Senin, 28 September 2020

Resep Bubur Madura Lengkap, Enak dirumah Saja

Resep Bubur Madura


Indonesia adalah negara agraris yang mempunyai banyak pertanian berupa padi dan menghasilkan beras. Dari produk inilah kreasi bubur bisa diciptakan. Termasuk, Bubur madura yang sudah mengalami banyak perkembangan dan perubahan mulai dari cara pembuatan, serta pengolahannya.

Mempunyai cita rasa manis, cocok digunakan untuk sarapan pagi. Menu satu ini memadukan antara bubur sumsum, candil, sagu mutiara dan ketan item. Makanan ini merupakan salah satu kuliner khas madura yang bisa Anda jumpai di sepanjang jalan atau alun-alun. Bahkan, di Kota Surabaya, Anda juga bisa menemukan sajian khas ini.

Sayangnya, berkunjung ke madura untuk menikmatinya langsung terlalu jauh. Cara terbaik untuk menikmatinya adalah membuat bubur madura sendiri dari rumah. Cara membuatnya tidak sulit semua bahan mudah didapatkan. Ini bahan yang harus Anda persiapkan dirumah dan cara lengkap memasaknya.

Bahan-Bahan

Bahan yang diperlukan memang cukup banyak mulai dari sagu mutiara, ketan hitam, candil, dan sumsum, berikut bahan yang dibutuhkan.

Bubur sagu mutiara

  1. 75 gram sagu mutiara
  2. 400 ml air
  3. Daun Pandan, kemudian di jus
  4. 100 gram gula pasir

Bubur ketan hitam

  1. 100 gram ketan hitam
  2. 750 ml air
  3. 40 gram ketan putih
  4. 100 gram gula merah

Bubur candil

  1. 2 sendok makan tepung beras
  2. Garam
  3. 150 gram gula merah
  4. 500 ml air
  5. 100 gram tepung ketan

Bubur sumsum

  1. 500 ml santan
  2. 50 gram tepung beras
  3. Daun pandan
  4. Daun suji
  5. Garam

Cara Memasak

  1. Pertama mulai dari bubur ketan hitam cuci bersih ketan hitam dan putih, kemudian campurkan keduanya rendam selama 1 hingga 2 jam.
  2. Kemudian, didihkan air terlebih dahulu masukkan ketan yang sudah direndam dan dicampur menggunakan api sedang kurang lebih selama 10 menit. Setelah matikan kompor diamkan kurang lebih selama 30 menit, tutup panci jangan dibuka biarkan tertutup.
  3. Masak kembali, dan tambahkan dengan gula. Tetap menggunakan api sedang dan jangan lupa diaduk agar tidak lengket dan gosong. Terus aduk sampai air terlihat sedikit. Jangan lupa dirasakan kembali, bila masih kurang enak tambahkan garam atau gula.
  4. Selanjutnya, langkah membuat bubur sumsum. Gunakan santan campur dengan tepung beras, garam, dan jus pandan, aduk secara merata hanya ½ saja.
  5. Bagian ½ lainnya rebus sampai mendidih dan jangan sampai pecah, larutkan tepung beras aduk sampai mengental.
  6. Untuk pembuatan bubur sagu mutiara didihkan air  terlebih dahulu kurang lebih 5 menit dan dicampurkan dengan mutiara. Matikan dan jangan biarkan panci tetap tertutup dan diamkan kurang lebih 30 menit. Langkah selanjutnya, masak kembali dan tambahkan gula, gara, serta diaduk selama 7 menit.
  7. Untuk membuat bubur candil, rebus air dan gula merah, campur tepung beras, garam dan tepung ketan. Lalu, tuang sedikit-sedikit adonan, bentuk bulatan.
  8. Rebus air gula merah, serta tambahkan tepung tapioka dan masukkan bulatan tersebut kemudian, aduk rata.
  9. Ada yang menambahkan dengan kinca caranya rebus air, gula  merah dan pandan. Tetapi, ada beberapa yang menggunakannya, ada juga tidak karena buburnya sudah manis. Fungsi dari pemberian kinca ini untuk menambah cita rasa manis dan tekstur
  10. Panaskan kembali santan tambah dengan gula dan garam, asal jangan sampai pecah
  11. Langkah terakhir, gabungkan semua buburnya kemudian, disiram dengan santan.
  12. Lebih nikmatnya lagi, bila cara penyajiannya menggunakan daun pisang. Jangan menggunakan piring. Kenikmatannya akan bertambah


Disqus Comments