Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Memasak Tahu Kriuk Asam Manis yang Mudah, Murah, dan Lezat

Memasak Tahu Kriuk Asam Manis yang Mudah, Murah, dan Lezat

Tahu Kriuk Asam Manis (1)

Resep tahu kriuk asam manis

Ada resep tahu kriuk asam manis yang bisa Anda praktikkan memasaknya di rumah. Kerenyahan tahu gorengnya begitu terasa. Dipadukan dengan saus asam manis yang lezat.

Jadilah sebuah menu masakan baru yang bahannya mudah didapatkan, murah harganya, tetapi rasanya benar-benar menggugah selera. Sangat cocok disantap bersama nasi putih hangat untuk menu makan siang atau malam.

Kuliner yang satu ini bisa dijadikan menu wajib akhir bulan dimana kondisi keuangan sedang menipis. Bahan utamanya hanya tahu yang harganya sangat ramah di kantong. Lalu, bagaimana resep tahu kriuk asam manis selengkapnya? Silahkan membaca uraian berikut.

Bahan-bahan

  1. 4 – 5 tahu putih
  2. 1 sendok teh kaldu bubuk
  3. 3 sendok makan tepung terigu
  4. Minyak goreng secukupnya

Bahan saus asasm manis

  1. 3 siung bawang putih dicincang halus
  2. ½ siung bawang bombay dipotong kecil
  3. ½ buah wortel dipotong dadu
  4. 1 buah cabai merah besar dipotong tipis-tipis
  5. 1 helai daun bawang dipotong kecil
  6. ½ sendok teh garam
  7. ½ sendok teh kaldu bubuk
  8. 1 sendok teh gula pasir
  9. 3 sendok makan saus tomat
  10. ½ sendok makan tepung tapioka dilarutkan dengan 5 sendok makan air
  11. 2 gelas air
Baca Juga :  Resep Bada Reuteuk Khas Aceh, Kue Kering yang Mulai Menghilang dari Peradaban

Cara memasak tahu kriuk asam manis

Setelah semua bahan diatas disiapkan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep tahu kriuk asam manis dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Siapkan wadah baskom, lalu masukkan tahu putih ke dalamnya. Setelah itu, remas-remas tahu hingga hancur dan lembut. Tambahkan tepung terigu dan kaldu bubuk, lalu aduk merata. Sisihkan.
  2. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menggoreng adonan tahu. Setelah minyak panas, masukkan adonan tahu dibuat pipih-pipih dan goreng hingga berwarna kecoklatan. Jangan lupa dibolak-balik agar matangnya merata. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  3. Langkah berikutnya, yaitu membuat saus asam manis. Caranya, panaskan wajan penggorengan dan beri 3 sendok minyak goreng untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
  4. Tambahkan wortel dan air, lalu aduk merata. Kecilkan api kompornya dan masukkan saus tomat, kaldu bubuk, garam, gula. Aduk merata lagi. Setelah itu, masukkan potongan cabai dan aduk merata. Silahkan dicicipi sedikit sausnya untuk mengkoreksi rasanya.
  5. Selanjutnya, tambahkan larutan tepung tapioka untuk mengentalkan sausnya. Aduk sebentar hingga mengental. Setelah itu, matikan kompor karena saus asam manis sudah matang.
  6. Siapkan piring saji untuk plating. Letakkan dan tata tahu kriuk yang sudah matang diatas piring, lalu siram dengan saus asam manis secukupnya. Lengkapi dengan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Tempe Goreng Aroma Kencur, Harumnya Menggugah Selera

Cukup mudah memasak resep tahu kriuk asam manis. Anda bisa mencobanya sekarang juga untuk makan siang atau malam seluruh keluarga. Dijamin rasanya lezat dan mantul. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan