Lompat ke konten
Home » Video » Liburan ke Bukit Lawang, Coba Aktivitas-Aktivitas Seru Ini

Liburan ke Bukit Lawang, Coba Aktivitas-Aktivitas Seru Ini

Bukit Lawang (1)

Bukit Lawang

Penasaran rasanya menjelajah hutan dan melihat secara langsung kehidupan di alam liar? Bukit Lawang di Sumatera Utara mungkin dapat menjadi jawabannya. Kawasan ini merupakan cagar alam bagi Orangutan. Selain itu, bukit ini pun adalah destinasi wisata alam yang cantik dan menarik.

Berdiri dari tahun 1973, awalnya bukit ini berfungsi sebagai tempat rehabilitasi dan juga perlindungan orangutan. Kemudian kawasan ini berkembang jadi area wisata seiring meningkatnya minat pada wisata alam. Setelah sempat tutup yang disebabkan terjangan banjir bandang, Bukit Lawang bangkit kembali. Sekarang, wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara selalu meramaikan kegiatan rekreasi di sini.

Harga Tiket Masuk Wisata Bukit Lawang

Untuk masuk kawasan Bukit Lawang, para wisatawan akan dikenai biaya tiket masuk Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL). Pengunjung perlu untuk menyiapkan biaya dari Rp. 5.000 sampai Rp. 225.000.

Jenis Tiket dan Harga Tiket Masuk Weekday / Weekend

Harga tiket masuk wisatawan domestik / lokal Rp. 5.000 / Rp. 7.500.

Harga tiket masuk wisatawan WNA / mancanegara Rp. 150.000 / Rp. 225.000.

Jam Buka Wisata Bukit Lawang

Kawasan wisata satu ini terbuka untuk umum setiap hari dari pukul 07.00 – 16.00. Setiap bulan merupakan waktu yang terbaik berkunjung ke wisata ini.

Pesona Objek Wisata Bukit Lawang

Bukit Lawang
Bukit Lawang

Bukit Lawang adalah tujuan atau destinasi wisata yang jadi bagian Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL). Wisata ini berada pada ketinggian 100 sampai 700 mdpl. Sebagian besar daerah wisata adalah bukit hutan primer alami yang menjadi tempat tinggal bermacam-macam flora dan fauna, terlebih orangutan Sumatera.

Sebelum jadi kawasan ekowisata seperti sekarang, dulunya adalah kawasan konservasi Orangutan Sumatera dan juga berfungsi sebagai Stasiun Pengamatan Orangutan. Namun, sekarang area tersebut terbuka untuk para wisatawan yang ingin cicipi pesona dan juga berbagai aktivitas wisata di alam. Akan tetapi, semua kegiatan wisata berada dalam pengawasan ketat demi menjaga kelestarian alam dan keberlangsungan ekosistem yang ada.

Baca Juga :  Hutan Pinus Gunung Pancar, Tempat Healing yang Menyejukkan

Berbagai Aktivitas Seru dan Menarik di Wisata Bukit Lawang

Ada beberapa aktivitas seru yang bisa Anda lakukan ketika berwisata di Bukit Lawang, seperti:

  • Jungle Tracking
Bukit Lawang3
Bukit Lawang3

Salah satu aktivitas yang jadi daya tarik utama wisata Bukit Lawang adalah Jungle Tracking. Para wisatawan dapat merasakan suasana alam yang terbaik dengan aktivitas satu ini. Peminat paling tinggi kegiatan ini biasanya adalah wisatawan mancanegara.

Setidaknya, ada dua pilihan cara melakukan kegiatan seru ini. Pertama, bisa dengan one day trip atau half day. Pelancong akan diajak jelajahi sebagian hutan di sekitar perbukitan. Termasuk di dalamnya yakni habitat dari orang utan serta hewan primata lain.

Berikutnya ada pilihan lain, yakni melakukan jungle tracking serta berkemah. Kegiatan ini dapat berlangsung 2 sampai 7 hari. Selama kegiatan berlangsung, pemandu akan temani para wisatawan merasakan bagaimana sensasi ‘survival’ di dalam hutan. Di kegiatan ini, para wisatawan dapat mengamati kehidupan beraneka fauna dan juga merasakan syahdunya suasana sekitar.

  • Berenang dan River Tubing Sungai Bohorok
Bukit Lawang4
Bukit Lawang4

Selama di sini, Anda jangan sampai melewatkan kegiatan bermain di Sungai Bohorok. Sungai yang masih bagian Bukit Lawang ini tak dapat dilewatkan begitu saja.

Sungainya mempunyai banyak bagian dangkal dan jernih airnya. Sementara arusnya cukup aman dan bersahabat untuk menjadi lokasi river tubing atau berenang. Aliran air melintasi sebagian area wisata.

Berbagai macam aktivitas wisata atau rekreasi memang berpusat pada sekitar sungai dan sekitarnya. Apalagi di sepanjang sungai, restoran dan penginapan dapat dengan mudah ditemui. Begitu pula kawasan berkemah dan juga wahana river tubing menguji adrenalin.

  • Penginapan dan Cafe di Wisata Bukit Lawang
Bukit Lawang
Bukit Lawang

Keindahan alam Bukit Lawang tak hanya untuk para penyuka petualangan, sebab terdapat banyak fasilitas yang mengutamakan kenyamanan di dalam menikmati kawasan. Lihat barisan hotel dan penginapan di sepanjang Sungai Borohok. Hampir semua pilihan akomodasi yang ada di area wisata berkonsep menyatu dengan alam.

Baca Juga :  Ide Dekorasi Sekitar Kompleks Perumahan HUT RI

Begitu pula dengan kafe dan restoran yang ada. Sejumlah tempat makan bahkan berikan pengalaman makan unik. Salah satunya yakni duduk di bangku yang diletakkan di aliran sungai. Dengan demikian, pengunjung bisa nikmati makanan sembari merasakan aliran air sungai yang sejuk di kaki.

Wahana Rekreasi yang Tersedia

Bukit Lawang2
Bukit Lawang2

Masih banyak wahana lainnya yang dapat dinikmati di wisata Bukit Lawang. Misalnya saja, kegiatan mendayung sampan atau kano di Sungai Bohorok. Lalu ada pula kegiatan menikmati acara barbekyu yang lezat dan memanjakan lidah di tepi Sungai Landak.

Sedangkan jika Anda ingin kegiatan menjelajah yang berbeda, cobalah kunjungi Gua Kelelawar. Gua ini sajikan stalaktit yang spektakuler dan juga merupakan rumah untuk kelelawar. Lalu, Anda jangan lupa mengabadikan selfie yang kekinian di wahana Jembatan Gantung Bukit Lawang. Jembatan dengan bentuk unik ini melintas atas Sungai Bohorok dan berdesain unik.

Fasilitas Tersedia di Wisata Bukit Lawang

Bukit Lawang1
Bukit Lawang1

Fasilitas umum tersedia sudah memadai dan lengkap. Sarana tersebut terdiri dari papan informasi, area parkir, toilet, sampai tempat ibadah. Sarana yang lain seperti penginapan dan hotel serta kafe dan restoran mudah sekali ditemui. Wisata Bukit Lawang pun menyediakan banyak pemandu wisata yang siap untuk temani pengunjung untuk jelajahi tempat wisata.

Baca Juga :  Sendi Adventure, Tempat bersantai di Puncak Pacet Mojokerto

Lokasi dan Akses ke Wisata Bukit Lawang

Wisata Bukit Lawang berada di area Taman Nasional Gunung Leuser, lebih tepatnya terletak di Desa perkebunan Bukit Lawang, Kec. Bohorok, Kab. Langkat, Sumatera Utara. Dari Medan jaraknya sekitar 80 km dan dapat dicapai dengan perjalanan dalam waktu kurang lebih 2,5 jam.

Para wisatawan dapat memakai kendaraan pribadi ataupun moda transportasi umum. Dari terminal Pinang Baris Medan berangkat dengan minibus atau Angkot ‘Pembangunan Semesta’ langsung ke Tangkahan. Akses jalan ke tempat wisata sudah baik dengan jalan aspal.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan