Minggu, 27 September 2020

7 Langkah Mudah Buat Sate Lilit Ayam

Sate Lilit Ayam



Salah satu makanan yang lagi ngehits di Bali adalah Sate Lilit. Sate Lilit ini sangat enak empuk,dan gurih karena perpaduan beberapa rempah asli Indonesia yang terkenal sangat kaya akan bahan pangan buminya.

Sate Lilit sendiri dapat diolah dengan berbagai macam daging seperti daging sapi, babi, ikan dan yang paling populer adalah daging ayam. Varian daging ayam memang sangat cocok untuk masyarakat Indonesia, karena harganya yang murah, halal serta rasanya pas ketika digigit. Tidak keras seperti daging Sapi.

Makanan satu ini sangat cocok disajikan dengan sambal matah atau sambal uleg lainnya, karena perpaduan gurih dan sambal akan menambah nafsu makan ya moms. 

Oke deh, tanpa berlama-lama lagi. yuk kita coba buat Sate Lilit Ayam dirumah aja.

Bahan-bahan Sate Lilit Ayam :

  1. 300 gram ayam dada, potong dadu
  2. 50 gram kelapa parut, sangrai
  3. 50 ml santan kental
  4. 1 sdt asam Jawa
  5. 1 batang serai, geprek dan iris halus bagian putihnya
  6. 2 lembar daun salam
  7. 2 lembar daun jeruk
  8. 10-15 batang serai, untuk tusukan sate

Bumbu halus:

  1. 3 buah cabai merah
  2. 10 buah cabai rawit
  3. 5 butir bawang merah
  4. 3 siung bawang putih
  5. 3 cm kunyit, bakar
  6. 2 cm jahe
  7. 1,5 sdt terasi, bakar
  8. 4 butir kemiri, sangrai
  9. 1 sdm gula palem
  10. Garam secukupnya
  11. Lada hitam secukupnya
  12. 2 sdm minyak kelapa

Langkah-langkah membuat Sate Lilit Ayam khas Bali :

  1. Haluskan semua bahan-bahan bumbu halus seperti cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, terasi, kemiri, gula jawa, garam, lada hitam, dan minyak kelapa. Bisa menghaluskan menggunakan Blender.
  2. Setelah bumbu halus jadi, sekarang siapkan Teflon penggorengan.Tuangkan bumbu halus kesini dan tumis sampai harum, tambahkan santan, asam jawa, irisan serai, daun salam dan daun jeruk. aduk-aduk hingga merata. setelah itu angkat dan sisihkan.
  3. Haluskan daging ayam yang kalian siapkan tadi, bisa menggunakan jasa penggilingan atau food processor jika kalian punya di rumah. Setelah daging ayam halus, tuangkan ke dalam wadah dan campurkan dengan bumbu halus, kelapa parut dan aduk-aduk lagi sampai merata. Masukan kembali kedalam food processor atau jasa penggilingan.
  4. Tuangkan hasil gilingan yang sudah tercampur tadi. buat adonan menjadi bagian yang lebih kecil-kecil sesuai selera ( bisa sampai 15-20 adonan, sesuaikan dengan batang serai yang kalian siapkan ). Lakukan sampai bahan adonan ayam lilit habis.
  5. Tancapkan satu persatu adonan tadi ke dalam batang serai, lakukan hingga adonan habis.
  6. Siapkan pemanggang sate atau grill pan, jajarkan sate lilit ayam tadi ke pemanggang sampai habis, dan bakar sampai matang.
  7. Sate Lilit Ayam siap dihidangkan, lebih nikmat jika kalian sandingkan dengan sambal matah, nasi  dan makan ramai-ramai.



TOPWISATA.INFO | RSS TOPWISATA

TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEPAT GAYA HIDUPMU
Disqus Comments