Sabtu, 11 April 2020

Eduwisata Padang Mengatas, Instagramable bak New Zealand

Eduwisata Padang Mengatas Lima Puluh Kota







Di tengah Pandemi Covid-19 atau biasa disebut Corona ini, kita lebih baik #dirumahsaja. Supaya mencegah penularan virus menjadi lebih luas. Berdiam diri dirumah adalah cara terbaik untuk mencegahnya, ditengah pahlawan petugas medis kita yang berjuang keras di garis depan melawan penyakir menular ini.

Nah, disini topwisata akan memperkenalkan tempat wisata baru, yang bisa kamu save setelah pandemi Corona ini berakhir, tempat wisata ini hadir di Sumatera Barat yang mendapat julukan New Zealand Baru, karena nuansa alamnya berupa pada rumput hijau yang sangat luas.

Sumatera Barat memang terkenal dengan berbagai Wahana tempat wisata seru yang saat ini dikembangkan oleh masyarakat dan investor.

Tempat wisata baru Padang mengatas ini juga salah satu pengembangan wisata di daerah peternakan yang terletak di Kabupaten Lima Puluh Kota provinsi Sumatera Barat.



Berjarak kurang lebih 136 km dari kota Padang atau 12 km dari kota Payakumbuh menjadikan tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Pemandangan daerah ini sangatlah mempesona seperti peternakan padang rumput di New Zealand.

Selain itu pemandangan padang rumputnya semakin menambah kesan eksotis tempat ini. Dibangun di era Belanda tahun 1916 silam. Menurut sejarah, ITT Padang Mengatas merupakan stasiun peternakan yang terbesar di Asia Tenggara pada tahun 1955 lalu.

Nah jika kalian penasaran dengan tempat wisata Padang Mengatas Sumatera Barat ini yuk simak ulasan top wisata berikut.

Lokasi wisata Padang mengatas Sumatera Barat


Lokasi wisata Padang mengatas Sumatera Barat ini terletak di alamat Jl. Padang Mengatas, Mungo, Luak, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat 26261.

Lokasi wisata ini terletak kurang lebih 136 km dari ibu kota Sumatera Barat atau 12 km dari kota Payakumbuh yaitu kota terdekat dari Lima Puluh Kota Sumatera Barat.

Peternakan ini secara resmi dikelola oleh Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTU-HPT) Padang Mengatas di bawah Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Tempat ini biasanya digunakan untuk peternakan sapi atau penelitian tentang sapi. Jadi kalian yang hobi berwisata dan berternak sangat cocok sekali mengunjungi tempat wisata Padang mengatas Sumatera Barat ini.

Harga tiket masuk Padang mengatas Sumatera Barat


Untuk memasuki edu wisata Padang mengatas Sumatera Barat ini pengunjung tidak dikenakan biaya masuk. Namun para pengunjung wajib mengisi formulir pendaftaran terlebih dahulu sebelum ada janji ke tempat wisata Padang mengatas ini.

Prosedur Pendaftaran

silahkan di baca sebelum mengisi form kunjungan



  1. Mendaftar secara on line
  2. Pengisian formulir dilakukan minimal 2 hari sebelum kunjungan
  3. Untuk kunjungan perharinya dibatasi, hanya 10 kunjungan
  4. Untuk pendaftaran secara on line, pada saat datang ke BPTUHPT Padang Mengatas harus membawa tanda bukti penerimaan (print out )
  5. Membawa surat pengantar dari instansi/ lembaga yang mengirim (formulir download disini)
  6. Kunjungan bersifat kedinasan/ di bawah arahan dinas/ lembaga/instansi dengan materi edukasi peternakan
  7. Bersedia mengikuti semua peraturan dan disiplin di BPTUHPT Padang Mengatas
  8. Kunjungan dilaksanakan pada hari kerja dan pada jam kerja
  9. Kunjungan dilaksanakan setelah adalanya informasi resmi dari BPTUHPT Padang Mengatas, di kirim melalui email yang di daftarkan pada saat pengisian formulir
  10. Pengunjung yang tidak membawa/ tidak bisa menunjukkan tanda bukti penerimaan dari BPTUHPT Padang Mengatas, tidak di izinkan memasuki kawasan pembibitan BPTUHPT Padang Mengatas
  11. BPTUHPT PADANG MENGATAS TIDAK MENERIMA UNTUK PENGAMBILAN FOTO PREWEDDING


Tempat wisata Padang mengatas ini pernah ditutup pada tahun 2015 karena lonjakan pengunjung yang luar biasa di tempat eduwisata peternakan sapi ini.

Nah dari banyaknya pengunjung yang kurang bisa menjaga kelestarian lingkungan, terjadi masalah pada peternakan sapi yaitu sapi sapi tidak mau makan dan sulit untuk dilakukan pembibitan.

Oleh karena itu pada tahun tersebut tempat wisata ini ditutup sementara sampai ada pemberitahuan lebih lanjut dari pemerintah.

Kemudian di tahun 2019 ini tempat wisata Padang mengatas ini dibuka kembali tentunya dibatasi jumlah pengunjung agar menjaga kelestarian lingkungan dan tingkah laku sapi.

Daya tarik tempat wisata Padang mengatas Sumatera Barat


Peternakan yang terletak di pinggang Gunung Sago, Payakumbuh, Kabupaten 50 Kota ini dinilai sangat ideal untuk tempat tumbuh kembang sapi ternak.

Hal itu karena cuaca dan suhu udara di tempat ini begitu sejuk nak bukan hanya untuk tumbuh kembang sapi ternak saja namun bagi wisatawan juga sangat cocok mengunjungi tempat wisata ini.

Dengan hamparan padang rumput seluas 280 hektar kamu bisa mengeksplorasi Edu wisata Padang mengatas Sumatera Barat dengan berbagai kamera yang kamu punya baik itu Drone camera maupun mirrorless atau smartphone.

Terdapat jalan yang membelah padang rumput ini sehingga sangat cantik bila dipotret dari ketinggian. Nggak kalah deh sama keindahan Ranu Menduro yang viral di Mojokerto itu.

Galeri foto Padang mengatas Sumatera Barat

























Nah jika kalian di Sumatera Barat jangan lupa mampir ke limapuluh kota ya. cari Padang mengatas.



TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEMPAT WISATA TERPERCAYA
Disqus Comments