Selasa, 04 Agustus 2020

Fuyunghai ala Solaria, bisa kok #dirumah aja : Resep & Bahan

Resep Fuyunghai


Memang bagi orang yang kurang suka masakan china, mengenal kata makanan Fuyunghai tentunya masih penasaran. Makanan seperti apa ini ? Apakah cocok untuk lidah orang Indonesia.

Eits…. Makanan asal china ini sudah lama di Indonesia dan suka memiliki banyak penggemar, baik itu dari kalangan keturunan cina maupun orang Indonesia Pribumi sendiri. Fuyunghai saat ini tidak hanya di jual di restoran-restoran cina saja. Banyak kok restoran lokal yang menjual makanan seperti ini.

Fuyunghai memiliki beragam cita rasa, mulai dari isi sayuran, daging ayam sampai isi udang. Fuyunghai sendiri sangat enak disajikan di tengah keluarga ketika ada acara-acara berkumpul bersama. Karena makanan ini sangat cocok untuk lidah semua kalangan.

Kalian bisa kok membuat makanan ini dirumah aja, dan memiliki cita rasa yang mirip dengan restoran-restoran ternama, asalkan harus dilakukan dengan tepat ya.

Oke deh, tanpa berlama-lama. Yuk kita praktekan cara membuat Fuyunghai dirumah aja.

Dalam pembuatan makanan asli china ini, kita harus mempersiapkan berbagai bahan rempah yang beragam. Kemudian terbagi lagi menjadi dua bagian yaitu adonan Fuyunghai dan Saus Fuyunghai.

Resep dan Bahan membuat Fuyunghai berbahan daging ayam dan kepiting.


Bahan Adonan Fuyunghai

  1. 150 gram daging ayam, pilih daging ayam yang bagian dada dan punggung. Karena prosentase dagingnya lebih kenyal. Cincang halus semua daging.
  2. 150 gram daging kepiting segar
  3. 12 buah telur ayam atau telur bebek sesuai selera
  4. 300 gram wortel segar
  5. 100 gram kol 
  6. 2 lembar daun sawi
  7. 2 pcs daun bawang segar
  8. 4 pcs bawang putih ukuran besar
  9. Secukupnya garam dapur beryodium
  10. ½ sendok teh merica bubuk
  11. Secukupnya gula pasir
  12. 3 sendok makan tepung terigu
  13. 3 sendok makan tepung beras
  14. Minyak goreng secukupnya

Nah, setelah bahan-bahan adonan Fuyunghai diatas sudah kalian siapkan. Kali ini kita tinggal menyiapkan bahan sausnya. Saus Fuyunghai ini adalah teman yang tepat ketika makan Fuyunghai ya, karena dengan siraman asam manisnya akan menambah kenikmatan di setiap gigitannya.

Bahan Saus Asam Manis

  1. 1 buah bawang bombay
  2. 2 sdm sendok makan kecap manis
  3. ½ sendok makan gula pasir
  4. 400 ml air
  5. 1 sendok tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan air
  6. ¼ sendok teh merica bubuk
  7. ¼ sendok teh garam
  8. 2 sendok teh kecap inggris
  9. 125 gram saus tomat
  10. ½ sendok teh cuka
  11. 100 gram kacang polong
  12. 2 sendok makan margarine untuk menumis
  13. 3 buah cabai merah

Cara Membuat Fuyunghai :

  1. Langkah pertama untuk membuat makanan enak asli China ini adalah mencampurkan semua bahan-bahan adonan diatas seperti daging ayam yang sudah di cincang, daging kepiting, telur ayam / bebek, dan cincang semua bahan sayur-sayuran. Selain minyak goreng.
  2. Bahan-bahan diatas kalian aduk-aduk hingga benar-benar merata, bisa menggunakan pengaduk atau meremas menggunakan jemari.
  3. Siapkan penggorengan dan panaskan minyak goreng. Gunakan api sedang agar adonan tidak mudah gosong.
  4. Goreng adonan Fuyunghai hingga berwarna kecoklatan ya, pastikan bolak-balik harus matang. Kurang lebih waktu menggoreng 10 menit. Kemudian angkat dan tiriskan.
  5. Adonan Fuyunghai sudah jadi, dan sekarang giliran membuat Saus asam manisnya.
  6. Tetap gunakan penggorengan tapi tidak menggunakan minyak goreng, berikan sedikit margarin untuk melumuri seluruh area penggorengan. Tumis bawang bombay dan cabai. kurang lebih 3 menit tercium bau harum dan saatnya menambahkan bahan lainnya seperti saus tomat, kecap inggris, merica, gula, dan garam.
  7. Aduk-aduk terus bahan saus tadi kurang lebih 5 menit dan tambahkan tepung maizena. Tunggu dan aduk-aduk sampai mengental.
  8. Setelah cukup kental, bisa dimasukkan kacang polong dan cuka. Aduk kembali sebentar, angkat setelah matang.
  9. Saus asam manis Fuyunghai sudah jadi. Kali ini tinggal memadukan Fuyunghai yang tadi dengan siraman saus asam manis yang menggoda selera. Sajikan selagi hangat.





TOPWISATA.INFO | RSS TOPWISATA

TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEPAT GAYA HIDUPMU
Disqus Comments