Skip to main content

Membuat Tahu Bulat Bumbu Balado, Renyah dan Krispi

Tina Farida

Membuat Tahu Bulat Bumbu Balado


Tahu bulat merupakan salah satu jenis jajanan yang biasanya dijual di pinggir jalan. Sedangkan jajanan jenis ini adalah makanan yang berupa olahan kacang kedelai yang dibuat menjadi tahu bulat yang berlubang. Tahu bulat ini cukup populer dikalangan masyarakat.

Sebab, tidak sedikit penjual jajanan ini yang berkeliaran di jalan. Biasanya mereka menjualnya dengan harga yang cukup murah, yaitu Rp. 500 rupiah per biji. 

Bahan dan pembuatanya pun juga tidak sulit. Sehingga mereka yang menjual dengan harga Rp. 500 rupiah tidak akan mengalami kerugian.  
Oleh sebab itu, bagi Anda yang ingin mencicipi jajanan ini, namun tidak ingin membelinya. Anda bisa membuatnya sendiri dirumah. Dalam hal ini Anda hanya perlu mempersiapkan bahan, sebagai berikut :

Bahan - Bahan Tahu Bulat

  1. Siapkan tahu putih secukupnya
  2. Jangan lupa siapkan kuning telur yang sudah terpisah dengan putihannya
  3. Bahan lain yang perlu disiapkan adalah tepung terigu, bubuk pengembang, ladaku, masako, garam, sasa, dan bumbu balado.

Bagaimana Cara Membuat Tahu Bulat dengan Bumbu Balado?

Setelah bahan – bahan di atas Anda siapkan, lalu Anda bisa membuatnya langsung dengan cara sebagai berikut :
  1. Cara pertama membuat tahu bumbu balado adalah meletakkan tahu putih yang sudah disiapkan ke dalam mangkuk atau wadah lainnya. Lalu, haluskan tahu tersebut menggunakan blender atau pun tangan. 
  2. Setelah tahu putih menjadi halus, kemudian campurkan beberapa bahan yang sudah disiapkan tadi. Seperti tepung terigu, kuning telur, bubuk pengembang, garam, lada, dan penyedap rasa lainnya. Jangan lupa bumbu tersebut diaduk secara merata hingga semua bumbu tercampur.
  3. Apabila semua bahan sudah tercampur dengan tahu putih, lalu bentuk tahu tersebut menjadi bulat dengan menggunakan 2 plastik.
  4. Jika tahu sudah berbentuk bulat, Anda bisa menggorengnya di wajan panas yang sudah terisi minyak.
  5. Lalu tunggu hingga tahu matang dan berwarna kecoklatan.
  6. Setelah matang, angkat tahu bulat dan letakkan pada wadah. Kemudian taburi tahu tersebut menggunakan bumbu balado.
 


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar