Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Bumbu Rendang Daging, salah satu makanan khas Lebaran

Resep Bumbu Rendang Daging, salah satu makanan khas Lebaran

Resep Bumbu Rendang Daging

Resep Bumbu Rendang Daging

Recipe By siti
Course: Pemula Cusine:Indonesia Difficulty:Mudah

Servings

4 minutes

Preparing Time

30 minutes

Cooking Time

60 minutes

Calories

450 kcal

INGREDIENTS

  1. daging sapi

  2. santan kental

  3. serai

  4. daun jeruk

  5. daun salam

  6. lengkuas

  7. jahe

  8. bawang merah

  9. bawang putih

  10. cabai merah

  11. cabai rawit

  12. ketumbar

  13. jintan

  14. merica

  15. cengkih

  16. kayu manis

  17. garam

DIRECTION

  1. Langkah pertama

    Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan bumbu yang akan dihaluskan, seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, ketumbar, jintan, merica, cengkih, dan lengkuas.

  2. Setelah itu

    Setelah itu, tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum, lalu masukkan daging sapi yang telah dipotong-potong ke dalam tumisan bumbu.

  3. Tuangkan

    Tuangkan santan kental dan tambahkan serai, daun jeruk, daun salam, jahe, dan kayu manis.

  4. Masak

    Masak rendang daging dengan api kecil hingga daging empuk dan bumbu meresap.

NOTES

Rendang daging adalah salah satu makanan khas Indonesia yang sangat populer di berbagai daerah. Rendang sendiri memiliki cita rasa yang khas dan bumbu rempah yang melimpah. Salah satu kunci dari kelezatan rendang daging adalah pada bumbu yang digunakan. Berikut ini adalah resep bumbu rendang daging yang bisa Anda coba di rumah.

Sejarah Rendang Daging

Rendang daging merupakan masakan tradisional Indonesia yang berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat. Masakan ini pertama kali disajikan pada acara adat seperti perkawinan, pertunangan, dan hari besar lainnya. Rendang daging memiliki cita rasa yang kaya akan rempah-rempah dan santan, sehingga membuatnya menjadi salah satu masakan terenak di Indonesia. Proses memasak rendang daging membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan daging yang empuk dan bumbu yang meresap dengan sempurna.

Baca Juga :  Cara buat Pempek Tanpa Ikan, Mudah dan Praktis

Bahan-bahan yang Diperlukan

Untuk membuat rendang daging, Anda memerlukan bahan-bahan seperti daging sapi, santan kental, serai, daun jeruk, daun salam, lengkuas, jahe, bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, ketumbar, jintan, merica, cengkih, kayu manis, dan garam secukupnya. Bumbu-bumbu tersebut akan memberikan aroma dan rasa yang khas pada rendang daging.

Langkah-langkah Pembuatan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan bumbu yang akan dihaluskan, seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, ketumbar, jintan, merica, cengkih, dan lengkuas. Setelah itu, tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum, lalu masukkan daging sapi yang telah dipotong-potong ke dalam tumisan bumbu. Tuangkan santan kental dan tambahkan serai, daun jeruk, daun salam, jahe, dan kayu manis. Masak rendang daging dengan api kecil hingga daging empuk dan bumbu meresap.

Tips Memasak Rendang Daging

Agar rendang daging yang Anda buat semakin lezat, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Pertama, gunakan daging sapi yang memiliki serat daging yang tebal agar saat dimasak, daging tidak mudah hancur. Kedua, pastikan Anda menggunakan santan kental agar rendang daging memiliki tekstur yang kaya akan rasa. Terakhir, jangan lupa untuk mencicipi dan tambahkan garam secukupnya agar rasa rendang daging menjadi pas di lidah.

Baca Juga :  Cara Buat Pancake Boba Ala Cafe

Kesimpulan

Rendang daging adalah salah satu masakan tradisional Indonesia yang memiliki rasa yang kaya akan rempah-rempah dan santan. Proses memasak rendang daging membutuhkan kesabaran dan ketelatenan agar daging empuk dan bumbu meresap dengan sempurna. Dengan mengikuti resep bumbu rendang daging di atas serta tips yang diberikan, Anda dapat membuat rendang daging yang lezat di rumah. Selamat mencoba!

FAQ (Frequently Asked Questions)

Berapa lama waktu yang diperlukan untuk memasak rendang daging? Untuk mendapatkan rendang daging yang empuk dan bumbu yang meresap dengan sempurna, Anda perlu memasaknya selama minimal 2-3 jam dengan api kecil.

Apakah saya bisa menggunakan daging ayam untuk membuat rendang? Meskipun rendang daging lebih umum menggunakan daging sapi, Anda juga bisa menggunakan daging ayam sebagai bahan pengganti. Namun, tekstur dan rasa rendang akan sedikit berbeda.

Haruskah saya menggunakan santan kental atau santan encer untuk rendang daging? Untuk mendapatkan tekstur rendang daging yang kaya akan rasa, disarankan untuk menggunakan santan kental. Santan encer cenderung membuat rendang kurang gurih dan kaya akan rasa.

Baca Juga :  Ide Jualan Mantap, Seblak Kering dan Mie Instan

Apakah rendang daging bisa disimpan dalam waktu yang lama? Ya, rendang daging bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama di dalam lemari es. Namun, pastikan untuk menyimpannya dalam wadah kedap udara agar rendang tetap awet dan tahan lama.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info