Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat Lemper buat Suguhan Arisan Bunda

Membuat Lemper buat Suguhan Arisan Bunda

Membuat Lemper (2)

Membuat Lemper

Bahan-bahan:

  1. 500 gram beras ketan yang berkualitas.
  2. 500 ml santan segar.
  3. 1 sdt garam.
  4. 2 lembar daun pandan. Potong kecil-kecil.
  5. Potongan daun pisang secukupnya untuk membungkus makanan.

Bahan isian lemper:

  1. 2 sdm minyak sayur.
  2. 300 gram daging ayam rebus. Bagian dada. Kemudian suwir-suwir.
  3. 1 lembar daun salam.
  4. 3 lembar daun jeruk, iris halus.
  5. 1 cm lengkuas.
  6. 1 batang serai, memarkan.
  7. 250 ml santan segar.

Bumbu halus:

  1. 5 butir bawang merah.
  2. 3 siung bawang putih.
  3. 2 butir kemiri.
  4. ½ sdt merica.
  5. 1 sdt ketumbar.
  6. ½ sdt garam.
  7. ½ sdt gula pasir.

Langkah-langkah membuat jajanan tradisional khas indonesia Lemper

  1. Langkah pertama dalam membuat Lemper adalah menyiapkan ketannya. Mulailah dengan mencuci ketan hingga bersih, lalu rendam dalam air dingin selama 3 jam[1]. Setelah direndam, kukus ketan selama kurang lebih 30 menit[2]. Ini akan memastikan nasinya empuk dan lengket, cocok untuk membuat Lemper.
  2. Selanjutnya saatnya membuat isian Lempernya. Ada banyak jenis isian yang bisa digunakan, tapi salah satu pilihan yang populer adalah ayam. Untuk membuat isian ayamnya, mulailah dengan memasak fillet dada ayam dengan santan, bawang bombay, serai, daun jeruk, dan daun salam[3]. Masak isiannya hingga kering[4]. Setelah isiannya siap, saatnya merakit Lemper.
  3. Untuk merakit Lemper, ambil sedikit ketan lalu pipihkan hingga berbentuk persegi panjang. Letakkan sesendok isian di tengah nasi, lalu lipat nasi di atas isian hingga membentuk bentuk persegi panjang[5]. Gunakan tangan Anda untuk membentuk Lemper menjadi persegi panjang yang rapi dan kompak[6]. Bungkus Lemper dengan daun pisang agar tetap segar dan mencegahnya mengering[4]. Ulangi proses ini sampai semua nasi dan isian habis. Lemper dapat dinikmati sebagai camilan atau disajikan sebagai lauk bersama hidangan utama[7]. Kesimpulannya, pembuatan Lemper adalah proses sederhana dan memuaskan yang bisa dinikmati siapa saja. Dengan mengikuti langkah-langkah berikut, Anda bisa membuat Lemper yang lezat dan autentik yang pasti akan membuat teman dan keluarga Anda terkesan[8].

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Beras Ketan yang Tepat** – Gunakan beras ketan berkualitas tinggi untuk membuat lemper, karena tekstur dan rasanya akan lebih enak. Carilah jenis ketan atau ketan seperti ketan Thailand atau ketan Indonesia yang biasa digunakan untuk lemper. Varietas beras ini memiliki tekstur lengket alami saat dimasak sehingga cocok untuk dibentuk menjadi lemper.

Baca Juga :  Apa Resep Membuat Kue Kering Sus Cokelat

**Menyeimbangkan Pengisian** – Dapatkan lemper yang seimbang dan beraroma dengan memastikan isiannya dibumbui dengan baik. Isiannya biasanya terdiri dari suwiran ayam yang dicampur santan, serai, dan bumbu aromatik lainnya. Sangat penting untuk mencicipi dan menyesuaikan bumbu isian untuk memastikan isian memiliki keseimbangan rasa gurih, manis, dan aromatik yang tepat sebelum membungkusnya dengan beras ketan.

**Teknik Pembungkus yang Benar** – Kuasai seni membungkus lemper untuk memastikan bentuknya rapi dan kompak. Letakkan selembar daun pisang atau plastik wrap, letakkan sebagian ketan yang sudah matang di atasnya, lalu tambahkan isian dan bentuk menjadi persegi panjang atau silinder kompak. Gunakan bahan pembungkus untuk membungkus nasi dan isiannya dengan rapat, pastikan bentuknya aman dan seragam. Ini akan mencegah lemper hancur saat dikukus.

**Mengukus hingga Sempurna** – Kukus lemper dengan benar untuk mendapatkan tekstur yang ideal. Lemper yang sudah dibungkus dimasukkan ke dalam kukusan dan kukus hingga ketan empuk dan agak bening, tandanya sudah matang sempurna. Mengukus secara berlebihan dapat menyebabkan lemper menjadi lembek, sedangkan mengukus terlalu sedikit dapat menyebabkan ketan kurang matang dan keras.

**Penyimpanan dan Pemanasan Ulang** – Simpan lemper dalam wadah kedap udara setelah dingin hingga suhu ruangan. Untuk memanaskannya kembali, kukus lemper selama beberapa menit hingga matang seluruhnya. Hindari lemper yang dimasak dengan microwave, karena dapat membuat beras ketan menjadi keras dan kering. Teknik penyimpanan dan pemanasan ulang yang tepat akan membantu menjaga tekstur dan rasa lemper untuk pengalaman bersantap yang menyenangkan.

Baca Juga :  Resep Membuat Kue Pastel Renyah

FAQ

Q: Apa itu Lemper? A: Lemper adalah jajanan tradisional khas Indonesia yang terbuat dari beras ketan yang diisi daging ayam atau ikan, kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikukus.

Q: Bagaimana langkah-langkah membuat Lemper? A: Langkah-langkah membuat Lemper meliputi: – Menyiapkan beras ketan – Membuat isian, seperti daging ayam atau ikan yang telah dimasak dan dipadukan dengan bumbu khas – Merakit Lemper dengan cara membungkus beras ketan dan isian dengan daun pisang, lalu dikukus hingga matang.

Q: Apakah ada bahan-bahan tambahan yang bisa ditambahkan ke dalam Lemper? A: Selain daging ayam atau ikan, beberapa variasi Lemper juga menggunakan isian seperti telur, jamur, atau bahkan bumbu kacang. Beberapa juga menambahkan potongan daun bawang atau irisan cabai untuk memberikan rasa tambahan.

Q: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat Lemper? A: Waktu yang dibutuhkan untuk membuat Lemper bisa berbeda-beda tergantung pada jumlah yang dibuat serta pengalaman dalam membuatnya. Umumnya, proses persiapan beras ketan, isian, dan perakitan membutuhkan sekitar 1-2 jam, termasuk waktu proses pengukusan.

Q: Apakah Lemper bisa disimpan untuk beberapa hari? A: Lemper bisa disimpan dalam lemari pendingin dan akan tetap enak untuk dimakan dalam waktu 2-3 hari setelah dibuat. Pastikan untuk menyimpannya dalam wadah kedap udara agar kualitasnya tetap terjaga.

Referensi : 

1.   Simpel dan Praktis, Ini Resep Lemper Ayam yang Pulen ….  (n.d.)   Diperoleh February 7, 2024, dari www.halodoc.com 

2.   Resep Lemper Ketan Pulen oleh Ummu Alula.  (n.d.)   Diperoleh February 7, 2024, dari cookpad.com/id/resep/6709320-lemper-ketan-pulen 

Baca Juga :  Ketahui Resep Kue Bolu Pisang Yang Rasanya Enak

3.   Resep Isian lemper ayam nikmat oleh siti muryani.  (n.d.)   Diperoleh February 7, 2024, dari cookpad.com/id/resep/2498955-isian-lemper-ayam-nikmat 

4.   4 Cara Membuat Lemper agar Tidak Mudah Basi, Tips dari ….  (n.d.)   Diperoleh February 7, 2024, dari www.kompas.com 

5.   10 Cara Membuat Lemper Ketan Aneka Isian, Mudah ….  (n.d.)   Diperoleh February 7, 2024, dari www.merdeka.com 

6.   12 Cara Membuat Lemper yang Hasilnya Bagus, Rasanya ….  (n.d.)   Diperoleh February 7, 2024, dari www.liputan6.com 

7.   Resep Lemper Isi Ayam Yang Gurih Nan Lezat.  (n.d.)   Diperoleh February 7, 2024, dari www.fimela.com 

8.   5 Resep Membuat Lemper Aneka Rupa dan Isiannya.  (n.d.)   Diperoleh February 7, 2024, dari id.theasianparent.com/resep-lemper

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan