Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Tips dan Trik Sukses Membuat Nastar 1 kg yang Tidak Gagal

Tips dan Trik Sukses Membuat Nastar 1 kg yang Tidak Gagal

Nastar 1 kg yang Tidak Gagal (2)

Nastar 1 kg yang Tidak Gagal

Membuat nastar memang terlihat mudah, tapi bukan berarti tanpa tantangan. Banyak orang yang mengalami kegagalan dalam membuat nastar, seperti adonan yang terlalu kering, bentuk nastar yang tidak sempurna, atau bahkan rasa yang tidak sesuai harapan. Jika Anda juga pernah mengalami hal serupa, jangan khawatir! Dalam artikel ini, kami akan membagikan tips dan trik untuk membuat nastar 1 kg yang tidak gagal.

Persiapan Bahan dan Alat

Sebelum memulai, pastikan Anda memiliki semua bahan dan alat yang dibutuhkan. Untuk membuat nastar 1 kg, Anda membutuhkan:

  1. 250 gram mentega
  2. 100 gram gula halus
  3. 1 butir kuning telur
  4. 350 gram tepung terigu
  5. 1/2 sendok teh vanili bubuk
  6. 1 kaleng nanas (untuk isian)
  7. Wadah adonan
  8. Rolling pin
  9. Cetakan nastar
  10. Loyang kue

Siapkan semua bahan dan alat dengan baik agar proses pembuatan nastar berjalan lancar.

Membuat Adonan Nastar

Langkah pertama adalah membuat adonan nastar. Campurkan mentega dan gula halus dalam wadah, lalu aduk hingga tercampur rata. Tambahkan kuning telur dan vanili bubuk, lalu aduk kembali. Setelah itu, masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan menjadi kalis.

Setelah adonan kalis, bungkus dengan plastik wrap dan simpan di dalam lemari es selama 30 menit. Tujuannya adalah untuk memadatkan adonan agar mudah dibentuk.

Setelah 30 menit, keluarkan adonan dari lemari es. Ambil sedikit adonan, lalu gilas dengan rolling pin hingga tipis. Gunakan cetakan nastar untuk mencetak adonan menjadi bentuk nastar. Letakkan nastar yang sudah dicetak di atas loyang kue.

Ulangi proses penggulungan dan pencetakan hingga semua adonan habis. Pastikan jarak antar nastar cukup agar tidak menempel satu sama lain saat dipanggang.

Baca Juga :  Ketahui Resep Kue Bolu Pisang Yang Rasanya Enak

Mengisi Nastar dengan Selai Nanas

Setelah semua nastar terbentuk, saatnya mengisi mereka dengan selai nanas. Ambil sedikit selai nanas, lalu letakkan di atas nastar. Ratakan selai nanas tersebut dengan sendok atau jari.

Pastikan ukuran selai nanas tidak terlalu besar agar tidak keluar saat nastar dipanggang. Jika Anda ingin rasa yang lebih manis, Anda bisa menambahkan sedikit gula pasir ke dalam selai nanas.

Memanggang Nastar

Setelah semua nastar terisi selai nanas, saatnya memanggang. Panaskan oven terlebih dahulu dengan suhu 180°C. Masukkan loyang berisi nastar ke dalam oven, lalu panggang selama 20-25 menit atau hingga nastar berwarna kecokelatan.

Jangan lupa untuk memantau nastar selama proses pemanggangan agar tidak gosong. Jika sudah matang, keluarkan nastar dari oven dan biarkan dingin sebelum disajikan.

Menyimpan Nastar

Setelah nastar dingin, Anda bisa menyimpannya di dalam toples tertutup rapat. Nastar bisa bertahan hingga seminggu jika disimpan dengan benar. Pastikan toples dalam kondisi kering agar nastar tidak lembab.

Jika Anda ingin menyimpan nastar dalam jangka waktu yang lebih lama, Anda bisa membekukannya. Masukkan nastar yang sudah dingin ke dalam plastik atau wadah kedap udara, lalu simpan di dalam freezer. Nastar beku bisa bertahan hingga 3 bulan.

Tips Tambahan untuk Nastar yang Sempurna

  1. Gunakan mentega berkualitas tinggi untuk hasil yang lebih lezat.
  2. Jangan over-mixing adonan agar nastar tidak keras.
  3. Bentuk nastar dengan ukuran yang seragam agar matang merata.
  4. Atur jarak antar nastar di loyang agar tidak menempel satu sama lain.
  5. Gunakan selai nanas yang kental agar tidak mudah tumpah saat dipanggang.
  6. Perhatikan waktu pemanggangan agar nastar tidak gosong.
Baca Juga :  Resep Balado Baby Cumi Pete yang Sedap Berikut Harus Anda Coba di Rumah

Dengan mengikuti tips dan trik di atas, Anda pasti bisa membuat nastar 1 kg yang sempurna dan tidak gagal. Selamat mencoba!

Kesimpulan

Membuat nastar 1 kg memang membutuhkan perhatian dan ketelitian, tapi tidak perlu khawatir. Dengan mempersiapkan bahan dan alat dengan baik, serta mengikuti langkah-langkah yang tepat, Anda bisa menghasilkan nastar yang lezat dan tidak gagal. Jangan lupa untuk mencoba tips tambahan kami agar nastar Anda semakin sempurna. Selamat mencoba dan selamat menikmati!

FAQ

Pertanyaan 1: Apa yang harus dilakukan jika adonan nastar terlalu kering?

Jawaban: Jika adonan nastar terlalu kering, Anda bisa menambahkan sedikit air atau susu cair ke dalam adonan. Aduk perlahan hingga adonan menjadi lebih lembut dan mudah dibentuk. Jangan menambahkan terlalu banyak cairan agar adonan tidak terlalu basah.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara membuat nastar dengan tekstur yang lembut?

Jawaban: Untuk mendapatkan tekstur nastar yang lembut, pastikan Anda tidak over-mixing adonan. Aduk adonan hanya sampai tercampur rata, jangan terlalu lama. Selain itu, gunakan mentega berkualitas tinggi dan jangan memanggang terlalu lama. Perhatikan suhu dan waktu pemanggangan agar nastar tidak kering.

Pertanyaan 3: Apa yang harus dilakukan jika selai nanas bocor saat dipanggang?

Jawaban: Jika selai nanas bocor saat dipanggang, hal ini bisa terjadi karena ukuran selai yang terlalu besar atau adonan yang terlalu tipis. Untuk mengatasi hal ini, pastikan ukuran selai nanas tidak terlalu besar dan gunakan adonan dengan ketebalan yang cukup. Atur jarak antar nastar di loyang agar tidak terlalu berdekatan saat dipanggang.

Baca Juga :  Resep Pisang Goreng Crispy ala Rumahan

Pertanyaan 4: Bagaimana cara menyimpan nastar agar tetap renyah?

Jawaban: Untuk menjaga kerenyahan nastar, simpan di dalam toples tertutup rapat di tempat yang kering. Hindari penyimpanan di tempat lembap agar nastar tidak cepat melembek. Jika ingin menyimpan dalam jangka waktu yang lebih lama, Anda bisa membekukannya. Nastar beku bisa bertahan hingga 3 bulan.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan