Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat sayur asem khas sunda, Hidangan Enak di Musim Hujan

Membuat sayur asem khas sunda, Hidangan Enak di Musim Hujan

Membuat sayur asem khas sunda (2)

Membuat sayur asem khas sunda

Sayur asem khas Sunda adalah hidangan khas Indonesia yang terbuat dari berbagai macam sayuran yang direbus dalam kuah asam yang diperkaya dengan asam jawa dan rempah-rempah lainnya[1]

Bahan-bahan

Sayur dan isian

  1. 1 buah jagung manis potong sesuai selera
  2. 1/2 buah pepaya mentah buang kulit dan potong kecil kecil
  3. 3 buah kacang panjang potong2
  4. Segenggam melinjo
  5. Segenggam daun melinjo
  6. Segenggam kacang tanah

Bumbu yang dihaluskan

  1. 1 sdt terasi bakar
  2. 1 sdm gula merah yang sudah di sisir
  3. 1/2 sdt garam
  4. 6 siung bawang merah
  5. 3 siung bawang putih
  6. 3 buah cabai merah keriting
  7. 2 buah cabai rawit merah (optional saja)

Bumbu tambahan

  1. 2 lembar daun salam
  2. 3 sdm air asam jawa
  3. 3 cm lengkuas memarkan
  4. 1.5 liter air

Cara membuat sayur asem khas sunda

  1. Pertama-tama, untuk mempersiapkan bahan-bahan, membersihkan dan memotong semua sayuran yang akan digunakan[2]. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sayur asem khas Sunda adalah sebagai berikut: – 50 gram kacang tanah – Segenggam kacang merah – Segenggam daun melinjo – 2 buah jagung – 1/2 buah labu siam – 3 batang kacang panjang Untuk membuat kuah asam, gunakan 50 gram asam jawa yang dilarutkan dalam 50 ml air dan 50 gram belimbing wuluh[3]. Bersihkan semua bahan dan siapkan untuk dimasak.
  2. Setelah bahan-bahan siap, lanjutkan memasak sayuran dengan jus asam dan rempah-rempah. Pertama-tama, rebus kacang tanah, kacang merah, jagung, dan labu siam sampai setengah matang[4]. Kemudian tambahkan kuah asam jawa dan rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, daun salam, dan lengkuas. Masak hingga sayuran matang dan kuah meresap ke dalam sayuran[5]. Terakhir, tambahkan daun melinjo dan masak sebentar hingga lay.
  3. Sayur asem khas Sunda siap disajikan dan dinikmati bersama nasi putih, ikan asin, tempe goreng, sambal, dan sayuran segar lainnya. Hidangan ini memiliki rasa yang lezat meskipun menggunakan bahan-bahan yang murah dan sederhana[6]. Dengan mengikuti resep sayur asem khas Sunda ini, Anda dapat dengan mudah membuat hidangan yang cocok untuk makan siang atau makan malam[7]. Selain itu, hidangan ini juga dapat disimpan dalam lemari es dan dinikmati kemudian hari[8]. Jangan lupa untuk mencoba variasi sayur asem dengan menambahkan bahan-bahan lain yang sesuai dengan selera Anda[9].

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Asam Jawa Segar** – Saat membuat sayur asam jawa sunda, pemilihan buah asam jawa yang masih segar sangat penting. Carilah asam jawa yang montok, mengkilat, dan bebas jamur atau flek hitam. Asam jawa segar harus memiliki tekstur yang sedikit lengket dan aroma yang kuat dan tajam. Menggunakan asam jawa berkualitas tinggi akan memastikan hidangan Anda memiliki rasa yang cerah dan tajam.

Baca Juga :  Resep Nasi Krawu yang Gurih dan Enak

**Mempersiapkan Bubur Asam** – Untuk mengekstrak ampas asam jawa, buka buahnya dan buang benang dan bijinya yang berserat. Rendam daging buah asam jawa dalam air hangat selama kurang lebih 15-20 menit, lalu gunakan tangan untuk menguleni dan mengambil ampasnya. Saring campuran tersebut untuk menghilangkan sisa serat dan biji. Daging buah asam jawa yang dihasilkan akan menjadi bahan dasar rasa sayur asam sunda Anda.

**Menyeimbangkan Rasa** – Mencapai keseimbangan rasa yang harmonis sangat penting dalam masakan Sunda. Saat mengolah sayur asam jawa, perhatikan keseimbangan rasa manis, asam, dan asin. Sesuaikan jumlah ampas asam jawa, gula jawa, dan garam untuk mendapatkan profil manis dan tajam yang diinginkan. Masakan tradisional Sunda seringkali menekankan keseimbangan sempurna dari rasa-rasa ini untuk menciptakan hidangan yang lezat.

**Memilih Sayuran Segar** – Pilihlah sayuran segar yang bersumber secara lokal saat membuat sayur asam Sunda. Sayuran seperti labu siam, kacang panjang, dan kubis biasa digunakan dalam masakan ini. Pastikan sayuran berwarna cerah, kencang saat disentuh, dan bebas noda. Sayuran segar akan meningkatkan rasa dan tekstur hidangan secara keseluruhan.

**Pelapisan Rasa** – Sayuran asam jawa sunda terkenal dengan citarasanya yang kompleks dan berlapis. Untuk mencapai hal ini, pertimbangkan untuk memasukkan bahan-bahan aromatik seperti serai, lengkuas, dan daun jeruk purut. Elemen-elemen ini menambah kedalaman hidangan dan berkontribusi pada cita rasa asli Sunda. Selain itu, pertimbangkan untuk menambahkan taburan bawang merah goreng atau kelapa panggang sebagai hiasan beraroma untuk sentuhan akhir.

Baca Juga :  Resep Seblak Kuah Pedas Berikut Dijamin Menyengat Lidah

Pertanyaan Umum

Q: Apa saja bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat sayur asem khas sunda (sayur asem khas sunda)? A: Bahan utama pembuatan sayur asem khas Sunda antara lain sayur-sayuran seperti labu siam, jagung, melinjo, kacang panjang, dan nangka muda, serta asam jawa, gula aren, bawang merah, bawang putih, dan lengkuas. Selain itu, Anda membutuhkan bahan-bahan seperti daun salam, serai, dan garam.

Q: Bagaimana cara menyiapkan sayur untuk pembuatan sayur asem sunda? A: Untuk menyiapkan sayuran, sayuran harus dibersihkan dan dipotong-potong seukuran gigitan. Misalnya labu siam dikupas dan dipotong-potong, jagung dipotong kecil-kecil, dan melinjo dipotong pendek-pendek. Kacang panjang sebaiknya dipotong pendek-pendek, dan nangka muda dipotong kecil-kecil.

Q: Bagaimana jus asam jawa disiapkan dan dimasukkan ke dalam masakan? A: Untuk membuat sari asam jawa, anda bisa merendam ampas asam jawa dalam air panas lalu menyaringnya hingga diperoleh sari asam jawanya. Dalam proses memasaknya, air asam jawa ditambahkan ke dalam sayuran bersama bumbu dan bumbu lainnya. Ini memberikan hidangan dengan rasa tajam yang khas.

Q: Adakah teknik atau tips memasak khusus untuk memastikan sayuran matang sempurna pada sayur asem sunda? A: Saat memasak sayur asem Sunda, penting untuk merebus air asam jawa dan bumbu hingga mendidih sebelum menambahkan sayuran. Setelah sayuran ditambahkan, sayuran harus dimasak hingga empuk namun tetap mempertahankan warna cerah dan kesegarannya. Memasak sayuran terlalu lama dapat mengakibatkan hilangnya tekstur dan nutrisi.

Q: Bagaimana cara tradisional menyajikan dan menikmati sayur asem Sunda? A: Sayur asam jawa secara tradisional disajikan panas dan dinikmati dengan nasi putih. Perpaduan kuah kaldu asam jawa yang tajam dan beragam sayuran menciptakan sajian lezat dan mengenyangkan yang menjadi andalan masakan Sunda. Ini sering disajikan sebagai bagian dari makanan yang lebih besar dengan hidangan lainnya.

Referensi : 

1.   Membongkar Rahasia Resep Sayur Asem Rasa Sunda ….  (n.d.)   diambil February 20, 2024, dari www.fimela.com 

Baca Juga :  Mencoba Memasak Resep Nasi Krawu Khas Gresik dengan Beragam Pelengkapnya

2.   Resep Sayur Asem Sunda, Menu Andalan Keluarga ….  (n.d.)   diambil February 20, 2024, dari www.idntimes.com 

3.   Resep Sayur Asem Khas Sunda, Rasa dan Kuahnya ….  (n.d.)   diambil February 20, 2024, dari www.makenyus.com 

4.   Resep Sayur Asem Sunda, Lebih Pedas dan Pekat.  (n.d.)   diambil February 20, 2024, dari www.kompas.com 

5.   Resep Sayur Asem khas sunda oleh Liss Yunni.  (n.d.)   diambil February 20, 2024, dari cookpad.com/id/resep/16862443-sayur-asem-khas-sunda 

6.   Resep Sayur Asem Khas Sunda yang Bikin Nagih!.  (n.d.)   diambil February 20, 2024, dari kumparan.com 

7.   Resep Sayur Asem Sunda Sederhana – Gramedia.  (n.d.)   diambil February 20, 2024, dari www.gramedia.com 

8.   Resep Sayur Asem Sunda yang Cocok Disantap dengan ….  (n.d.)   diambil February 20, 2024, dari food.detik.com 

9.   Resep Sayur Asem ala Restoran Sunda, Raos Pisan!.  (n.d.)   diambil February 20, 2024, dari kumparan.com

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info