Minggu, 25 Oktober 2020

Resep Papeda, Jajanan Sekolahan yang Sehat

Resep Papeda



Ketika anak-anak kita bersekolah pasti suka dengan makanan satu ini, yaitu Papeda. Papeda sendiri adalah jajanan khas Indonesia timur, namun orang jawa memodifikasinya ada yang menggunakan sagu dan tidak menyebutnya menjadi cilung.

Papeda sendiri memiliki bahan utama seperti sagu, telur, keju, saus dan mayones. Nah, perpaduan seperti ini sangat disukai anak-anak ya moms, apalagi anak SD. Tekstur dari Papeda sendiri adalah gurih, kenyal dan bergizi.

Manfaat dari olahan makanan satu ini sangat banyak sekali ya moms, jajanan sekolah yang satu ini sangat banyak nutrisi bagi tubuh seperti kaya akan serat pangan, rendah kolesterol dan tinggi protein. Kemudian olahan sagu sendiri adalah untuk mengatasi pengerasan pada pembuluh darah, perut kembung dan sakit pada ulu hati.

Yang tidak kalah bagus lagi manfaatnya adalah sebagai probiotik yang bagus untuk imunitas sistem kekebalan tubuh anak-anak. Mampu menekan berat badan dan resiko obesitas, kanker usus dan penyakit paru-paru.

Spesialnya lagi, papeda juga berfungsi sebagai prebiotik, meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi risiko kanker usus dan paru-paru, serta risiko obesitas. Sehat banget, ya?


Bergizi dalam artian, bahan-bahan yang dipakai sesuai dengan yang tertera di atas tanpa perasa buatan. Nah, jika mama bingung makanan diluar sehat atau tidak, tenang saja bisa kok membuat Papeda dirumah aja.

Alat serta bahan yang dibutuhkan pun tidaklah sulit, sangat sederhana dan mudah.

Bahan-bahan yang harus disiapkan

  1. 50 gram tepung beras
  2. 50 gram tepung sagu
  3. 200 ml air
  4. ½ sendok teh daun bawang, iris tipis
  5. Telur puyuh secukupnya
  6. Garam secukupnya
  7. Lada secukupnya
  8. Mentega secukupnya
  9. Penyedap rasa secukupnya
  10. Saus sambal (opsional)

Cara membuat papeda Mantap

  1. Untuk membuat Papeda yang enak, langkah-langkahnya tidak sulit kok moms. Seperti mencampurkan tepung Sagu, tepung beras, garam, air, daun bawang dan lada dalam satu wadah. aduk-aduk sampai merata.
  2. Siapkan teflon, lumuri dengan margarin. Tuangkan telur puyuh utuh ke dalam teflon dan orak-arik menggunakan lidi atau garpu. kemudian tuangkan adonan tepung ke dalam teflon, ratakan sampai memenuhi teflon.
  3. Mama bisa menambahkan dengan penyedap rasa di atas adonan tepung tadi. Untuk optional, mama bisa menambahkan sambal di atas adonan tadi.
  4. Gulung Papeda menggunakan tusuk sate, angkat dan tiriskan.
  5. Papeda khas abang-abang sekolahan yang sehat siap dihidangkan.
Disqus Comments