Lompat ke konten
Home » Resep » Resep menyiapkan sepiring Nasi Goreng Jawa yang Lezat

Resep menyiapkan sepiring Nasi Goreng Jawa yang Lezat

Nasi Goreng Jawa yang Lezat

Resep menyiapkan sepiring Nasi Goreng Jawa yang Lezat

Recipe By siti
Course: Nasi Goreng Jawa Cusine:Indonesia Difficulty:mudah

Servings

2 minutes

Preparing Time

40 minutes

Cooking Time

10 minutes

Calories

500 kcal

INGREDIENTS

  1. 500 gram nasi putih

  2. 1 potong paha ayam rebus, goreng, dan suwir

  3. 3 lembar daun kubis cincang kasar 

  4. 2 butir telur, kocok rata

  5. 6 potong bakso sapi

  6. bawang putih

  7. bawang merah

  8. kemiri

  9. terasi bakar

  10. cabai

DIRECTION

  1. Tumis

    Tumis bumbu halus hingga harum lalu sisihkan. 

  2. Masak

    Masak telur kocok dalam minyak panas hingga orak-arik. 

  3. Masukkan

    Masukkan ayam suwir, masak hingga matang.

  4. Masukkan

    Masukkan irisan bakso sapi dan kol. 

  5. Campurkan

    Campurkan nasi putih yang sudah matang dan bumbui dengan kecap asin, kecap manis, saus tomat, gula pasir, merica bubuk, dan garam[1][4]. 

NOTES

Bahan dan langkah membuat Nasi Goreng Jawa

Untuk menyiapkan sepiring Nasi Goreng Jawa (Nasi Goreng Jawa) yang lezat, Anda membutuhkan berbagai bahan penting[1]. 

Bahan-bahan tersebut antara lain: 

  • 500 gram nasi putih 
  • 1 potong paha ayam rebus, goreng, dan suwir 
  • 3 lembar daun kubis cincang kasar 
  • 2 butir telur, kocok rata 
  • 6 potong bakso sapi 
  • Bumbu seperti bawang putih, bawang merah, kemiri, terasi bakar, dan cabai

Bahan-bahan ini dipadukan untuk menciptakan dasar Nasi Goreng Jawa yang beraroma dan aromatik, menawarkan perpaduan tekstur dan rasa yang harmonis[2]. Proses memasak Nasi Goreng Jawa melibatkan beberapa langkah untuk memastikan hidangan matang dengan sempurna[3]. 

Berikut langkah-langkah yang harus diikuti untuk memasak Nasi Goreng Jawa: 

  • Tumis bumbu halus hingga harum lalu sisihkan. 
  • Masak telur kocok dalam minyak panas hingga orak-arik. 
  • Masukkan ayam suwir, masak hingga matang. 
  • Masukkan irisan bakso sapi dan kol. 
  • Campurkan nasi putih yang sudah matang dan bumbui dengan kecap asin, kecap manis, saus tomat, gula pasir, merica bubuk, dan garam[1][4]. 

Langkah-langkah ini memandu Anda melalui proses pembuatan sepiring Nasi Goreng Jawa yang gurih dan memuaskan, kaya rasa dan bahan-bahan yang lezat.

Untuk meningkatkan penyajian dan cita rasa Nasi Goreng Jawa Anda, pertimbangkan untuk menyajikannya dengan berbagai pendamping dan jelajahi variasi yang berbeda[5]. 

Baca Juga :  Membuat Es Sop Buah untuk Buka Puasa

Beberapa saran penyajian dan variasi Nasi Goreng Jawa antara lain: 

  • Taburi nasi goreng dengan telur mata sapi dan bawang merah goreng renyah 
  • Sajikan dengan kerupuk udang atau kerupuk sebagai pendampingnya 
  • Menambahkan perasan air jeruk nipis segar untuk semburan kesegaran jeruk 
  • Bereksperimen dengan bahan tambahan seperti udang, daging sapi, atau sayuran untuk menyesuaikan hidangan sesuai keinginan Anda[6] 

Dengan menerapkan saran penyajian ini dan menjelajahi beragam variasi, Anda dapat meningkatkan resep Nasi Goreng tradisional Jawa agar sesuai dengan preferensi selera dan kreativitas kuliner Anda, sehingga menghasilkan pengalaman bersantap yang menyenangkan dan memuaskan.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Gunakan Bahan Berkualitas Tinggi** – Untuk membuat nasi goreng jawa yang enak, utamakan penggunaan bahan-bahan yang berkualitas. Sayuran segar, kecap bermutu tinggi, dan sumber protein berkualitas seperti udang, ayam, atau tahu dapat meningkatkan cita rasa masakan secara signifikan. Nasi yang baru dimasak paling cocok untuk mendapatkan tekstur dan rasa yang diinginkan.

**Siapkan Bahan Sebelum Memasak** – Siapkan semua bahan terlebih dahulu sebelum memulai proses memasak. Potong sayuran, potong dadu sumber protein, dan ukur semua saus dan bumbu dan siap untuk digunakan. Ini akan menyederhanakan proses memasak dan mencegah terburu-buru di menit-menit terakhir saat memasak nasi goreng.

**Buat Basis Beraroma** – Membangun bahan dasar yang beraroma sangat penting untuk nasi goreng Jawa. Tumis bahan aromatik seperti bawang putih, bawang merah, dan cabai dalam minyak hingga harum sebelum menambahkan bahan lainnya. Langkah ini memberikan hidangan dengan rasa yang kaya dan aromatik yang menjadi dasar hidangan akhir.

**Pertahankan Panas Tinggi** – Saat memasak nasi goreng jawa, pastikan Anda memasaknya dengan api besar selama proses berlangsung. Panas yang tinggi membantu menghasilkan rasa wajan hei (nafas wajan) yang khas dan memastikan bahan matang dengan cepat, serta mempertahankan tekstur dan rasanya. Tumis dengan cepat agar nasi tidak lembek.

Baca Juga :  Tumis Ayam Kimchi, Kombinasi Korea dan Indonesia

**Akhiri dengan Topping dan Hiasan** – Untuk meningkatkan daya tarik visual dan cita rasa nasi goreng Jawa Anda, akhiri hidangan dengan topping dan hiasan yang sesuai. Topping umum termasuk bawang merah goreng renyah, irisan mentimun, rempah segar seperti daun ketumbar atau kemangi Thailand, dan perasan jeruk nipis. Elemen-elemen ini menambah tekstur, kesegaran, dan semburat warna pada presentasi akhir.

FAQ

Q: Apa saja bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat Nasi Goreng Jawa? A: Bahan utama Nasi Goreng Jawa antara lain nasi, bawang merah, bawang putih, kecap manis, terasi asam, terasi, garam, merica, minyak sayur, telur, ayam, udang, dan berbagai sayuran seperti wortel, kacang polong, dan kubis.

Q: Bisakah saya menyesuaikan resep Nasi Goreng Jawa sesuai preferensi saya? A: Ya, Anda bisa menyesuaikan resep Nasi Goreng Jawa dengan menambahkan atau menghilangkan bahan berdasarkan kesukaan Anda. Anda dapat menyesuaikan tingkat kepedasan, jenis protein seperti ayam atau udang, dan campuran sayuran untuk membuat versi masakan yang Anda inginkan.

Q: Apa saja langkah-langkah memasak Nasi Goreng Jawa? A: Langkah-langkah memasak Nasi Goreng Jawa antara lain menumis bahan-bahan aromatik seperti bawang merah, bawang putih, dan terasi, menambahkan protein dan sayuran, mengaduk nasi dan bumbu seperti kecap manis dan terasi, dan terakhir, menghiasi dengan bawang merah goreng dan irisan mentimun. sebelum disajikan.

Q: Bagaimana saya bisa menyajikan dan menyajikan Nasi Goreng Jawa untuk pengalaman otentik? A: Untuk menyajikan Nasi Goreng Jawa yang autentik, Anda bisa menyajikannya di piring saji tradisional Indonesia atau di atas daun pisang untuk menambah keasliannya. Anda juga bisa menghiasinya dengan telur goreng, krupuk, irisan tomat, dan acar untuk menambah rasa dan penyajiannya.

Q: Adakah variasi atau twist yang bisa saya coba dengan resep Nasi Goreng Jawa? A: Ya, Anda bisa mencoba berbagai variasi Nasi Goreng Jawa dengan memasukkan bahan-bahan seperti hati ayam atau ampela, tempe, atau tahu sebagai pilihan vegetarian. Anda juga dapat bereksperimen dengan tingkat kepedasan yang berbeda, herba tambahan seperti serai atau daun jeruk purut, atau bahkan sedikit perasan jeruk nipis untuk menambah rasa.1.   Resep Nasi Goreng Jawa Seperti Buatan Sen dan Mario ….  (n.d.)   Diperoleh April 21, 2024, dari www.kompas.com 

Baca Juga :  Resep Nagasari Tepung Beras 500 Gram, rasa yang manis dan lezat

2.   Resep Nasi Goreng Jawa Praktis dan Nikmat – Bango.  (n.d.)   Diperoleh April 21, 2024, dari www.bango.co.id 

3.   Resep Nasi Goreng Jawa oleh Jenny.  (n.d.)   Diperoleh April 21, 2024, dari cookpad.com/id/resep/4644250-nasi-goreng-jawa 

4.   Resep Nasi Goreng Jawa Komplit Ala Restoran, Praktis ….  (n.d.)   Diperoleh April 21, 2024, dari momsmoney.kontan.co.id 

5.   Nasi Goreng Jawa Tengah (NASGOR JATENG).  (n.d.)   Diperoleh April 21, 2024, dari cookpad.com 

6.   Resep Nasi Goreng Jawa yang Gurih dan Lezat.  (n.d.)   Diperoleh April 21, 2024, dari www.fimela.com 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info