasanya dengan menambahkan topping seperti kelapa parut, taburan coklat, atau sirup gula aren. Topping ini tidak hanya menambah daya tarik visual tetapi juga menambah rasa dan tekstur pada kue, sehingga lebih menarik bagi khalayak yang lebih luas.

Baca Juga :  Membuat Es Jus Mangga untuk Menu Berbuka Puasa

FAQ

Q: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Kue Pancong? A: Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Kue Pancong antara lain tepung beras, santan kelapa, garam, dan daun pandan untuk aroma.

Q: Bagaimana langkah-langkah dalam membuat adonan Kue Pancong? A: Langkah pertama adalah mencampur tepung beras dengan santan kelapa dan garam hingga adonan tercampur rata. Kemudian tambahkan daun pandan untuk memberikan aroma. Setelah itu, biarkan adonan selama beberapa jam agar terasa lebih sedap.

Q: Apakah Kue Pancong harus dimasak menggunakan wajan khusus? A: Kue Pancong biasanya dimasak menggunakan wajan khusus yang disebut “wajan pancong”. Wajan ini memiliki cetakan bundar dengan lubang di tengahnya, sehingga hasil kue akan memiliki bentuk yang khas.

Q: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak Kue Pancong? A: Memasak Kue Pancong membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit di atas wajan pancong dengan api sedang hingga matang dan berwarna kecoklatan.

Q: Bagaimana Kue Pancong biasanya disajikan? A: Kue Pancong biasanya disajikan dalam keadaan hangat. Kue ini dapat dinikmati dengan taburan kelapa parut dan gula merah sebagai tambahannya.

Referensi : 

1.   Asli Ini Lembut dan Endulita Banget! Resep Kue Pancong ….  (n.d.)   Retrieved February 5, 2024, from www.inidata.id 

2.   Mirip Kue Pukis Tapi Versi Asinnya, Ini Resep ….  (n.d.)   Retrieved February 5, 2024, from www.inidata.id 

3.   Resep Kue Pancong Khas Betawi, Pakai Tepung Beras ….  (n.d.)   Retrieved February 5, 2024, from www.kompas.com 

Baca Juga :  Resep Mie Aceh Goreng, Primadonanya Kota Serambi Mekkah dengan Rasa Lezat nan Menggiurkan

4.   Resep Kue Pancong, Camilan Jadul Gurih Santan.  (n.d.)   Retrieved February 5, 2024, from www.kompas.com 

5.   Begini Cara Membuat Kue Pancong Khas Betawi yang ….  (n.d.)   Retrieved February 5, 2024, from www.halodoc.com 

6.   Resep Kue Pancong Home Made oleh Lovelychef By TieDQ.  (n.d.)   Retrieved February 5, 2024, from cookpad.com/id/resep/15783573-kue-pancong-home-made 

7.   Resep dan Cara Membuat Kue Pancong Kelapa Khas ….  (n.d.)   Retrieved February 5, 2024, from media.bakingworld.id 

8.   Menikmati Kue Pancong Riverside di Tangerang, Jajanan ….  (n.d.)   Retrieved February 5, 2024, from megapolitan.kompas.com

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan