Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat Jagung manis rebus untuk Bekal Anak Sekolah

Membuat Jagung manis rebus untuk Bekal Anak Sekolah

Membuat Jagung manis rebus (2)

Membuat Jagung manis rebus

Bahan-bahan

  1. 3 buah jagung dengan kulitnya/lepas kulit/pipil
  2. secukupnya garam
  3. air untuk merebus

Langkah-langkah membuat jagung manis rebus

  1. Langkah pertama dalam membuat jagung manis rebus adalah memilih dan menyiapkan jagungnya [1]. Pilihlah jagung segar yang daunnya masih utuh berwarna hijau dan lembab serta siap diolah. Kupas dan bersihkan jagung manis, dan jika memungkinkan, pilihlah jagung manis yang masih muda, karena jagung yang lebih tua mungkin memiliki butiran yang lebih keras[2]. Potong jagung menjadi beberapa bagian dan tusuk masing-masing bagian dengan stik es krim agar mudah diangkat saat direbus.
  2. Langkah selanjutnya adalah merebus jagung[3]. Cara merebus jagung cukup mudah, cukup rebus air hingga mendidih, lalu tambahkan 1 sendok makan garam dan aduk hingga larut[4]. Ada beberapa cara untuk membuat jagung rebus empuk dan manis[5]. Salah satu caranya adalah dengan menambahkan gula pasir dan air jeruk lemon, sedangkan cara lainnya adalah dengan menambahkan mentega agar aromanya semakin nikmat. Perhatikan lamanya perebusan, karena jagung rebus akan menyusut sehingga bijinya menjadi keriput [4].
  3. Langkah terakhir adalah menyajikan jagung manis rebus dan menambahkan penyedap rasa atau bumbu[5]. Membumbui jagung rebus dengan garam dapat membantu memunculkan rasa manis alaminya, sedangkan menambahkan perasa atau bumbu lain dapat meningkatkan rasanya[5]. Misalnya, Anda bisa menambahkan bubuk cabai, air jeruk nipis, atau keju parut pada jagung rebus. Mengonsumsi jagung rebus memberikan rasa manis alami serta kaya serat, vitamin, dan mineral[7]. Anda juga bisa menyajikan jagung manis rebus dengan sambal rawit, bumbu pedas Indonesia yang terbuat dari cabai rawit, jeruk purut, dan bahan lainnya[8]. Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini, Anda bisa dengan mudah membuat jagung manis rebus lezat yang lembut, manis, dan beraroma.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Pilih Jagung Segar** – Pilih jagung segar dengan kulit hijau cerah dan biji montok. Sekamnya harus dililitkan erat pada tongkolnya, dan sutranya harus lembab dan tidak kering. Hal ini memastikan jagung berada pada kesegaran dan rasa puncaknya saat direbus.

Baca Juga :  Spaghetti Bolognese ala Italiano Lezat? Masak Saja Sendiri di Rumah

**Gunakan Air secukupnya** – Saat merebus jagung manis, pastikan air di dalam panci cukup untuk merendam jagung sepenuhnya. Jagung harus terendam seluruhnya dalam air mendidih untuk memastikan pemasakan merata. Gunakan panci besar untuk menampung jagung tanpa membuat terlalu penuh.

**Tambahkan Garam ke Air** – Menambahkan garam ke dalam air mendidih dapat meningkatkan rasa manis alami jagung. Untuk standar 4 liter air, disarankan menambahkan 1-2 sendok makan garam. Garam akan membumbui jagung saat dimasak, menambah rasa pada setiap biji jagung.

**Kontrol Waktu Mendidih** – Rebus jagung kurang lebih 5-7 menit. Memasak terlalu lama dapat membuat kernel menjadi keras, sedangkan memasak kurang matang dapat menghasilkan tekstur bertepung. Tujuannya adalah untuk mendapatkan tekstur yang empuk dan sedikit renyah. Untuk menguji kematangan, tusuk kernel dengan garpu; itu harus empuk tetapi masih ada sedikit gigitan.

**Sajikan Segera** – Setelah jagung matang, sebaiknya segera disajikan selagi masih panas dan segar. Pertimbangkan untuk menyajikannya dengan mentega, garam, dan merica, atau bumbu pilihan lainnya. Jika tidak langsung disajikan, jaga agar jagung tetap hangat dengan membungkusnya menggunakan handuk dapur bersih atau aluminium foil. Ini akan membantu mempertahankan panas dan kelembapannya hingga siap disajikan.

Baca Juga :  Yuk, Bikin Tahu Gejrot Khas Cirebon yang Rasanya Umami

Pertanyaan Umum

Q: Apa yang harus dipertimbangkan saat memilih jagung untuk direbus? A: Pilihlah jagung yang masih segar dan memiliki biji yang rapat. Kulit jagung juga sebaiknya masih dalam kondisi bersih dan tidak terlalu kering.

Q: Bagaimana cara menyiapkan jagung sebelum direbus? A: Kupas kulit jagung dan bersihkan sisa-sisa serat yang menempel. Pastikan jagung sudah dalam kondisi siap masak sebelum dimasukkan ke dalam air rebusan.

Q: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk merebus jagung hingga matang? A: Biasanya dibutuhkan sekitar 10-15 menit setelah air mendidih. Namun, waktu yang tepat dapat bervariasi tergantung pada besar kecilnya jagung dan seberapa matang yang diinginkan.

Q: Apakah ada cara untuk memberi rasa pada jagung setelah direbus? A: Setelah direbus, jagung dapat diberi rasa dengan cara diolesi mentega, ditaburi garam, atau bahkan diberi bumbu lain sesuai selera.

Q: Apa saja cara menyajikan jagung rebus dengan menarik? A: Jagung rebus dapat disajikan dengan cara diolesi mentega dan diberi taburan garam, atau bahkan ditambahkan sedikit jus jeruk nipis untuk memberikan rasa segar.

Referensi : 

1.   Cara Membuat Jagung Serut Manis dan Enak – Bang Sarjoni.  (n.d.)   Diperoleh February 12, 2024, dari sarjoni.wordpress.com 

2.   Resep Jagung Rebus Lebih Enak, Tambahkan 2 Bahan Ini.  (n.d.)   Diperoleh February 12, 2024, dari www.fimela.com 

3.   Cara Menanam Jagung Manis : Langkah, Pemilihan ….  (n.d.)   Diperoleh February 12, 2024, dari www.tanam.co.id/menanam-jagung-manis/ 

Baca Juga :  Vla Puding Buah Segar, Kudapan Tekstur Lembut dan Kenyal

4.   6 Cara Merebus Jagung Manis biar Empuk.  (n.d.)   Diperoleh February 12, 2024, dari www.hipwee.com/tips/cara-merebus-jagung/ 

5.   5 Cara Rebus Jagung agar Empuk dan Manis.  (n.d.)   Diperoleh February 12, 2024, dari www.kompas.com 

6.   5 Cara Rebus Jagung agar Cepat Empuk dan Enak.  (n.d.)   Diperoleh February 12, 2024, dari www.kompas.com 

7.   Cara Memasak Jagung Rebus manis dengan mudah ….  (n.d.)   Diperoleh February 12, 2024, dari www.birdsnbees.co.id 

8.   Jagung Pulut Rebus Sambal Rawit.  (n.d.)   Diperoleh February 12, 2024, dari cookpad.com 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info