Lompat ke konten
Home » Wisata » Tiket Murah dan Bisa Mencoba Beragam Aktivitas, Berlibur Saja ke Wisata Gunung Galunggung

Tiket Murah dan Bisa Mencoba Beragam Aktivitas, Berlibur Saja ke Wisata Gunung Galunggung

Wisata Gunung Galunggung5

Wisata Gunung Galunggung

Gunung Galunggung merupakan gunung berapi yang terletak di Tasikmalaya, Jawa Barat. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.167 Mdpl, dan mempunyai pemandangan alam indah serta pesona yang masih asri dan alami. Udara pada sekitar kawasannya masih alami sekali dan sejuk, bahkan di beberapa waktu terasa cukup dingin. Para wisatawan akan merasakan kenyamanan dan ketenangan udara yang bersih selama di sini.

Gunung Galunggung masih terbilang aman dikunjungi, walaupun termasuk gunung berapi. Gunung ini mempunyai deretan objek wisata layak dikunjungi, seperti pemandian air panas, Kawah Gunung Galunggung, serta berbagai spot foto di tebing dengan pemandangan alam perbukitan yang membentang. Tak hanya itu, ada beragam aktivitas menarik seperti mengendarai kendaraan off-road dan berkemah juga jadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Galunggung Tasikmalaya

Wisata Gunung Galunggung
Wisata Gunung Galunggung

Untuk dapat masuk dan menikmati objek wisata satu ini akan dikenakan tarif cukup terjangkau. Membayar tiket masuk saja, sudah termasuk sejumlah area di dalamnya, jadi Anda tak perlu bayar lagi. Namun, jika Anda ingin berkemah, ada tarif tersendiri yang perlu dibayar.

Harga Tiket Masuk Wisata

  • Tiket masuk wisata Rp. 15.000
  • Tarif mendirikan tenda berkemah Rp 15.000

Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pengelola wisata.  

Jam Buka atau Operasional Wisata Gunung Galunggung

Objek wisata satu ini bisa dikunjungi kapanpun. Namun jika untuk berwisata, wisatawan biasanya wisatawan datang di pagi sampai sore hari. Jam operasional wisata adalah setiap hari 24 jam.

Menyenangkan dan Serunya Wisata Gunung Berapi Tasikmalaya

Wisata Gunung Galunggung4
Wisata Gunung Galunggung4

Gunung Galunggung merupakan salah satu gunung di Jawa Barat yang banyak dikunjungi. Bukan hanya oleh para pendaki, tapi pengunjung lainnya yang ingin berwisata. Meskipun gunung ini masih aktif, tapi tidak membuat minat para wisatawan surut untuk datang ke sini. Sebab pesona alam sekitarnya yang masih sangat nyaman dan begitu asri.

Baca Juga :  Ke Yogyakarta, Sekalian Liburan Mengunjungi Wisata Barunya Ledok Sambi

Pemandangan dari atas gunung juga sangat menawan menakjubkan. Para wisatawan bisa melihat perbukitan membentang di sekitarnya, yang tampak sangat hijau diselimuti oleh pepohonan. Kabut yang tipis serta tampak samar menutupi area puncak bukit, sehingga membuatnya terlihat agak misterius. Ditambah lagi dengan awan putih menggumpal seperti menyentuh puncak bukit tertinggi.

Banyak wisatawan datang ke wisata ini untuk dapat menikmati keindahan dan pesona kawah yang berada di kaki Gunung Galunggung. Kawah ini tak boleh untuk berenang ataupun dipakai airnya. Namun, para wisatawan tetap bisa mendekat ke kawah, karena memang masih termasuk kawah yang tidak beracun.

Menyambangi Kawah Galunggung

Kawah yang berada di kaki Gunung Galunggung menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan. Dari atas ketinggian, air kawah terlihat memiliki warna hijau dan permukaan yang tenang. Tidak ada pagar pembatas wisatawan, sehingga bisa mendekati area kawah.

Walaupun demikian, tak ada wisatawan yang bermain air kawah sampai memasukkan tubuh ke perairan kawah. Para wisatawan juga hanya dapat berfoto di sekitarnya. Tak hanya itu, kawah ini pun tal mengeluarkan bau belerang menyengat. Sehingga cukup aman bagi para wisatawan untuk mendekat.

Untuk mencapai kawah, para wisatawan akan menaiki anak tangga berjumlah sekitar 620 pijakan. Tinggi kawasan kawah kurang lebih 300 meter, yang bisa ditempuh dari 2 jalur, yakni jalur biru dengan jumlah anak tangga sebanyak 510, dan jalur kuning dengan jumlah anak tangga sebanyak 620. Jika Anda merasa nantinya akan lelah menaiki anak tangga, para wisatawan pun bisa menaiki ojek untuk menuju ke kawah.

Merehatkan Tubuh dengan Berendam Air Panas pada Sumber Air Alami

Wisata Gunung Galunggung2
Wisata Gunung Galunggung2

Tak hanya terdapat kawah, tapi di sini juga ada kolam-kolam, serta sumber air panas gununag. Pengelola wisata sudah menyediakan sejumlah kolam untuk bisa dipakai para wisatawan berendam. Beberapa kolam untuk wisatawan umum, yang bisa dinikmati bersama dan ada pula kolam pribadi yang sediakan bak rendam khusus tertutup.

Baca Juga :  Bali pulina, ngopi sambil melihat keindahan alam

Air kolam asalnya dari air gunung alami, yang menurut kepercayaan bisa sembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Tak hanya itu, berendam di air panas pastinya bisa membuat tubuh lebih nyaman dan rileks. Sehingga bisa kurangi stres.

Untuk dapat menikmati berendam di air panas, para wisatawan tak perlu bayar biaya lagi. Sebab sudah termasuk di dalam tarif tiket masuk.

Berfoto di Area Gardu Pandang

Wisata Gunung Galunggung1
Wisata Gunung Galunggung1

Berada di alam dengan pemandangan yang memesona dan memukau, aktivitas yang tak dapat dilewatkan, yaitu berfoto. Di puncak gunung, ada gardu pandang yang terbuat dari kayu. Di sekelilingnya sudah ada pembatas yang terbuat dari kayu yang tingginya sekitar satu meter. Gardu pandang ini berada di tepi tebing.

Gardu pandang ini mempunyai luas yang cukup luas, bisa menampung 20 orang lebih secara sekaligus. Luas gardu pandang pun memungkinkan para wisatawan untuk berfoto tanpa ada halangan yang banyak. Serta lebih aman sebab tak berdesakan.

Dari Gardu Pandang ini, bisa menyaksikan pemandangan perbukitan hijau yang membentang begitu indah. Perbukitan hijau terlihat begitu asri, ditambah dengan pesona langit biru yang menaunginya. Dari atas gardu pandang, para wisatawan pun bisa menyaksikan keindahan pesona matahari terbit dan matahari terbenam. Pastinya melihat keindahan alam dari sini akan lebih aman sebab ada pagar pembatas pada sekelilingnya.

Berkemah atau Camping di Bukit Landai

Wisata Gunung Galunggung6
Wisata Gunung Galunggung6

Untuk yang suka menginap atau bermalam di alam, terdapat camping ground di area bukit landai. Areanya tak tertutupi oleh pepohonan, alasanya tanah berpasir.

Di sini, para wisatawan bisa mendirikan tenda sebab lokasinya lumayan luas. Selain tenda, sejumlah wisatawan ada yang memakai mobil sebagai tenda.

Baca Juga :  Wisata Tebing Pelangi Tuban, Harga Tiket + Lokasi

Berpetualang di Jalan Off-road

Wisata Gunung Galunggung3
Wisata Gunung Galunggung3

Wisatawan yang suka tantangan bisa coba jalur off-roda pada kaki gunung. Terdapat sejumlah pilihan kendaraan untuk coba jalur ini. Dengan motor trail, mobil off-road, ataupun dengan sepeda gunung. Kendaraan-kendaraan tersebut punya jalur masing-masing. Tentunya semua menantang karena naik-turun jalur pegunungan. Dengan medan tanah berpasir dan licin, pastinya akan sangat menantang dan seru.

Lokasi Wisata Alam Gunung Galunggung Tasikmalaya

Objek wisata alam ini berada di Linggawangi, Kecamatan Leuwisari, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Lokasi wisata bisa ditempuh dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Dari arah pusat kota Tasikmalaya, jarak menuju ke wisata ini sekitar 21 km. Waktu tempuh perjalanan kurang lebih 40 menit kendaraan bermotor.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

1 tanggapan pada “Tiket Murah dan Bisa Mencoba Beragam Aktivitas, Berlibur Saja ke Wisata Gunung Galunggung”

Tinggalkan Balasan