Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Bika Ambon lembut dan bersarang

Resep Bika Ambon lembut dan bersarang

Resep Bika Ambon (1)

Resep Bika Ambon

Cara membuat bika ambon

Untuk membuat bika ambon, ada beberapa bahan yang diperlukan. Menurut [1], bahan-bahan yang diperlukan antara lain 

  1. 200 gram tepung sagu, 
  2. 250 gram gula pasir, 
  3. 10 kuning telur, 
  4. 250 ml santan kental, 
  5. 50 ml air kelapa, 
  6. dan 1/2 sendok teh garam. 

Atau bisa juga menggunakan[2] bahan lain untuk membuat bika ambon :

  1. tepung terigu 300 gram, 
  2. tepung sagu 200 gram, 
  3. santan kental 600 ml, 
  4. 5 butir telur, 
  5. 1/2 sendok teh garam, 
  6. dan gula pasir 500 gram. 

Bahan-bahan inilah yang akan menjadi bahan dasar adonan bika ambon, yang kemudian dipanggang hingga sempurna.

Setelah bahan-bahan yang diperlukan sudah terkumpul, Anda bisa mulai membuat adonan bika ambon. Menurut [3], topwisata harus mulai dengan 

  1. Menambahkan telur yaitu, kuning telur, gula pasir, garam, dan bubuk vanila ke dalam mangkuk pencampur. 
  2. Aduk bahan hingga mengembang, lalu tambahkan tepung sedikit demi sedikit ke dalam adonan. 
  3. Lanjutkan mengaduk hingga adonan halus dan konsisten. kemudian mencampurkan semua bahan cair dan masak hingga didihkan, lalu kocok telur dan mentega cair hingga halus. Terakhir masukkan adonan pertama, lalu aduk hingga tercampur rata.

Setelah membuat adonan, langkah selanjutnya adalah memanggang bika ambon hingga matang sempurna. 

  1. Menurut topwisata [5], sebaiknya rebus santan kental bersama daun pandan dan daun jeruk hingga matang dan sedikit berminyak. 
  2. Biarkan dingin, lalu masukkan tepung terigu, air, dan adonan pertama. 
  3. Aduk rata hingga adonan halus dan konsisten. Topwisata juga menyarankan untuk menggabungkan tepung dengan ragi dan diaduk rata. 
  4. Tambahkan air kelapa lalu aduk kembali hingga rata, lalu diamkan adonan selama 15 menit. 
  5. Setelah adonan siap, tuang ke dalam loyang yang sudah diolesi minyak dan panggang dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya hingga bika ambon matang. 
Baca Juga :  Tantangan MasterChef, Monte Cristo Sandwich, Ini Resepnya

Dengan langkah-langkah berikut ini, Anda bisa membuat bika ambon lezat yang pasti akan membuat keluarga dan teman Anda terkesan.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Pilih Bahan Berkualitas** – Gunakan tepung terigu, telur, gula pasir, dan santan berkualitas tinggi untuk memastikan tekstur dan rasa terbaik pada bika ambon Anda. Bahan-bahan segar dapat mempengaruhi rasa akhir kue secara signifikan.

**Kontrol Proses Fermentasi** – Fermentasi yang tepat sangat penting untuk tekstur sarang lebah yang unik di bika ambon. Pastikan adonan dibiarkan berfermentasi di tempat yang hangat dan bebas angin selama jangka waktu yang sesuai, biasanya sekitar 8-12 jam, untuk mencapai hasil yang diinginkan.

**Pantau Suhu Memanggang** – Bika ambon memerlukan pemanggangan yang tepat pada suhu yang relatif rendah untuk mencegah gosong dan memungkinkan kue mengembangkan struktur berpori yang khas. Perhatikan baik-baik suhu oven, biasanya sekitar 325°F (160°C), dan gunakan termometer oven untuk keakuratannya.

**Gunakan Daun Pandan atau Essence untuk Penyedap Rasa** – Untuk cita rasa asli Indonesia, masukkan daun pandan atau sarinya ke dalam adonan. Pandan menambahkan aroma bunga yang halus dan warna hijau yang menyenangkan pada kue, meningkatkan daya tariknya secara keseluruhan.

**Kuasai Teknik Melipat** – Saat memasukkan campuran tepung ke dalam bahan basah, gunakan teknik melipat perlahan untuk menjaga kelembapan adonan. Pencampuran yang berlebihan dapat mengempiskan gelembung udara sehingga menghasilkan bika ambon yang lebih padat. Dengan mengikuti tips dan praktik terbaik ini, Anda dapat membuat bika ambon yang lezat dan menarik secara visual yang mencerminkan esensi dari suguhan tradisional Indonesia ini.

Baca Juga :  Resep Abon Sapi yang Direkomendasikan Ini Harus Anda Ketahui

FAQ

Q: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bika ambon? A: Bika ambon membutuhkan tapioka atau sagu, tepung terigu, gula pasir, santan, telur, dan ragi roti untuk fermentasinya.

Q: Bisakah anda memberikan langkah-langkah membuat adonan bika ambon? A: Untuk membuat adonan bika ambon, Anda perlu mencampurkan tapioka atau sagu, tepung terigu, gula pasir, santan, dan telur. Kemudian tambahkan ragi roti untuk fermentasi dan diamkan adonan selama beberapa jam hingga terfermentasi dan mengembang.

Q: Bagaimana cara memanggang bika ambon dengan sempurna? A: Untuk memanggang bika ambon dengan sempurna, panaskan oven, tuang adonan ke dalam cetakan kue, dan panggang dengan suhu yang tepat hingga kue matang dan berwarna keemasan. Penting untuk memantau proses pemanggangan untuk memastikan kue tidak terlalu matang atau terlalu matang.

Q: Apa saja rasa tradisional bika ambon? A: Rasa tradisional bika ambon antara lain pandan dan pisang. Namun, variasi modern mencakup rasa seperti durian, keju, dan coklat.

Q: Mengapa bika ambon populer? A: Bika ambon populer karena teksturnya yang unik, rasanya yang manis, dan makna budaya yang dimilikinya dalam masakan Indonesia. Ini telah menjadi makanan penutup favorit baik penduduk lokal maupun wisatawan yang berkunjung ke Indonesia.

Referensi : 

1.   Resep Bika Ambon Lembut dan Bersarang, Aroma Daun ….  (n.d.)   Diperoleh January 7, 2024, dari www.kompas.com 

Baca Juga :  Resep Balado Baby Cumi Pete yang Sedap Berikut Harus Anda Coba di Rumah

2.   Bisa Dijual atau Konsumsi Sendiri, Coba Resep Bika ….  (n.d.)   Diperoleh January 7, 2024, dari www.blibli.com/friends/blog/resep-bingka-ambon-06/ 

3.   Resep Bika Ambon Khas Medan yang Bersarang.  (n.d.)   Diperoleh January 7, 2024, dari www.merdeka.com 

4.   10 Cara Membuat Bika Ambon Khas Medan, Kenyal dan ….  (n.d.)   Diperoleh January 7, 2024, dari www.liputan6.com 

5.   7 Resep Bika Ambon yang Legit dan Dijamin Nagih!.  (n.d.)   Diperoleh January 7, 2024, dari www.orami.co.id/magazine/bika-ambon 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan