Minggu, 25 Oktober 2020

Resep Ayam Bakar Madu Pedas Manis Wuenak Poll

Resep Ayam Bakar Madu



Musim hujan sudah mulai mendatangi Indonesia di bulan November 2020 ini. Enaknya di musim hujan seperti ini membuat aneka hidangan yang hangat-hangat seperti wedang jahe apapun makanan yang menggugah selera.

Nah Makanan yang menggugah selera salah satunya adalah ayam bakar madu yang memiliki citarasa gurih empuk dan manis ini sangat tepat disandingkan ketika musim hujan datang.

Rasa ayam bakar madu ini menambah Adrenalin, karena pastinya terdapat menu sandingan seperti Sambal Matah yang begitu menggugah selera.

Dimakan dengan nasi hangat sambal akan terasa mantap nya apalagi kalau kalian memakan bersama keluarga tercinta pasti akan bertambah nafsu makannya.

Untuk membuat ayam bakar madu ini kalian bisa menggunakan ayam potong ataupun ayam utuh Jadi kalau kalian keluarga besar ada baiknya menggunakan ayam utuh karena akan lebih nikmat dimakan rame-rame.

Untuk membuat ayam bakar madu ini memang gampang-gampang susah ya karena terdapat bumbu madu yang membikin ayam cepat gosong, namun ayam bakarnya belum matang sempurna.

Ada baiknya kalau kalian membakar ayam ini gunakan api sedang saja dan jangan terlebih dahulu diolesi semua bumbunya. Berikan olesan bumbu sepenuhnya pada tahap akhir saja agar ayam tidak gosong dan cita rasa ayam bakar madu menjadi lebih sempurna.

Ayam bakar madu ini tidak hanya disukai oleh orang dewasa ya. anak-anak juga suka kok dengan rasa ayam madu yang gurih dan manis ini.

Oke deh Tanpa panjang lebar Yuk kita coba membuat ayam bakar madu di rumah saja.

Bahan-bahan:

  1. 10 buah sayap ayam atau 1 ayam utuh

Bumbu:
  1. 3 sdm minyak goreng
  2. 3 siung bawang putih, parut
  3. 2 sdm air jeruk nipis/lemon
  4. 4 sdm saus tomat
  5. 4 sdm kecap manis
  6. 150 ml madu
  7. 1 sdt merica hitam butiran, memarkan agak halus
  8. 1 sdt garam

Pelengkap:
  • Sambal tomat
  • Lalapan sayur

Pastikan semua bahan-bahan di atas sudah ada di meja dapur. karena bahan-bahan di atas untuk membuat ayam bakar madu yang super enak.

Cara membuat:

  1. Langkah pertama untuk membuat ayam bakar madu super enak adalah memotong masing-masing sayap ayam jika kalian menggunakan ayam utuh. Tuang ujung ayam yang runcing agar tidak cocok di mulut.  sebagai pilihan kalian bisa memotong ayam utuh tadi menjadi dua bagian atau beberapa bagian tergantung selera.
  2. Siapkan wadah dan taruh bumbu-bumbu yang sudah kalian siapkan tadi ke dalam wadah campur menjadi satu dan aduk aduk hingga merata.
  3. Beri potongan ayam yang sudah kalian siapkan tadi dengan bumbu tipis-tipis saja agar nanti ketika dipanggang tidak mudah gosong. Kemudian diamkan kurang lebih 1 jam.
  4. Siapkan pemanggang atau oven. Susun ayam yang sudah kalian Bombay tadi Ke dalam loyang dan beri jarak agar ayam matang sempurna.
  5. Masukkan ayam ke dalam pemanggang kurang lebih 20 sampai 30 menit dan selalu pastikan bolak-balik ayam agar atas-bawah matang sempurna.
  6. Setelah ayam di rasa sudah hampir matang yang ambil ayam di dalam oven dan olesi lagi bumbu dengan sempurna.
  7. Panggang lagi ayam jam sampai bumbu meresap dan benar-benar matang.
  8. Angkat ayam dalam oven dan sajikan selagi hangat.

Tips:

Untuk memanggang atau membakar ayam bakar madu ini kalian bisa menggunakan panggang dengan api ataupun dengan oven catatan yang terpenting dalam proses pemanggangan adalah gunakan suhu yang tidak begitu panas atau dengan api sedang. Di sini ayam bakar madu mengandung gula yang sangat mudah untuk gosong, namun ayam bakar belum matang.
Kalian bisa mengoleksi lagi dengan bumbu kalau masih ada jadi oleskan ketika ayam masih panas.
Sajikan dengan nasi hangat nasi liwet dan sambal mata pasti rasanya akan semakin nikmat.

Referensi Sajian Menyanding Ayam Bakar Madu :
Disqus Comments