Rabu, 23 September 2020

Resep Membuat Bakpao Isian Coklat, Keju dan Daging

Resep Bakpao



Bakpao dari dulu sudah menjadi bagian dari jajanan khas di Indonesia, meskipun berasal dari negeri panda China. Namun sajian yang satu ini begitu diminati masyarakat Indonesia. Hal ini karena rasanya yang empuk, kenyal serta berisi daging yang lezat.

Sehingga banyak masyarakat yang suka dengan olahan kue Bakpao. Bakpao sendiri adalah salah satu kata-kata yang berasal dari cina, dimana kata Pao artinya bungkusan dan Bak adalah daging. Jika dirangkai menjadi kata, maka Bakpao adalah Bungkusan yang berisi daging.

Bakpao sendiri masuk dalam kategori roti, karena terbuat dari tepung serta memiliki citarasa yang manis, gurih, empuk dan kaya sumber protein dari daging. Jika kalian ingin membuat Bakpao yang enak kenyal ini dirumah saja, tetep bisa kok moms.

Bahan-bahan yang dibutuhkan pun tidaklah sulit, cukup menggunakan bahan seperti tepung, mentega dan gula. Kemudian peralatan dapur yang digunakan pun sangat sederhana. Ini resep membuat Bakpao referensi dari Brilio.net

1. Bakpao Isian Daging

Bahan-bahan Pao / Bungkusan :

  1. 400 gr terigu cakra
  2. 1 sdm ragi instan
  3. 200 ml air hangat kuku
  4. 1 sdm penuh mentega putih
  5. 1 sdm penuh gula pasir


Bahan isian / Bak :

  1. 250 gram daging (ayam atau sapi) dicincang
  2. 1 buah bawang bombay iris
  3. 5 butir bawang merah iris
  4. 7 butir bawang putih tumbuk kasar
  5. kecap manis
  6. kecap asin
  7. saus tiram secukupnya
  8. garam, 
  9. gula pasir
  10. lada bubuk secukupnya
  11. air bersih sedikit

Cara membuat Bakpao :

  1. Langkah pertama untuk membuat Bakpao sederhana yang enak adalah tumis bawang merah dan bawang bombay sampai harum. Kemudian masukan daging yang sudah dicincang tadi ke dalam wajan, aduk-aduk sedikit kemudian tambahkan saus tiram, kecap, lada bubuk, gula dan garam. aduk-aduk lagi hingga merata. tambahkan air sedikit demi sedikit dan biarkan daging matang serta kuah menyusut.
  2. Setelah matang, angkat.

Cara membuat Pao / Pembungkus :

  1. Siapkan air hangat, Siapkan juga wadah yang berbeda dan masukan ragi instan, gula dan air hangat sedikit demi sedikit sambil mengaduk-aduk. Kemudian tambahkan mentega putih dan tepung terigu. aduk-aduk lagi sampai kalis. setelah itu tutup wadah tersebut dengan kain dan diamkan selama 1 jam.
  2. Ambil adonan dalam wadah tadi dan banting-banting adonan di meja, setelah adonan tampak kalis dan licin. Potong-potong adonan menjadi bulat-bulat, lakukan hal tersebut sampai adonan habis, masukan isian daging yang sudah dimasak tadi ke dalam adonan. Kemudian diamkan sampai adonan lebih mengembang.
  3. Siapkan tempat dandang untuk mengukus, masukan satu persatu adonan yang sudah dipotong bulat-bulat tadi ke dalam dandang dan kukus sampai 15 menit. tutup alat pengukus tadi dengan kain. Setelah matang, angkat dan sisihkan.

2. Bakpao Isian Coklat

Kemudian untuk membuat Bakpao varian coklat cuma berbeda di dalam bagian isinya saja. ketika membuat adonan dan memotong bulat-bulat, masukan isi coklat di dalamnya, kemudian kukus sampai 15 menit. Bakpao rasa coklat siap dihidangkan.

3. Bakpao Isian Keju

Sama halnya dengan Bakpao Coklat, untuk membuat bakpao keju yang membedakan cuma pada tahap pembuatan isinya saja. 

Bahan isi:

  1. 50 gr terigu sangrai
  2. 1 sachet susu bubuk
  3. vatpro
  4. 3 sdm gula
  5. 100 gr keju cheddar parut
  6. Prochiz/kraft
  7. 2 sdm margarin Blue band

Cara memasak Bahan Isian Keju :

  1. Mencampurkan semua bahan diatas, dan aduk-aduk hingga rata. Kemudian bentuk bulatan-bulatan isian Keju nya.
  2. Setelah itu masukan isian keju ke dalam adonan yang sudah dipotong-potong tadi, kemudian kukus sampai 15 menit.




TOPWISATA.INFO | RSS TOPWISATA

TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEPAT GAYA HIDUPMU
Disqus Comments