Jumat, 12 Juni 2020

Singkong Goreng Keju yang Empuk, Merekah : Resep, Tips & Cara

Singkong Goreng Keju




Melihat jajan yang ada di pinggir jalan memang sering buat kita ngiler ya. Apalagi jajan tersebut adalah makanan favorit kita seperti Singkong Goreng, tapi kita juga jangan lupa akan kebersihan makanan yang kita konsumsi.

Tidak hanya kebersihan, rasa dan kenikmatan cara pengolahannya juga harus kita nilai. Karena tidak semua penjual Singkong Goreng dipinggir jalan mampu membuat sajian yang gurih dan merekah. Sehingga empuk ketika masuk mulut.

Tidak sulit kok membuat olahan Singkong Goreng sendiri dirumah. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun sangat mudah didapat. Membuat singkong goreng sendiri dirumah tentunya kita sudah menyadari kualitas dan kebersihan masakan kita ya, jadi tidak perlu lagi untuk segera menyantap makanan kita.

Membuat Singkong Goreng atau Bahasa kerennya Pohong Goreng ini memang membutuhkan sedikit trik khusus agar hasilnya punel, empuk dan merekah dimulut. Ini nih tips untuk membuat Singkong Goreng yang enak dan Empuk.

Pilih singkong yang bagus


Yang menjadi acuan pertama adalah bahan baku utamanya, yaitu singkong harus benar-benar bagus. Pilih Singkong yang baru saja dipanen, padat segar dan terlihat tidak berjamur. Biasanya singkong seperti ini terlihat kulit arinya yang yang mengelupas.

Jika kalian memilih karakter singkong yang seperti ini, biasanya singkong tersebut cenderung emput dan merekah ketika dimasak.

Bahan-bahan Membuat Singkong Goreng

  1. 1 kg singkong besar
  2. 2 siung bawang putih
  3. 1 sdt ketumbar
  4. 1 ruas kunyit
  5. 1 Kotak Keju ( Tambahan )
  6. 1 Kaleng Susu Cream ( Tambahan )
  7. secukupnya garam
  8. air dingin+es batu

Cara Membuat Singkong Goreng :


  1. Kupas tuntas kulit singkong hingga terlihat putih, kemudian potong singkong menjadi bentuk yang lebih kecil
  2. Rendam Singkong untuk membersihkan dan menghilangkan sisa kotoran seperti tanah
  3. Kukus Singkong Kurang lebih 15 menit angkat dan tiriskan
  4. Kemudian Singkong tersebut masukan kedalam air es yang sudah dicampur dengan bumbu tambahan seperti Ketumbar, Garam, Kunyit dan Bawah Putih, agar Singkong Goreng lebih gurih
  5. Rendam Singkong tersebut kurang lebih 60 menit agar lebih marem. Proses ini terbilang penting, agar singkong ketika digoreng akan merekah
  6. Goreng Singkong tersebut dengan minyak yang cukup, agar Singkong tenggelam dan matang dengan sempurna. Proses ini adalah kunci bagaimana singkong bisa merekah dengan sempurna
  7. Metode deep frying ini akan membuat singkong memiliki permukaan yang garing dan renyah sedangkan bagian dalamnya lembut dan empuk.
  8. Kurang lebih 10 menit Singkong tersebut akan merekah, dan tiriskan
  9. Singkong siap disantap. Jika kalian ingin menambahkan parutan Keju dan susu, bisa ditambahkan diatas Singkong yang sudah didiamkan diatas wadah ya.

Nah itu tadi resep dan tips membuat singkong goreng yang enak dan merekah di mulut. Jadi kalian bisa membuat singkong goreng yang enak seperti jajanan pasar di rumah aja.






TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEMPAT WISATA TERPERCAYA
Disqus Comments