Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Praktis Lemper Abon Sapi, Sangat Enak Untuk Teman Santai dan Ngopi

Resep Praktis Lemper Abon Sapi, Sangat Enak Untuk Teman Santai dan Ngopi

Lemper Abon Sapi (1)

Resep Praktis Lemper Abon Sapi

Selain rasanya yang enak lemper abon sapi sangat cocok disantap saat istirahat sambil minum kopi.

Apalagi jika menggunakan bahan beras ketan kualitas terbaik dan pulen, akan terasa lembut di lidah. Ditambah dengan pembungkusnya yang berasal dari daun pisang, mampu memberi aroma harum yang sangat lezat.

Di Indonesia, lemper sudah lama jadi salah satu jajanan paling favorit di masyarakat. Biasanya makanan ini punya isian berupa cacahan daging ayam yang dimasak dengan aneka bumbu.

Tapi karena prosesnya agak merepotkan, maka banyak yang mengganti dengan abon sapi dan berikut ini resep beserta cara membuatnya.

Bahan Membuat Lemper Abon Sapi

Daftar bahan yang perlu disediakan untuk membuat masakan lemper abon sapi adalah sebagai berikut:

  1. 500 gram beras ketan
  2. 250 gram abon sapi
  3. 1/4 liter santan kelapa
  4. 1 batang serai, digrepek
  5. 2 lembar daun salam
  6. 1 lembar daun pandan, pilih yang masih segar
  7. 1/2 sendok teh gula pasir
  8. 1 sendok teh garam
Baca Juga :  Resep Baked Tuna Mayonnaise

Selain itu sediakan pula daun pisang untuk membungkus dan lidi dipotong kecil-kecil atau tusuk gigi jika tidak menemukan lidi.

Cara Memasak Lemper Abon Sapi

  1. Cuci sampai bersih beras ketan, kemudian rendam dalam air bersih selama 5 jam. Setelah itu tiriskan dan kukus selama 20 menit dan angkat lalu pindah dalam wadah.
  2. Didihkan santan kelapa bersama batang serai, daun pandan, gula pasir, dan garam lalu langsung angkat setelah matang.
  3. Tuang adonan santan ke dalam ketan, kemudian aduk sampai merata dan meresap, lalu diamkan sekitar 10 menit. Setelah itu kukus lagi selama 1 jam.
  4. Layukan daun pisang dengan cara dipanggang sebentar di atas api, kemudian buang tulang kerasnya dan potong selebar 50 sentimeter. Untuk setiap porsi lemper, butuh dua lembar daun.
  5. Bagi adonan ketan jadi 18 porsi dengan berat masing-masing 60 gram, kemudian pipihkan dan beri abon sapi pada bagian tengahnya. Selanjutnya tinggal dibentuk oval dan dibungkus dengan daun pisang serta diberi penguat dari lidi atau tusuk gigi pada kedua ujung bungkusan. Lakukan secara teliti agar ikatannya kuat dan tidak lepas.
  6. Kukus sekali lagi ketan yang sudah berada dalam bungkusan selama 10 sampai 15 agar semakin matang dan empuk. Selain itu boleh dipanggang di atas wajan selama selama beberapa menit sampai mengeluarkan aroma harum.
Baca Juga :  FRUIT MIX COOKIES, Sajian Kue Kering Tahun Baru

Dari persiapan bahan hingga matang dan siap santap, proses bikin sajian lemper abon perlu waktu kurang lebih dua jam kecuali untuk perendaman beras ketan.

Selain itu santapan ini bisa disimpan maksimal selama dua hari. Tapi apabila dimasukan dalam lemari pendingin, ketahanannya dapat mencapai tiga hari.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan