Jumat, 02 Oktober 2020

Lebih Dekat di Air Terjun Putri Malu, Surga Tersembunyi di Way Kanan

Air Terjun Putri Malu



Air terjun putri malu merupakan sajian menarik yang bisa kamu kunjungi saat pergi ke Lampung. Penyebutan nama untuk objek wisata ini cukup unik, bila dilihat dari kejauhan. Tampak alirannya seperti melengkung, kalau dilihat lebih dalam lagi mirip dengan orang yang sedang mandi.

Dari bentuk yang malu-malu inilah warga sekitar menyebutnya sebagai Putri Malu. Debit airnya cukup deras, mengundang keindahan bagi wisatawan yang datang berkunjung. Hati-hati, jangan pernah mendekatnya kalau tak ingin basah. Kekuatan anginnya pun cukup kencang, bagi yang bawa anak-anak harap dijaga dengan baik.

Surga Tersembunyi  di Way Kanan

Banyak wisatawan mengatakan kawasan ini adalah surga tersembunyi paling cocok untuk melepas penat. Air terjunnya diapit oleh tebing yang tampak megah dan mengesankan. Bebatuan dan aliran sungainya sangat jernih. Waktu terbaik mengunjungi Air Terjun Putri Malu adalah siang hari sekitar pukul 1 siang.

Setibanya di tempat ini suasananya sangat berbeda. Sejuk, tenang, hingga membuat kamu enggan untuk segera beranjak dari sini. Ketinggiannya kurang lebih 90 meter, membuatnya begitu sempurna bila dijadikan sebagai salah satu spot foto. Sayangnya, belum dikelola dengan baik.

Sehingga, belum tersedia sarana toilet, warung makan, dan mushola. Jadi, disarankan untuk membawa perbekalan terutama air minum dan makanan. Tetapi, jangan lupa buang ke tempatnya, atau setidaknya kamu bawa tas untuk tempat sampah. Jangan kotori alam indah putri malu dengan kantong plastik, kertas, dan barang yang sulit terurai oleh alam.

Aktivitas lain selain duduk dan bermalas-malasan adalah berenang dan mandi. Airnya dingin dan menyegarkan. Bila tidak ingin basah, bisa menikmati kawasan ini dengan pesta kebun. Bawa semua makanan, minuman, cemilan, termasuk tikar. Cari tempat datar dan nikmati perbekalan kamu.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Air Terjun Putri Malu terletak di Desa Juku Batu, Kecamatan Banjit, Kabupaten Way kanan, Lampung. Jaraknya kurang lebih 190 kilometer dari Kota Bandar Lampung. Kami sarankan bila kamu berasal dari luar menggunakan bus saja. Lebih efektif dibandingkan dengan pesawat atau pun kapal.

Karena, jaraknya sangat jauh dari pelabuhan atau pun bandara. Tetapi, lebih baik lagi bila menggunakan kendaraan pribadi. Hanya saja, 8 kilometer sebelum sampai di lokasi kamu yang naik mobil harus turun. Jalanan sempit, tidak memungkinkan dilewati oleh kendaraan roda 4.

Anda tidak perlu berjalan kaki, di titik ini sudah dikelola tour guide yang harganya Rp100.000,- per orang. Mereka tidak hanya mengantarmu dari pos menuju ke lokasi menggunakan kendaraan pribadi saja. Melainkan, menjadi penunjuk jalan agar tidak nyasar menuju ke titik lokasi.

Mungkin, bagi sebagian wisatawan angka Rp100.000,- cukup mahal. Tetapi, dengan seluruh pesonanya mulai dari perkebunan kopi. Serta, pesona naik turunnya kontur jalan, membuat apa yang kamu keluarkan akan jadi seimbang. Kami sarankan menggunakan masker. Karena debu banyak sekali.

Bila datang saat musim penghujan, jalanan basah. Sehingga lebih mirip seperti off-road. Sungguh, sangat menyenangkan bisa datang dan berkunjung ke Air Terjun Putri Malu ini. Usahakan datang saat musim pancaroba, dari hujan ke kemarau. Agar debit air masih deras dan jernih.

Perjalanan Tak Terlupakan

Air terjun putri malu adalah sajian terindah di lampung. Mempunyai pesona tiada tara, bahkan sejak awal datang sampai pulang keindahan tidak akan pernah ada habisnya. Kamera adalah barang wajib, jangan pernah sampai lupa. Bagi kamu yang ingin menginap, tidak jauh dari sini sudah tersedia beberapa penginapan.

Harganya mulai dari 200 ribu rupiah saja. Cocok digunakan untuk kamu para backpacker. Untuk mengunjungi kawasan ini lebih hari saat hari kerja. Pukul 10 pagi adalah waktu yang paling disarankan. Jangan datang terlalu sore, karena cukup berbahaya. Air Terjun Putri Malu pesona sempurna dari negeri lampung.

TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEPAT GAYA HIDUPMU
Disqus Comments