Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Kue Pancong, kue tradisional rasa gurih dan legit

Resep Kue Pancong, kue tradisional rasa gurih dan legit

resep kue pancong (1)

Resep Kue Pancong

Recipe By siti
Course: Kue Pancong Cusine:ID Difficulty:mudah

Servings

2 minutes

Preparing Time

50 minutes

Cooking Time

10 minutes

Calories

250 kcal

INGREDIENTS

  1. tepung beras

  2. santan kelapa

  3. gula pasir

  4. garam

  5. daun pandan

  6. 250 gr Kelapa setengah tua, kerok & parut memanjang

  7. 700 ml santan sedang dari 1/2 butir kelapa

DIRECTION

  1. Langkah 1

    Pertama-tama, campurkan tepung beras, gula pasir, dan garam dalam sebuah wadah

  2. Langkah 2

    Kemudian tambahkan santan kelapa sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan menjadi kental dan rata

  3. Langkah 3

    Setelah itu, tambahkan daun pandan yang telah dipotong ke dalam adonan untuk memberikan aroma

  4. Langkah 4

    Panaskan cetakan kue pancong lalu tuang adonan ke dalam cetakan dan biarkan hingga matang

  5. Langkah 5

    Ulangi proses ini hingga adonan habis

NOTES

    Agar kue pancong yang Anda buat memiliki tekstur yang sempurna, pastikan untuk menggunakan api yang tidak terlalu besar saat memanggangnya. Selain itu, pastikan cetakan kue pancong Anda sudah cukup panas sebelum menuangkan adonan agar kue matang secara merata dan tidak lengket. Jika ingin menambahkan varian rasa, Anda dapat menambahkan parutan kelapa atau wijen ke dalam adonan sebelum memanggangnya.

Kue pancong merupakan salah satu jenis kue tradisional Indonesia yang memiliki rasa gurih dan legit. Kue ini biasanya disajikan sebagai camilan atau hidangan penutup. Proses pembuatannya relatif mudah dan tidak memerlukan banyak bahan. Kue pancong juga memiliki tekstur yang unik, yaitu bagian luar yang renyah dan bagian dalam yang lembut. Dengan tambahan aroma kelapa parut yang khas, kue ini menjadi favorit banyak orang. Dalam artikel ini, kita akan membahas resep kue pancong lengkap dengan langkah-langkah pembuatannya.

Baca Juga :  Puding Lumut, Hidangan Penutup yang Lembut, ini Resepnya

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Untuk membuat kue pancong, Anda memerlukan bahan-bahan seperti tepung beras, santan kelapa, gula pasir, garam, dan daun pandan. Tepung beras yang digunakan sebaiknya yang berkualitas baik agar menghasilkan tekstur kue yang lembut. Santan kelapa segar juga memberikan aroma yang khas pada kue pancong. Gula pasir digunakan untuk memberikan rasa manis pada kue, sedangkan garam digunakan untuk menyeimbangkan rasa. Daun pandan dapat memberikan aroma alami yang segar pada kue pancong.

Langkah-Langkah Pembuatan

Pertama-tama, campurkan tepung beras, gula pasir, dan garam dalam sebuah wadah. Kemudian tambahkan santan kelapa sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan menjadi kental dan rata. Setelah itu, tambahkan daun pandan yang telah dipotong ke dalam adonan untuk memberikan aroma. Panaskan cetakan kue pancong lalu tuang adonan ke dalam cetakan dan biarkan hingga matang. Ulangi proses ini hingga adonan habis.

Tips Agar Kue Pancong Lebih Sempurna

Agar kue pancong yang Anda buat memiliki tekstur yang sempurna, pastikan untuk menggunakan api yang tidak terlalu besar saat memanggangnya. Selain itu, pastikan cetakan kue pancong Anda sudah cukup panas sebelum menuangkan adonan agar kue matang secara merata dan tidak lengket. Jika ingin menambahkan varian rasa, Anda dapat menambahkan parutan kelapa atau wijen ke dalam adonan sebelum memanggangnya.

Baca Juga :  Membuat Kue Akar Kelapa Istimewa untuk Lebaran Spesial

Variasi Kue Pancong yang Bisa Dicoba

Meskipun kue pancong memiliki rasa yang lezat dengan bahan-bahan dasar yang sederhana, Anda dapat bereksperimen dengan berbagai varian rasa. Misalnya, Anda dapat menambahkan potongan buah seperti pisang atau kelapa ke dalam adonan untuk memberikan rasa yang lebih segar. Selain itu, Anda juga dapat mencampurkan adonan dengan bubuk cokelat atau bubuk matcha untuk variasi rasa yang berbeda.

Kue Pancong: Camilan Tradisional yang Menggugah Selera

Kue pancong memang tidak pernah kehilangan pamornya sebagai camilan tradisional yang menggugah selera. Dengan tekstur yang unik dan rasa yang lezat, kue ini cocok disajikan sebagai camilan di berbagai acara. Dari acara formal hingga santai, kue pancong selalu menjadi favorit banyak orang. Dengan mengikuti resep di atas dan menambahkan sentuhan kreativitas Anda, Anda dapat membuat kue pancong yang lezat dan menggugah selera.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Apakah saya bisa menggunakan tepung beras biasa untuk membuat kue pancong? Ya, Anda bisa menggunakan tepung beras biasa untuk membuat kue pancong. Namun, pastikan untuk menyaring tepung beras terlebih dahulu agar menghasilkan tekstur kue yang lebih halus.

Bagaimana cara menyimpan kue pancong agar tetap awet? Untuk menyimpan kue pancong agar tetap awet, Anda bisa membungkusnya dengan kertas roti atau aluminium foil lalu simpan di dalam toples kedap udara. Hindari menyimpan kue di tempat yang lembap.

Baca Juga :  Sarapan Kenyang dengan Pancake Oatmeal

Apakah saya bisa menggunakan santan instan untuk membuat kue pancong? Meskipun lebih praktis, sebaiknya gunakan santan kelapa segar untuk hasil yang lebih aromatik. Namun, jika tidak ada pilihan lain, Anda dapat menggunakan santan instan dengan takaran yang sama.

Bolehkah saya menambahkan pewarna makanan pada adonan kue pancong? Tentu saja, Anda bisa menambahkan pewarna makanan sesuai selera untuk memberikan tampilan yang menarik pada kue pancong. Pastikan pewarna yang digunakan aman untuk dikonsumsi.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info