Senin, 28 September 2020

Cara Mudah Bikin Ayam Tangkap Khas Aceh

Resep Ayam Tangkap



Aceh tidak hanya dikenal dengan pesona wisatanya saja. Melainkan, sajian kuliner yang bercita rasa tinggi, kaya akan rempah, salah satunya adalah Ayam tangkap. Dari tampilannya cukup unik dan berbeda dengan menu lainnya. Biasanya tampil rapi tetapi, makanan satu ini dibiarkan tidak beraturan.

Ayam sebagai bahan utamanya dipadukan dengan daun pandan dan Daun temurui. Bila Anda gigit teksturnya renyah, kaya akan bumbu. Nama masakan khas aceh ini diambil dari filosofi masyarakat Aceh. Di mana mereka selalu mengolah ayam, tetapi sebelum memasaknya mereka harus menangkapnya dahulu di pekarangan.

Menu satu ini biasanya dipadukan dengan nasi hangat dan sambal pedas. Bagi Anda yang ingin menikmatinya, tidak perlu jauh-jauh pergi ke Serambi Mekah. Cukup buat sendiri saja dari rumah. Bingung, bagaimana bahan dan cara membuatnya? Di bawah ini, akan kami  jelaskan secara lengkap mulai dari bahan hingga cara pembuatannya.

Bahan yang Diperlukan

  1. 1 ekor ayam lebih baik ayam kampung
  2. 8 tangkai daun temurui atau salam koja, Anda bisa membelinya di berbagai online shop
  3. 1 Cangkir air putih matang
  4. Minyak goreng secukupnya
  5. 4 Daun pandan

Bumbu yang Dibutuhkan

  1. 3 siung bawang putih dan bawang merah
  2. 2 cm jahe
  3. 2 buah cabe hijau
  4. 2 cm kunyit
  5. 5 buah cabe rawit
  6. Air asam jawa secukupnya
  7. 1 sendok teh makan garam

Cara Memasaknya

  1. Langkah pertama, potong ayam menjadi beberapa bagian, untuk ukurannya disesuaikan dengan keinginan Anda. Sebelum dimasak, lebih baik direbus dengan suhu air mendidih 100 derajat celcius dalam waktu 15 menit. Hal ini akan membunuh bakteri yang mungkin menempel.
  2. Rendam sebentar dengan perasan air jeruk.
  3. Haluskan semua bumbu seperti, kunyit, jahe, dan garam kemudian larutkan dengan air kurang lebih 200 ml.
  4. Setelah semua tercampur rata, masukkan ayam yang sudah dipotong ke dalam bumbu rendam kurang lebih 5 menit sampai 10 menit sampai bumbu meresap sempurna ke dalam Ayam.
  5. Panaskan minyak, kemudian goreng ayam. Untuk hasil yang lebih baik, usahakan ayam tercelup semua ke dalam minyak. Gunakan api kecil hingga sedang.
  6. Jangan goreng ayam sempurna, setidaknya sebelum matang angkat.
  7. Goreng daun pandan dan temurui jangan terlalu kering, kemudian angkat.
  8. Langkah terakhir adalah goreng kembali ayam, bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe hijau dan daun kering tersebut menggunakan minyak sedikit. Gunakan api kecil agar tidak gosong, selanjutnya angkat dan tiriskan.
  9. Sediakan piring, untuk tampilan yang baik, letakkan ayam di atas daun kering, selanjutnya, tabur kembali daun kering di atas ayam.
  10. Menu makanan ini paling nikmat disantap saat siang hari. Paling nikmat bila ditambahkan dengan sambal terasi atau sambal bawang.  Selamat mencoba dan menikmati sajian ayam tangkap khas Aceh.


Disqus Comments