Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Terong Balado, Masakan Sederhana dengan Citarasa Nusantara yang Menggugah Selera

Resep Terong Balado, Masakan Sederhana dengan Citarasa Nusantara yang Menggugah Selera

Terong Balado (3)

Resep terong balado

Resep Terong Balado, Masakan Sederhana dengan Citarasa Nusantara yang Menggugah Selera

Resep terong balado sepertinya menjadi salah satu menu masakan Nusantara yang mudah menemukannya di warung atau rumah makan.

Bukan hanya tempat makan khas Jawa saja, tetapi juga khas Betawi, Sunda, atau bahkan rumah makan Padang. Tentu saja masing-masing menyajikan terong balado dengan citarasanya sendiri yang semuanya menggugah selera.

Anda sekalian juga bisa memasak terong balado ala rumahan sendiri dengan bahan dan bumbu sederhana.

Terutama Anda yang suka mengkonsumsi terong sudah seharusnya coba memasak resep terong balado seperti yang diuraikan selengkapnya berikut.

Bahan-bahan

  1. 10 buah terong ungu ukuran sedang
  2. 1 sendok teh garam
  3. Air secukupnya
  4. Kaldu bubuk secukupnya
  5. Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang ditumbuk kasar

  1. 10 buah cabai merah besar
  2. 5 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  3. 1 buah tomat merah
  4. 5 butir bawang merah
  5. ½ sendok teh garam
  6. 1 sendok teh gula pasir
Baca Juga :  Resep Peyek Teri Balado Anti Gagal yang Mudah Membuatnya di Rumah

Cara memasak terong balado

Setelah semua bahan dan bumbu diatas lengkap disediakan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep terong balado dengan beberapa langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua terong ungu di bawah air mengalir, lalu potong bagian tangkainya. Setelah itu, belah menjadi dua tanpa putus. Lakukan semua terong seperti itu.
  2. Masukkan semua terong ke dalam wadah baskom, lalu beri air secukupnya dan garam. Aduk merata dan diamkan sekitar 5 menit saja. Angkat dan tiriskan.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menggoreng terong. Setelah minyak panas, masukkan semua terong ke dalam wajan dan goreng sekitar 1 – 2 menit hingga matang. Angkat dan tiriskan.
  4. Langkah berikutnya, panaskan wajan penggorengan lagi dan kurangi minyak goreng sisa menggoreng terong sebelumnya hingga tinggal sedikit karena hanya untuk menumis. Setelah minyak panas, masukkan semua bumbu yang sudah ditumbuk kasar ke dalam wajan. Tumis hingga harum.
  5. Setelah itu, masukkan semua terong goreng ke dalam wajan dan aduk merata hingga semua bumbunya tercampur.
  6. Jangan lupa mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika dirasa masih kurang sedap, silahkan tambahkan kaldu bubuk secukupnya, lalu aduk merata lagi. Setelah matang, matikan kompor dan masakan siap disajikan.
  7. Siapkan piring saji untuk plating, lalu tuangkan masakan terong balado yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Siapkan juga nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Wah, Memasak dan Menyantap Ayam Goreng Lengkuas Sambal Ijo Memang Sangat Memuaskan

Akhirnya, resep terong balado selesai dimasak seperti beberapa langkah yang diuraikan diatas. Anda yang berminat jangan ragu untuk coba memasaknya di rumah karena rasanya sedap. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan