Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Kue Pancong Lumer ala Betawi

Resep Kue Pancong Lumer ala Betawi

Resep Kue Pancong (2)

Resep Kue Pancong

Cara membuat Kue Pancong

Untuk membuat kue pancong, pertama-tama mengumpulkan bahan dan peralatan yang dibutuhkan [1]. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain 

  1. tepung beras, 
  2. kelapa parut, 
  3. santan, telur, 
  4. dan garam. 

Selain itu, siapkan juga wadah untuk mencampur bahan, kompor, dan wajan khusus kue pancong. 

  1. Campurkan tepung beras, kelapa parut, santan, telur, dan garam dalam wadah dan aduk hingga rata. 
  2. Diamkan adonan selama beberapa waktu agar bahan-bahan dapat tercampur sempurna.
  3. Setelah adonan diamkan, tahap selanjutnya adalah memasak kue pancong dan menyajikannya [2]. 
  4. Panaskan wajan khusus kue pancong dan tuangkan adonan ke dalamnya. Biarkan adonan matang dan berwarna kecoklatan di bawah api yang kecil. 
  5. Setelah matang, angkat dan sajikan kue pancong dengan taburan kelapa parut di atasnya. Kue pancong siap dinikmati.

Cara lain membuat kue pancong adalah dengan mencampurkan tepung beras, kelapa parut, santan, telur, dan garam, serta memasak adonan hingga matang [3]. 

Selain itu, gunakan juga bahan seperti tepung terigu dan baking powder untuk membuat kue pancong yang lebih lembut dan empuk [4]. 

Setelah adonan dicampur rata, tuangkan ke dalam wajan khusus kue pancong dan masak hingga matang. Sajikan kue pancong dengan tambahan keju parut di atasnya untuk menambah cita rasa.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Gunakan Bahan Asli** – Saat membuat kue pancong, sangat penting untuk menggunakan bahan-bahan asli untuk mendapatkan rasa dan tekstur tradisional. Misalnya, menggunakan kelapa parut segar sebagai pengganti kelapa kering dapat meningkatkan rasa dan aroma kue secara keseluruhan.

Baca Juga :  Resep Bolu Pisang Keju Lembut dan Empuk

**Kontrol Panas** – Mempertahankan tingkat panas yang tepat sangat penting untuk mendapatkan tekstur kue pancong yang sempurna. Adonan harus dimasak dengan api sedang-kecil untuk memastikan kue matang tanpa bagian luarnya gosong.

**Siapkan Pan dengan Benar** – Olesi loyang secara menyeluruh dengan minyak kelapa atau mentega agar kue tidak lengket. Secara tradisional, daun pisang digunakan untuk melapisi loyang, menambah rasa unik pada kue. Jika daun pisang tidak tersedia, kertas roti bisa digunakan sebagai alternatif.

**Campur Adonan Secara Lembut** – Saat menggabungkan bahan untuk adonan, hindari mengaduk secara berlebihan. Lipat bahan-bahan secara perlahan hingga tercampur rata untuk menjaga tekstur kue tetap ringan dan lapang. Pencampuran yang berlebihan dapat menghasilkan kue yang lebih padat.

**Sajikan Segar dan Hangat** – Kue pancong paling enak dinikmati segar dan hangat. Biarkan kue agak dingin sebelum diiris dan disajikan. Bisa disajikan sendiri atau dengan taburan kelapa parut di atasnya untuk menambah rasa dan tekstur. Dengan mengikuti tips dan praktik terbaik berikut, Anda dapat membuat kue Pancong yang autentik dan lezat yang mencerminkan esensi makanan penutup tradisional Indonesia ini.

Baca Juga :  Garlic Cheese Cookies, Kue Kering Persiapan Lebaran #Dirumahsaja

FAQ

Q: Apa saja bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat kue pancong? A: Bahan utama pembuatan kue pancong antara lain tepung beras, kelapa parut, santan, gula pasir, garam, dan daun pandan sebagai penyedap rasa.

Q: Apakah tepung beras bisa diganti dengan tepung jenis lain? A: Kue pancong tradisional menggunakan tepung beras karena teksturnya yang unik, jadi sebaiknya gunakan tepung beras untuk rasa yang autentik. Namun jika tepung beras tidak tersedia, Anda bisa mencoba menggunakan kombinasi tepung serbaguna dan tepung ketan sebagai penggantinya.

Q: Berapa lama adonan harus didiamkan sebelum membuat kue pancong? A: Setelah bahan tercampur, adonan kue pancong didiamkan minimal 30 menit. Hal ini memungkinkan rasa menyatu dan berkontribusi pada tekstur kue yang lebih baik.

Q: Apakah santan kalengan bisa digunakan untuk membuat kue pancong? A: Ya, santan kalengan bisa digunakan untuk membuat kue pancong. Namun untuk rasa terbaik, disarankan menggunakan santan segar jika tersedia.

Q: Bagaimana cara tradisional menyajikan kue pancong? A: Kue pancong secara tradisional disajikan sendiri atau ditaburi kelapa parut di atasnya. Dapat dinikmati sebagai camilan atau sebagai camilan manis bersama kopi atau teh.

Referensi : 

1.   Resep Bikin Kue Pancong Lembut, Bisa Jadi Referensi ….  (n.d.)   Diperoleh January 14, 2024, dari www.idntimes.com 

Baca Juga :  Resep Wedang Asle Khas Jawa Timur untuk Menghangatkan Tubuh

2.   Resep Kue Pancong Manis Gurih.  (n.d.)   Diperoleh January 14, 2024, dari www.fimela.com 

3.   Resep dan Cara Membuat Kue Pancong, Cemilan Jadul ….  (n.d.)   Diperoleh January 14, 2024, dari food.detik.com 

4.   CARA MEMBUAT KUE PANCONG LUMER – Site Title.  (n.d.)   Diperoleh January 14, 2024, dari kelompok11omp.wordpress.com 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan