Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Tahu Gejrot, gurih, pedas, dan manis

Resep Tahu Gejrot, gurih, pedas, dan manis

Tahu Gejrot (1)

Resep Tahu Gejrot

Recipe By siti
Course: Tahu Gejrot Cusine:ID Difficulty:mudah

Servings

2 minutes

Preparing Time

50 minutes

Cooking Time

10 minutes

Calories

250 kcal

INGREDIENTS

  1. tahu putih yang sudah digoreng

  2. bawang merah

  3. bawang putih

  4. cabai rawit

  5. gula merah

  6. garam

  7. air minyak untuk menumis bumbu

DIRECTION

  1. Langkah 1

    Pertama-tama, haluskan bawang merah, bawang putih, cabai rawit, gula merah, dan garam dengan blender atau ulekan

  2. Langkah 2

    Kemudian tumis bumbu yang telah dihaluskan dengan sedikit minyak sampai harum

  3. Langkah 3

    Setelah itu, tambahkan air dan aduk rata hingga bumbu mendidih dan meresap

  4. Langkah 4

    Selanjutnya, potong tahu yang sudah digoreng menjadi potongan kecil-kecil dan masukkan ke dalam bumbu yang sudah matang tadi

  5. Langkah 5

    Aduk rata hingga tahu terbalut bumbu dengan merata.

NOTES

    Agar tahu gejrot yang Anda buat lebih nikmat, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Pertama, pastikan tahu yang Anda gunakan dalam keadaan segar dan digoreng dengan sempurna sehingga teksturnya renyah. Kedua, jangan lupa untuk mencicipi bumbu sebelum mencampurkannya dengan tahu, sesuaikan rasa pedas, gurih, dan manis sesuai selera Anda. Terakhir, sajikan tahu gejrot dalam keadaan hangat untuk menikmati sensasi gurih dan pedasnya bumbu kacang.

Tahu gejrot merupakan salah satu makanan khas Betawi yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Makanan ini terbuat dari tahu yang digoreng dan disajikan dengan bumbu kacang pedas yang sangat nikmat. Rasanya yang gurih, pedas, dan sedikit manis membuat tahu gejrot menjadi camilan yang cocok untuk menemani waktu santai. Di dalam artikel ini, kita akan membahas resep tahu gejrot beserta cara membuatnya dengan mudah di rumah.

Baca Juga :  Camilan Sehat Egg Muffin Lezat

Bahan-bahan yang Diperlukan

Untuk membuat tahu gejrot, Anda memerlukan beberapa bahan yang mudah ditemukan di pasar tradisional maupun supermarket. Bahan utama yang Anda perlukan adalah tahu putih yang sudah digoreng, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, gula merah, garam, dan air. Selain itu, Anda juga memerlukan minyak untuk menumis bumbu dan mencampurkan bumbu dengan tahu. Pastikan Anda menggunakan bahan-bahan yang segar untuk mendapatkan hasil tahu gejrot yang lezat.

Langkah-langkah Pembuatan Tahu Gejrot

Pertama-tama, haluskan bawang merah, bawang putih, cabai rawit, gula merah, dan garam dengan blender atau ulekan. Kemudian tumis bumbu yang telah dihaluskan dengan sedikit minyak sampai harum. Setelah itu, tambahkan air dan aduk rata hingga bumbu mendidih dan meresap. Selanjutnya, potong tahu yang sudah digoreng menjadi potongan kecil-kecil dan masukkan ke dalam bumbu yang sudah matang tadi. Aduk rata hingga tahu terbalut bumbu dengan merata.

Tips Agar Tahu Gejrot Lebih Nikmat

Agar tahu gejrot yang Anda buat lebih nikmat, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Pertama, pastikan tahu yang Anda gunakan dalam keadaan segar dan digoreng dengan sempurna sehingga teksturnya renyah. Kedua, jangan lupa untuk mencicipi bumbu sebelum mencampurkannya dengan tahu, sesuaikan rasa pedas, gurih, dan manis sesuai selera Anda. Terakhir, sajikan tahu gejrot dalam keadaan hangat untuk menikmati sensasi gurih dan pedasnya bumbu kacang.

Variasi Tahu Gejrot yang Bisa Dicoba

Selain tahu gejrot dengan bumbu kacang, Anda juga bisa bereksperimen dengan variasi tahu gejrot lainnya. Misalnya, Anda bisa menambahkan potongan mentimun dan bawang merah iris sebagai pelengkap. Atau Anda juga bisa mencoba membuat bumbu kacang dengan tambahan kecap manis untuk memberi sensasi manis yang lebih kuat. Variasi tahu gejrot ini akan memberikan pengalaman baru dalam menikmati camilan khas Betawi yang lezat.

Baca Juga :  Resep dan Cara Membuat Wedang Jahe Merah Serai

Khasiat Tahu Gejrot untuk Kesehatan

Tahu gejrot selain enak juga memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh. Tahu mengandung protein nabati yang baik untuk pertumbuhan otot dan memperbaiki jaringan tubuh. Selain itu, tahu juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan dan kesehatan usus. Bumbu kacang pada tahu gejrot mengandung banyak rempah-rempah yang kaya akan antioksidan, sehingga baik untuk menjaga daya tahan tubuh dan mencegah penyakit.

Kesimpulan

Tahu gejrot adalah camilan khas Betawi yang lezat dan mudah untuk dibuat di rumah. Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan langkah-langkah yang sederhana, Anda bisa menikmati camilan yang gurih, pedas, dan manis ini kapan saja. Berbagai variasi dan tips yang telah dibahas di atas akan membantu Anda untuk menciptakan tahu gejrot yang sesuai dengan selera dan preferensi Anda. Selamat mencoba dan nikmati sajian tahu gejrot yang lezat!

FAQ (Frequently Asked Questions)

Berapa lama tahu gejrot dapat disimpan? Tahu gejrot dapat disimpan dalam wadah kedap udara di dalam lemari es selama 2-3 hari. Pastikan untuk menyimpan tahu gejrot tanpa saus untuk menjaga tekstur tahu tetap renyah.

Apakah bisa menggunakan tahu sutra untuk membuat tahu gejrot? Tentu saja, Anda bisa menggunakan tahu sutra untuk membuat tahu gejrot. Namun, pastikan untuk menggoreng tahu sutra hingga kecokelatan agar teksturnya lebih renyah.

Baca Juga :  Resep Milkshake Cokelat Pisang, Minuman Sehat, Enak, dan Bernutrisi Tinggi

Apakah tahu gejrot bisa dimakan oleh anak-anak? Tahu gejrot bisa dimakan oleh anak-anak, namun disarankan untuk mengurangi jumlah cabai rawit dalam bumbu agar tidak terlalu pedas bagi lidah anak-anak.

Apakah bisa menambahkan kacang tanah goreng sebagai topping untuk tahu gejrot? Tentu saja, Anda bisa menambahkan kacang tanah goreng sebagai topping untuk tahu gejrot untuk memberikan tekstur yang lebih gurih dan renyah. Selamat mencoba!

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info