Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat Es Jus Mangga untuk Menu Berbuka Puasa

Membuat Es Jus Mangga untuk Menu Berbuka Puasa

Membuat Es Jus Mangga untuk Menu Berbuka Puasa (1)

Membuat Es Jus Mangga

Bahan-bahan

  1. 800 gr daging buah mangga
  2. 2 sdm SKM putih
  3. 5 sdm gula cair
  4. secukupnya air

Langkah-langkah membuat Es Jus Mangga

  1. Untuk membuat Es Jus Mangga yang segar dan lezat, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan mangga dengan cara mengupas dan memotong kecil-kecil[1]. Pastikan mangga yang digunakan sudah matang dan manis agar rasa jus menjadi lebih enak. Setelah dipotong kecil-kecil, haluskan potongan mangga dengan air dan gula menggunakan blender[2]. Konsistensi keadilan dapat disesuaikan dengan jumlah air yang ditambahkan.
  2. Setelah adonan jus mangga sudah halus, tuangkan ke dalam nampan es batu dan bekukan hingga padat[3]. Pastikan nampan es batu sudah bersih sebelum digunakan. Jika ingin mencoba variasi rasa, bisa menambahkan susu kental manis atau sirup pada campuran jus mangga sebelum dituang ke dalam nampan es batu[4]. Setelah dibekukan, es jus mangga siap dihidangkan dan dinikmati.
  3. Untuk variasi lainnya, bisa mencoba cara membuat es jus mangga yang menggunakan soda[5]. Caranya yaitu dengan memasukkan potongan mangga ke dalam blender dan memblender hingga halus. Kemudian tambahkan es batu, soda, dan gula. Blender kembali hingga tercampur rata. Jus mangga yang segar dan berkarbonasi siap dinikmati. Selain itu, bisa juga mencoba variasi es jus mangga dengan menambahkan sirup sederhana atau gula[6]. Setelah mangga dipotong kecil-kecil, haluskan dengan air menggunakan blender[7]. Kemudian tambahkan sirup sederhana atau gula, aduk hingga rata dan es jus mangga siap dihidangkan.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Mangga yang Matang** – Pilih mangga matang yang agak lembut saat disentuh dan memiliki aroma buah yang manis. Hindari mangga yang terlalu keras atau cacat yang terlihat jelas. Mangga yang matang akan menghasilkan lebih banyak jus dan memberikan rasa yang lebih manis pada es.

Baca Juga :  Resep Membuat Es Goyobod Khas Bandung

**Memadukan hingga Halus** – Gunakan blender berkekuatan tinggi untuk memastikan mangga tercampur hingga konsistensinya halus. Ini akan membantu menciptakan tekstur es yang lembut dan mencegah serpihan berserat atau tebal memengaruhi produk akhir.

**Menyeimbangkan Rasa** – Pertimbangkan untuk menambahkan sedikit perasan jeruk nipis atau sedikit madu ke dalam pure mangga untuk menyeimbangkan rasa manis dan meningkatkan profil rasa secara keseluruhan. Hal ini dapat menambah rasa tajam dan kedalaman pada es.

**Pembekuan Berlapis** – Untuk menciptakan efek dua warna yang menarik secara visual, bekukan jus mangga dalam dua lapisan terpisah. Tuang lapisan pertama ke dalam cetakan dan bekukan hingga agak keras, lalu tambahkan lapisan kedua di atasnya. Teknik ini menambahkan sentuhan estetis pada es.

**Menggunakan Cetakan Berkualitas** – Belilah cetakan es loli berkualitas yang mudah digunakan dan lepaskan es tanpa kesulitan. Cetakan silikon sangat nyaman karena memungkinkan es dikeluarkan dengan mudah tanpa perlu direndam di bawah air panas. Dengan mengikuti tips berikut ini, Anda bisa mendapatkan es jus mangga yang lezat dan menarik secara visual yang akan menjadi suguhan menyegarkan untuk setiap kesempatan.

FAQ

Q: Bagaimana cara menyiapkan mangga untuk membuat es jus mangga? A: Pertama, kupas mangga dan potong buahnya kecil-kecil agar mudah untuk dihaluskan.

Baca Juga :  Memasak Resep Terong Sambal Petai Teri yang Sederhana, Mudah, dan Rasanya Maknyus

Q: Apakah ada bahan tambahan selain mangga yang diperlukan untuk membuat es jus mangga? A: Selain mangga, Anda akan membutuhkan air untuk membantu dalam proses penghalusan potongan mangga, serta gula untuk menambahkan rasa pada jus mangga.

Q: Berapa lama waktu yang diperlukan untuk membekukan es jus mangga hingga kental? A: Waktu yang dibutuhkan untuk membekukan es jus mangga hingga padat bisa berbeda-beda tergantung pada suhu freezer. Secara umum, diperlukan waktu minimal 4-6 jam untuk membekukan es jus mangga dengan baik.

Q: Bisakah saya menggunakan es batu biasa sebagai pengganti es jus mangga? A: Penggunaan es batu biasa akan menghasilkan minuman yang lebih encer dan kurang konsisten dibandingkan dengan es jus mangga yang dibuat dengan cara mencampurkan jus mangga yang dihaluskan ke dalam nampan es batu, lalu dibekukan.

Q: Apakah es jus mangga dapat disimpan dalam freezer untuk waktu yang lama? A: Es jus mangga dapat disimpan dalam freezer selama beberapa hari, namun akan lebih baik jika dikonsumsi dalam waktu yang lebih singkat untuk mendapatkan rasa yang segar.

Referensi : 

1.   8 Cara Membuat Jus Mangga yang Kekinian, Segar dan ….  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari www.liputan6.com 

2.   6 Contoh Teks Prosedur Membuat Minuman Jus, Lengkap ….  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari www.bola.com 

3.   Jus mangga mengkel atau mangmud (mangga muda).  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari cookpad.com 

Baca Juga :  Resep Risol Bihun: Enaknya Bikin Sendiri di Rumah

4.   Resep Es Potong Mangga oleh Ratih Sukardi.  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari cookpad.com/id/resep/16708546-es-potong-mangga 

5.   7 Resep Kreasi Minuman Olahan Mangga, Segar dan Sehat.  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari www.bola.com 

6.   7 resep jus mangga #enakan bikin sendiri enak dan mudah.  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari cookpad.com 

7.   Resep Jus Mangga Yang Super Segar Dan Sehat.  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari www.fimela.com 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan