Lompat ke konten
Home » Wisata » Masih di Sekitar Candi Arjuna, Wisata Kawah Sikidang Wajib Disambangi Juga

Masih di Sekitar Candi Arjuna, Wisata Kawah Sikidang Wajib Disambangi Juga

Wisata Kawah Sikidang5

Wisata Kawah Sikidang

Kawah Sikidang merupakan salah satu tempat wisata di Dieng yang populer dan sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Tempat wisata ini tak pernah sepi dengan wisatawan yang datang, termasuk di hari-hari biasa.

Hal itu karena kawasan wisata Kawah Sikidang nyaman dikunjungi, walaupun termasuk ke dalam wisata kawah akan tetapi kesan menyeramkan serta lelah tidak ada sama sekali.

Kawang Sikidang adalah kawah aktif yang terbesar di Dieng. Dari sekian banyaknya objek wisata di Dieng yang bisa Anda kunjungi, tak ada salahnya jika Anda mengeksplor kawasan wisata ini.

Selain bisa menikmati kawah dari jarak yang dekat, Anda pun bisa berburu foto keren di sejumlah spot yang ada. Jangan sampai Anda melewatkan untuk mengabadikan momen dan berfoto di antara pohon-pohon yang sudah mati, hasilnya tentu akan keren sekali.

Berikut ini ulasan mengenai wisata Kawah Sikidang yang sudah dipersiapkan untuk Anda semua, sebagai bahan referensi tempat wisata untuk Anda kunjungi saat libur akhir pekan ataupun libur panjang.

Lokasi Wisata Kawah Sikidang

Wisata Kawah Sikidang3
Wisata Kawah Sikidang3

Letak dari wisata Kawah Sikidang masih berada di satu komplek dengan kawasan wisata Candi Arjuna. Alamat lengkap destinasi wisata ini berada di Desa Dieng Kulon, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah.

Rute Menuju ke Kawasan Wisata Kawah Sikidang

Rute ke wisata Kawah Sikidang yang pertama adalah Anda menuju ke Dieng, dari kota Wonosobo kurang lebih 60 menit, sementara jika Anda dari Alun-Alun Banjarnegara membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Tidak heran jika kawasan wisata Kawah Sikidang kerap disebut berada di Wonosobo walaupun secara administratif adalah daerah di Kabupaten Banjarnegara.

Baca Juga :  Lokasi Bencana dijadikan Wisata Selfie, Apa Pantas?

Jalur ke wisata Kawah Sikidang bisa dilalui berbagai macam kendaraan, dan bahkan bus. Terlebih lagi area parkir luas sekali.

Jam Buka Wisata Kawah Sikidang

Jam buka atau operasional wisata Kawah Sikidang adalah setiap hari Senin sampai dengan Minggu. Wisata mulai beroperasi pada pukul 07.00-17.00 WIB.

Tiket Masuk ke Objek Wisata Kawah Sikidang

Wisata Kawah Sikidang4
Wisata Kawah Sikidang4

Tiket masuk ke wisata Kawah Sikidang  adalah sebesar Rp. 20.000,-. Namun, harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu sesuai ketentuan atau kebijakan yang diberlakukan pengelola wisata.

Tiket masuk wisata Kawah Sikidang termasuk ke dalam tiket masuk wisata Candi Arjuna. Jadi, buat liburan Anda semakin seru dan mengasyikan dengan mengunjungi objek wisata Dieng satu ini.

Daya Tarik dari Wisata Kawah Sikidang

Sebagai wisata di Dieng yang cukup populer, Kawah Sikidang pun memiliki sejumlah daya tarik.

Berikut ini daya tarik dari wisata Kawah Sikidang:

Sejarah Wisata Kawah Sikidang adalah kisah perjodohan antara Ratu Sinta Dewi dan Pangeran Kidang Garungan, yang mana sang ratu meminta dibuatkan sumur sebagai tanda cinta dari sang pangeran sebelum berlangsungnya pernikahan.

Namun, nyatanya ratu tidak punya niat tulus menikahi pangeran. Sebab, rupa dari sang pangeran yang mirip dengan rusa atau kidang. Saat pangeran sedang buat sumur, pengawal dari sang ratu mengubur hidup-hidup di sumur yang tengah dibuat.

Pangeran berusaha dengan sekuat tenaga untuk keluar dari sumur, tapi tak berhasil. Rasa marah yang besar membuat air di dalam sumur menjadi mendidih, sampai terbentuklah Kawah Sikidang seperti sekarang ini.

Sejarah atau legenda itu memang tidak bisa dibuktikan secara ilmiah, sebab tak ada bukti nyatanya. Walaupun demikian sejarah atau legenda dari suatu tempat jadi daya tarik yang tersendiri, terlebih untuk Anda yang punya rasa penasaran tinggi.

  • Kawah yang Indah dan Cantik
Wisata Kawah Sikidang1
Wisata Kawah Sikidang1

Kawah Sikidang terlihat semakin cantik dengan penataan kekinian dan memanjakan sekali wisatawan yang berkunjung.

Baca Juga :  Taman Wisata Kopeng Semarang, Indah + Instagramable

Jika dahulu untuk mendekati kawah, Anda perlu menapaki jalur yang tak rata serta terkadang terkena air belerang mengalir. Sekarang, Anda tak akan merasakan hal itu lagi, karena sudah terdapat jembatan cantik yang akan arahkan Anda mendekat ke kawah.

Area wisata Kawah Sikidang pun cukup luas, yakni kurang lebih 4 hektar, dan ada taman yang cantik berhiaskan oleh bunga edelweis yang memang hanya bisa hidup di dataran tinggi.

Suasana putih terasa sangat kental, asap tebal di sekitaran kawah semakin tegaskan hal itu. Anda disarankan memakai masker karena bau belerang di kawasan kawah yang cukup kuat.

  • Jembatan Kahyangan
Wisata Kawah Sikidang
Wisata Kawah Sikidang

Supaya tiba di depan wisata Kawah Sikidang, Anda perlu berjalan di sebuah jembatan yang keren dan cantik yakni Jembatan Kahyangan, pemandangan sekitar seperti sedang di luar negeri.

Udara cukup dingin di kawasan Kawah Sikidang mengharuskan Anda untuk menggunakan jaket ataupun pakaian hangat, jika Anda berfoto di kawasan wisata Kawah Sikidang dilengkapi suasana yang seperti di luar negeri tentu semakin mantap vibenya.

Banyak wisatawan yang mengambil kesempatan berfoto di jalur trekking, di tiap sisi jembatan ada sejumlah tempat duduk ataupun gazebo yang bisa dimanfaatkan untuk berfoto ataupun bersantai.

  • Beragam Wisata di Kawah Sikidang
Wisata Kawah Sikidang5
Wisata Kawah Sikidang5

Banyak hal bisa dilakukan saat liburan di objek wisata Kawah Sikidang. Selain Anda bisa menikmati keindahan alam tersaji, Anda pun bisa berburu foto yang keren di spot-spot tersedia.

Baca Juga :  Berbagi Pengalaman Lalu Lintas Jalan ke Tempat Wisatamu

Kegiatan favorit saat mengunjungi wisata ini adalah merebus telur. Tak hanya itu, jangan lupa untuk mengeksplorasi kawasan wisata Candi Arjuna sebab memang ada di lokasi wisata sama. Di mana pada sekitaran Candi Arjuna ada sejumlah candi lain seperti Candi Srikandi, Candi Semar, Candi Sembadra, dan Candi Puntadewa.

Wisata alam dan sejarah ini direkomendasikan untuk Anda sambangi di sekitaran Dataran Tinggi Dieng. Pemandangan indah dan udara sejuk, jadi magnet yang menarik sekali.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan