Lompat ke konten
Home » Video » Sarat Akan Sejarah, Objek Wisata Religi Brahma Vihara Arama

Sarat Akan Sejarah, Objek Wisata Religi Brahma Vihara Arama

Wisata Religi Brahma Vihara Arama

Wisata Religi Brahma Vihara Arama

Brahma Vihara Arama tak hanya dipakai menjadi tempat peribadatan umat Buddha, akan tetapi juga menjadi tempat wisata religi. Banyak pengunjung dari berbagai tempat datang ke objek wisata ini setiap harinya. Bahkan turis mancangera yang ingin datang langsung untuk melihat keunikan dan keindahan tempat ibadah ini.

Brahma Vihara Arama memiliki sebutan lain, yaitu Vihara Buddha Banjar. Nama ini muncul karena lokasinya di Desa Banjar.

Mengunjungi objek wisata ini tidak terlalu sulit. Sebab letaknya berada di lokasi yang strategis. Memiliki arsitektur bangunan unik jadi salah satu daya tariknya, apalagi ditemani alam sekitar yang mempesona.

Properti wisata religi yang ada di Buleleng Bali ini dibangun pertama kali di tahun 1970 oleh Yayasan Bante Girri Rakhito. Setelah dipugar beberapa tahun, vihara ini diresmikan sebagai tempat ibadah umat Buddha di tahun 1973 dan sampai sekarang masih digunakan.

Atraksi yang memukau dari Brahma Vihara Arama

Brahma Vihara Arama bukan merupakan objek wisata wahana permainan atau objek wisata alam. Namun, sangat banyak objek wisata yang ada di sini sehingga tak pernah sepi oleh pengunjung setiap harinya. Tidak hanya warga lokal yang ingin melaksanakan ibadah, banyak pula wisatawan mancanegara yang sempatkan diri untuk mampir dan berkunjung.

Arsitektur Unik Objek Wisata Brahma Vihara Arama

Daya tarik yang pertama dari Brahma Vihara Arama adalah arsitekturnya yang unik. Tak seperti kebanyakan vihara lain, vihara ini memadukan arsitektur Hindu, yang seperti diketahui mayoritas ada di Bali. Anda dapat melihat keunikan arsitektur tersebut di banyak candi yang seperti Borobudur. Lalu, secara keseluruhan tampak seperti bangunan candi yang adalah tempat ibadah umat Hindu.

Vihara ini mempunyai halaman terbagi jadi tiga bagian utama. Sama halnya tempat ibadah umat Buddha umumnya, Brahma Vihara Arama pun mempunyai mandala rendah, menengah, serta utama. Masing-masing mempunyai ketinggian berbeda serta dihubungkan dengan tangga. Setiap tangga punya prasasti yang adalah prinsip Buddha.

Tak hanya itu, banyak pula patung-patung pada sebagian besar tempat ibadah ini. Arca ini identik dengan ajaran Buddha, dimana masing-masing punya arti tersendiri. Namun, hal paling menarik di sini adalah patung Buddha dan Parinirvana lapis emas, yang disumbangkan oleh negara Thailand dan Sri Lanka di tahun 1977.

Baca Juga :  Wisata Religi Sunan Giri semakin baik

Arca Parinirvana adalah gambaran Sang Buddha sedang melakukan meditasi mengosongkan badan. Patung Buddha, berbeda lagi, di mana menunjukkan Buddha capai tingkat yang tertinggi di dalam ajarannya, yakni tingkat kesempurnaan. Patung-patung yang lainnya tak terlalu besar serta tersebar di sekitaran taman.

Pemandangan yang indah dan Suasana Sekitar yang Menyenangkan

Wisata Religi Brahma Vihara Arama
Wisata Religi Brahma Vihara Arama

Saat berkunjung ke Brahma Vihara Arama, tidak hanya arsitektur bangunan yang menjadi hal penting. Di sini, para wisatawan pun disuguhkan oleh pemandangan alam indah serta mempesona. Properti wisata religi ini berada di dataran tinggi, jadi sangat wajar jika mempunyai perpaduan alam menawan dan mengesankan.

Pohon-pohon rimbun tumbuh dengan subur di sejumlah tempat. Area taman membuat pemandangan jadi lebih sejuk dan hijau dipandang mata. Ada sejumlah tanaman hias sengaja ditanam untuk tambah daya tarik. Pun suasana sekitar terasa sejuk dengan udara yang murni seperti di daerah pedesaan.

Brahma Vihara Arama pun punya banyak kolam dengan bunga teratai, yang merupakan bunga cukup sakral bagi umat Buddha. Di kejauhan tampak bukit-bukit terlihat seperti gunung. Sementara, jika cuaca sedang cerah, Anda dapat menikmati pesona keindahan dari Pantai Lovina airnya berwarna biru.

Kawasan Vihara Terdiri dari 5 Kompleks

Wisata Religi Brahma Vihara Arama
Wisata Religi Brahma Vihara Arama

Semua pengunjung yang datang ke vihara dipersilahkan untuk melakukan meditasi, jadi tak hanya umat Buddha. Banyak wisatawan luar negeri yang melakukan kegiatan ini dalam kunjungannya.

Vihara ini terdiri dari 5 kompleks yang punya fungsi masing-masing. Pertama adalah kompleks Uposathagara yang ada di sebelah barat. Kompleks ini dipakai untuk konfirmasi biksu yang sudah capai level tertentu. Di sini biksu akan membuat janji dan sumpah untuk menurut ajaran Buddha. Keunikan dari komplek ini adalah terdapat patung Buddha di yang ada seberang Nirwana.

Lalu yang kedua adalah Dharmasala yang letaknya di sebelah timur. Letak ini fungsinya sebagai tempat belajar bagi para biksu sebelum dilantik atau dikukuhkan. Di sini biksu melakukan kegiatan sehari-hari seperti ibadah, khutbah, serta meditasi.

Di sebelah barat laut ada komplek lain dengan bangunan yang khas, seperti stupa. Ada hal yang menarik di komplek ini, seperti ada relik Buddha.

Baca Juga :  Ranca Upas Bandung, Review lengkap + harga paket Camping

Kemudian di sebelah barat daya ada komplek yang bisa dicirikan pohon Bondi. Sementara yang terakhir yakni Kuti, tempat untuk istirahat para biksu.

Alamat dan Rute Menuju ke Lokasi Objek Wisata Brahma Vihara Arama

Brahma Vihara Arama adalah tempat ibadah bagi umat Buddha yang terbesar di Bali. Seperti disebutkan di atas, lokasi objek wisata ini strategis sehingga sangat mudah untuk ditemukan. Alamat vihara ini berada di Banjar Tegeha, Kec. Banjar, Kab. Buleleng, Bali. Jika dari Pusa Buleleng ke vihara jarak tempuhnya sekitar 11 kilometer. Anda membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk dapat mencapainya.

Ada cukup banyak rute yang dapat dilalui, akan tetapi rute yang paling mudah dan paling dekat adalah lewat Jalan Pohasem. Anda bisa coba mulai dari Pura Melating di Jalan Raja Ida Made Rai. Lalu, ikutilah Jalan Raya Tegeha, dan objek wisata religi ini sudah di depan mata. Anda hanya perlu untuk ikuti petunjuk diberikan.

Mengunjungi objek wisata religi Brahma Vihara Arama dijamin tak akan dapat menguras anggaran. Ini karena Anda dapat masuk tanpa perlu membeli tiket masuk dahulu alias gratis. Namun, Anda diharapkan mengenakan pakaian yang pantas dan mematuhi peraturan-peraturan yang ada.

Salah satu peraturan dimaksud yakni tiap wisatawan wajib untuk mengenakan kamen, yakni pakaian adat Bali. Jika Anda tak punya barang-barang pakaian ini, terdapat lokasi persewaan dengan harga yang relatif murah. Silahkan Anda datang kapanpun, vihara ini buka tiap hari dari jam 08.00 – 18.00 waktu setempat.

Kegiatan-Kegiatan Menarik di Brahma Vihara Arama

Mengunjungi suatu objek wisata pastinya kurang lengkap jika Anda tak melakukan aktivitas seru di dalamnya. Bagi sebagian orang tak banyak kegiatan dapat dilakukan di Brahma Vihara Arama. Padahal bukan hal tersebut yang menjadi masalah, ada sejumlah kegiatan seru yang dijamin akan membuat Anda ketagihan, contohnya berikut ini!

  • Meditasi, Tenang
Wisata Religi Brahma Vihara Arama1
Wisata Religi Brahma Vihara Arama1

Bahkan apabila Anda bukan merupakan Buddhis, tak ada salahnya Anda mencoba meditasi. Kegiatan ini dapat dilakukan siapapun dan agama apapun. Inti meditasi ini adalah beristirahat serta melepaskan diri dari kesibukan dan hiruk pikuk kehidupan sehari-hari. Walaupun sebentar saja, kegiatan ini dapat dijadikan sebagai sarana penyembuhan untuk menenangkan dan menyegarkan pikiran.

  • Menikmati Keindahan Pemandangan Alam
Wisata Religi Brahma Vihara Arama4
Wisata Religi Brahma Vihara Arama4

Brahma Vihara Arama Bali letaknya di 300 meter di atas permukaan laut. Ada banyak pemandangan indah yang dapat dilihat di sini seperti perbukitan, pepohonan hijau, dan persawahan. Tak hanya itu, Anda pun dapat melihat pantai dengan air laut yang biru serta ombak tinggi.

  • Berburu Spot atau Tempat Foto
Wisata Religi Brahma Vihara Arama3
Wisata Religi Brahma Vihara Arama3

Keberadaan dari taman dihiasi arca kerap dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk capai spot foto. Tak salah sebab semua orang akan tertarik untuk cari spot foto. Tak salah jika banyak orang merasa tertarik untuk menjadikannya sebagai latar belakang foto. Anda pun tak boleh sampai ketinggalan, pastikan Anda punya penyimpanan HP cukup untuk dapat mengambil gambar serta video dengan sebanyak mungkin.

Baca Juga :  Hobi burung, Grafika Bird Park Bandung Barat

Fasilitas Tersedia di Area Vihara

Karena bukan seperti objek wisata umumnya, wajar apabila fasilitas di objek wisata Brahma Vihara Arama tidak begitu lengkap. Namun, jika ditanya mengenai fasilitas wajib, dapat dikatakan cukup. Terdapat tempat parkir, toilet, dan tempat persewaan kamen di sini.

Bali memang layak disebut menjadi surga bagi para traveller sebab mempunyai banyak objek wisata menarik dengan berbagai kategori. Selain pantai, masih banyak tempat wisata lain lagi yang wajib dikunjungi, salah satunya tentu Brahma Vihara Arama. Jadi, liburan Anda pun akan semakin seru dan menyenangkan.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan