Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat Es Pisang Ijo, Sajian Segar Berbuka Puasa

Membuat Es Pisang Ijo, Sajian Segar Berbuka Puasa

Membuat Es Pisang Ijo (2)

Membuat Es Pisang Ijo

Bahan Pisang Ijo :

  1. 10 Buah Pisang Kepok/Pisang Tanduk/Pisang Nangka
  2. 600 Ml Air
  3. 150 Gram Tepung Beras
  4. 150 Gram Tepung Terigu
  5. 60 Gram Gula Pasir
  6. 65 Ml Santan Kental Instan
  7. 1/2 Sdt Garam
  8. Secukupnya Pasta Pandan

Bahan Bubur Sumsum :

  1. 750 Ml Air
  2. 100 Gram Tepung Beras
  3. 65 Ml Santan Kental Instan
  4. 1/2 Sdt Garam
  5. 2 Lembar Daun Pandan

Bahan Saus Santan :

  1. 65 Ml Santan Kental Instan
  2. 500 Ml Air
  3. 2 Lembar Daun Pandan
  4. 2 Sdm Tepung Maizena
  5. 1/2 Sdt Garam

Bahan Pelengkap :

  1. Secukupnya Sirup DHT Pisang Ambon/Cocopandan
  2. Secukupnya Susu Kental Manis

Proses pembuatan es pisang ijo

  1. Langkah pertama dalam membuat es pisang ijo adalah memilih dan menyiapkan pisang ijo [1]. Disarankan menggunakan pisang raja yang sudah tua, yang lebih manis dan teksturnya lebih lembut dibandingkan pisang yang masih muda. Pisang sebaiknya dikukus utuh dengan kulitnya selama kurang lebih 15 menit, lalu diangkat dan didinginkan sebelum dikupas [2]. Setelah pisang dikupas, pisang dapat dipotong kecil-kecil atau dibiarkan utuh, tergantung selera pribadi.
  2. Langkah selanjutnya adalah mencampur dan membekukan adonan pisang tersebut [3]. Untuk membuat adonannya, kombinasi tepung beras, tepung terigu, gula pasir, garam, dan santan diaduk menjadi satu dalam sebuah wadah [4]. Pisang yang sudah dikupas kemudian dilumuri campuran tepung dan ditusukkan pada tusuk sate sebelum dibekukan hingga benar-benar padat [5]. Pisang beku dapat disimpan di dalam freezer hingga siap disajikan.
  3. Langkah terakhir adalah menyajikan dan menikmati es pisang ijo [6]. Pisang beku dapat dikeluarkan dari freezer dan dimasukkan ke dalam mangkuk atau piring. Sirup pilihan, seperti sirup pisang Ambon, dapat di taburi di atasnya untuk menambah rasa [7]. Santan rebus juga bisa ditambahkan sebagai pelengkap [8]. Es pisang ijo merupakan makanan penutup menyegarkan dan lezat yang cocok disantap di cuaca panas. Hanya dengan beberapa langkah sederhana, siapapun bisa menikmati suguhan unik dan lezat ini di rumah.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Pisang Hijau yang Tepat** – Pilih pisang berwarna hijau keras dengan sedikit atau tanpa pewarna kuning. Pisang hijau mengandung lebih banyak pati dan lebih sedikit gula, yang penting untuk mencapai tekstur dan rasa es pisang yang diinginkan.

Baca Juga :  Resep Nasi Tim Ati Ampela yang Cocok Disajikan untuk Sarapan Pagi Keluarga

**Pematangan yang Tepat** – Biarkan pisang hijau matang pada suhu ruangan hingga menguning dengan bercak coklat. Proses ini mengubah pati menjadi gula, sehingga menghasilkan es pisang yang lebih manis dan lembut.

**Merebus Pisang** – Sebelum mengupas dan memblender pisang, rebus pisang dalam air mendidih selama beberapa menit. Ini akan membantu mengendurkan kulit dan membuatnya lebih mudah untuk dihilangkan. Selain itu, merebus pisang dapat meningkatkan rasa dan tekstur produk akhir.

**Menyeimbangkan Rasa** – Es pisang hijau mungkin mengandung banyak tepung, jadi pertimbangkan untuk menyeimbangkan rasanya dengan bahan-bahan seperti ekstrak vanila, madu, atau sedikit jus jeruk. Penambahan ini dapat meningkatkan cita rasa secara keseluruhan dan memberikan profil rasa yang lebih menyeluruh.

**Peningkatan Tekstur** – Untuk mendapatkan tekstur yang lebih halus, pertimbangkan untuk menambahkan sedikit santan atau krim ke dalam campuran es pisang. Ini dapat membantu menciptakan konsistensi yang lebih kental dan menambahkan sedikit kekayaan pada makanan penutup. Dengan mengikuti tips dan praktik terbaik ini, Anda dapat membuat es pisang hijau yang lezat dan lembut yang menonjolkan rasa unik pisang hijau sekaligus memastikan suguhan beku yang nikmat.

Pertanyaan Umum

Q: Bagaimana cara memilih dan menyiapkan pisang hijau untuk membuat es pisang ijo? A: Untuk membuat es pisang ijo, pilihlah pisang hijau yang masih muda dan belum terlalu matang. Kupas kulitnya dan potong-potong sesuai selera Anda. Pisang hijau yang dipilih sebaiknya memiliki tekstur yang agak padat dan sedikit masam.

Baca Juga :  Vla Puding Buah Segar, Kudapan Tekstur Lembut dan Kenyal

Q: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk mencampur dan membekukan campuran es pisang ijo? A: Bahan-bahan yang diperlukan untuk mencampur campuran es pisang ijo meliputi santan, gula merah atau gula pasir, daun pandan, dan garam. Setelah campuran tersebut siap, tuangkan campuran ke dalam cetakan es lalu bekukan dalam freezer.

Q: Bagaimana cara menyajikan es pisang ijo dengan baik? A: Setelah es pisang ijo beku, keluarkan dari cetakan dan sajikan dalam mangkuk. Es pisang ijo biasanya disajikan dengan siraman santan dan sirup merah. Anda juga dapat menambahkan potongan pisang, es serut, atau biji selasih sebagai hiasan.

Q: Apakah ada variasi atau tambahan bahan yang bisa ditambahkan ke dalam es pisang ijo? A: Ya, ada beberapa variasi atau tambahan bahan yang bisa ditambahkan ke dalam es pisang ijo sesuai selera. Beberapa contoh tambahan yang populer termasuk tapai singkong, kolang-kaling, dan es krim vanila. Anda bisa menambahkan bahan tambahan ini saat menyajikan es pisang ijo.

Q: Berapa lama es pisang ijo dapat disimpan dalam freezer sebelum disajikan? A: Es pisang ijo dapat disimpan dalam freezer selama 3-4 jam atau hingga benar-benar membeku. Pastikan untuk memeriksa konsistensi secara berkala. Jika es sudah cukup beku, Anda dapat mengeluarkannya dari freezer dan menyajikannya.

Referensi : 

1.   RESEP Es Pisang Ijo, Es Pisang Hijau Merupakan ….  (n.d.)   Diperoleh February 4, 2024, dari pontianak.tribunnews.com 

2.   Jenis Pisang Terbaik untuk Membuat Es Pisang Ijo, Pilih ….  (n.d.)   Diperoleh February 4, 2024, dari www.kompas.com 

3.   Resep Es Pisang Ijo, Menyegarkan untuk Berbuka.  (n.d.)   Diperoleh February 4, 2024, dari www.rri.co.id 

Baca Juga :  Resep Puding Merah Putih, Siap Rayakan Kemerdekaan RI

4.   Resep Es Pisang Ijo oleh Aliffia Hakim.  (n.d.)   Diperoleh February 4, 2024, dari cookpad.com/id/resep/2930553-es-pisang-ijo 

5.   20 Cara membuat es pisang cokelat, segar, enak, dan ….  (n.d.)   Diperoleh February 4, 2024, dari www.briliofood.net 

6.   Ini Cara Membuat Es Pisang Ijo Khas Makassar yang ….  (n.d.)   Diperoleh February 4, 2024, dari www.halodoc.com 

7.   Wajib Coba, 4 Tips Membuat Es Pisang Ijo Khas Makassar ….  (n.d.)   Diperoleh February 4, 2024, dari video.tribunnews.com 

8.   Resep Es Pisang Ijo Khas Makassar yang Legit Lembut.  (n.d.)   Diperoleh February 4, 2024, dari food.detik.com 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan