Lompat ke konten
Home » Video » Balikpapan Juga Punya Pantai yang Mempesona, Pantai Kemala Jadi Destinasi Liburan Menarik

Balikpapan Juga Punya Pantai yang Mempesona, Pantai Kemala Jadi Destinasi Liburan Menarik

pantai kemala balikpapan

Pantai Kemala

Balikpapan adalah kota terbesar ke-2 di Kalimantan Timur. Kota ini mempunyai banyak objek wisata alam yang dapat dikunjungi. Salah satunya adalah wisata Pantai Kemala yang tawarkan keindahan yang mempesona dan memukau.

Pantai ini jadi objek wisata favorit dan banyak dikunjungi di Balikpapan. Untuk kaum muda, pantai ini menjadi tempat untuk isi waktu luang serta melepaskan stres dan penat. Itu karena suasananya sangat menenangkan dan indah. Mari cari tahu lebih banyak tentang pantai ini!

Lokasi dan Rute ke Pantai Kemala

Pantai Kemala juga dijuluki dengan nama Pantai Polda. Pantai ini adalah salah satu destinasi wisata di Balikpapan saat liburan tiba. Disebut dengan Pantai Polda karena pihak pengelolanya adalah Polisi Daerah Kalimantan Timur.

Pantai ini berada pada pusat kota, lebih tepatnya di Jln. Jenderal Sudirman, Prapatan, Kota Balikpapan, Kaltim. Posisi pantai ada di balik bangunan perkantoran, membuatnya tak mencolok walaupun berada pada pinggir jalan.

Lokasinya cukup mudah untuk dijangkau dan tak jauh dari jalan raya, sehingga untuk bisa mencapainya perlu jalan kaki beberapa meter saja agar bisa sampai di area pantai.

Tak susah untuk menemukan lokasi Pantai Kemala, sebab tidak jauh dari jalan raya. Rutenya pun mudah untuk ditemukan pada aplikasi Google Maps sebab letaknya yang tidak jauh dari pusat kota.

Untuk sampai tempat wisata ini bisa memakai kendaraan pribadi, taksi online, ojek online, maupun angkutan umum dari terminal menuju Pelabuhan Semayang. Lalu Anda bisa turun di Rumah Sakit Bhayangkara untuk selanjutnya Anda teruskan dengan jalan kaki beberapa meter untuk ke pintu masuk pantai.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Wisata Pantai Kemala

Untuk dapat menikmati liburan seru di pantai ini, para wisatawan perlu untuk membayar biaya tiket masuk sebesar Rp. 5.000 per orang saja. Tarif tiket masuk pantai ini cukup murah jika dibandingkan dengan biaya tiket masuk pantai lainnya.

Namun, harga tiket masuk tersebut belum termasuk tarif parkir kendaraan. Untuk kendaraan pribadi roda dua maupun roda empat dikenakan tarif parkir saat sampai di pos masuk wisata.

Jam buka wisata Pantai Kemala:

  • Pantai Kemala buka tiap hari dari pukul 08.00 – 23.00 WIB.
Baca Juga :  Indahnya Wisata Pulau Derawan Kalimantan Timur

Harga tiket masuk wisata:

  • Harga tiket masuk (weekdays & weekend): Rp. 5.000,-
  • Harga wahana wisata:
  • Banana boat: Rp. 25.000,
  • Flying fox (khusus untuk anak-anak): Rp. 25.000,
  • Jet ski: Rp. 800.000/jam.

Pesona yang Dimiliki Wisata Pantai Kemala

Pantai Kemala tawarkan nuansa seperti di Bali, sehingga para wisatawan seperti merasa sedang liburan di Pulau Bali. Pantai ini mempunyai pasir putih lembut dan ombak tenang, serta suasana sekitar yang sejuk karena adanya pohon-pohon kelapa di tepinya.

Dari tepi pantai terlihat dengan jelas gedung-gedung bertingkat di sekitar. Selain itu, ada pula sejumlah resto di tepi pantai yang ditata dengan sedemikian rupa agar seperti resto di Bali.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Kemala

Pantai Kemala suguhkan suasana nyaman dan santai, sehingga bisa mengundang banyak wisatawan untuk datang berkunjung ke wisata alam satu ini. Berbagai macam fasilitas umum telah tersedia di pantai ini, dari lahan parkir, toilet, ruang ganti, sampai musholla.

Tak hanya itu, para wisatawan pun disediakan fasilitas bermain olahraga air (watersport) seperti banana boat dan jet ski. Untuk dapat bermain banana boat hanya tersedia saat sore hari, yakni sekitar pukul 16.00.

Di pantai ini tak tersedia loket khusus, sehingga untuk beli tiket wahana banana boat perlu untuk menghampiri petugas yang tampak membenahi banana boat. Para wisatawan harus menunggu hingga mendapatkan sebanyak 6 orang supaya dapat menaiki banana boat yang akan menguji adrenalin.

Jika Anda ingin coba paragliding, bisa dipandu petugas pantai. Lalu, ada juga permainan flying fox yang diperuntukkan bagi anak-anak.

Namun rasanya, berlibur di pantai ini tak lengkap jika tidak mencicipi dan menikmati wisata kuliner yang ada. Berbagai macam masakan, dari olahan seafood sampai masakan Eropa ada di sini. Disarankan untuk Anda menanyakan harga dahulu sebelum beli makanan.

Berbagai Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Wisata Alam Pantai Kemala

Di Pantai Kemala, para wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas seru, sehingga betah untuk berlama-lama habiskan waktu liburan di sini. Ada berbagai jenis olahraga air (watersport) serta wisata kuliner yang bisa tambah daya tarik para wisatawan untuk kunjungi pantai ini.

  • Bermain Air
Pantai Kemala
Pantai Kemala

Pantai ini berpasir putih lembut dan disertai pohon kelapa kokoh khas pantai yang ikut menghiasi keindahan pantai. Hembusan angin yang sejuk dan sepoi-sepoi menjadikan objek wisata ini cocok sebagai tempat bersantai serta melepas penat.

Baca Juga :  Selain Blue Fire, Banyuwangi Punya wisata alam kece lo...!!!

Deburan ombak tak terlalu ganas membuat Pantai Kemala aman untuk dijadikan sebagai tempat bermain air oleh para wisatawan. Walaupun ombaknya tidak ganas dan bersahabat, tapi pata wisatawan harus tetap waspada dan juga dihimbau untuk tak main air setelah jam enam sore sebab air laut akan pasang serta naik.

  • Mencoba Berbagai Wahana Olahraga Air (Watersport)

Pantai Kemala memfasilitasi beragam permainan air yang tentunya akan manjakan para wisatawan yang berkunjung. Ada banana boat, yang merupakan perahu berbentuk menyerupai pisang dan akan meluncur dengan cara ditarik oleh perahu lainnya. Wahana permainan air banana boat akan bawa para wisatawan berkeliling di atas air hingga ke kawasan Pantai Monpera.

Tak hanya itu, ada juga permainan flying fox sampai jet ski. Untuk harga tiap wahana permainan ini di luar dari harga tiket masuk serta mempunyai tarif berbeda.

  • Menikmati Berbagai Spot Menarik di Pinggir Pantai
Pantai Kemala1
Pantai Kemala1

Pohon rindang yang ada di tepian pantai bisa menjadi tempat untuk bernaung yang segar dan sejuk bagi para wisatawan. Pepohonan teduh ini kerap dijadikan tempat beristirahat sambil menikmati pemandangan pantai yang indah.

Apalagi, pantai ini pun menyediakan banyak meja dan bangku untuk dipakai para pengunjung. Beraneka wisata kuliner pun tersedia di pinggir pantai. Selain itu, Pantai Kemala pun menyediakan panggung hiburan.

  • Menikmati Berbagai Objek Wisata yang Ada di Sekitar Kemala
Pantai Kemala4
Pantai Kemala4

Posisi Pantai Kemala diapit dua pantai yang berjejeran dan mempunyai pesonanya sendiri. Bahkan seringkali pantai-pantai ini didatangi sekaligus dalam satu kali kunjungan. Posisinya yang bersebelahan, membuat ketiga pantai bisa dijajaki hanya dengan jalan kaki.

Ada Pantai Monpera yang memiliki taman hijau yang asri. Lalu, ada Pantai Kilang Mandiri yang memiliki kawasan lebih luas. Di pantai ini, para wisatawan bisa dengan leluasa bermain bola pantai.

Tips Berlibur ke Wisata Pantai Kemala

Sejumlah tips berikut ini perlu Anda perhatikan jika ingin liburan seru dan bisa menikmati indahnya Pantai Kemala:

  • Pantai ini terletak tidak jauh dari pusat kota serta didatangi oleh banyak wisatawan, apalagi saat musim liburan atau saat akhir pekan. Jika Anda tidak begitu menyukai keramaian, maka dapat berkunjung ke wisata pantai ini saat hari biasa (weekdays) supaya dapat bermain hingga puas dan bisa menikmati indahnya pantai.
  • Jika Anda berasal dari luar kota, atau bahkan dari luar pulau Kalimantan, disarankan untuk sewa penginapan di sekitar pantai, baik itu villa, hotel, ataupun guest house. Sesuaikan saja dengan fasilitas serta budget yang dimiliki.
  • Tips terpenting saat liburan di pantai adalah menyiapkan sunblock jika ingin bisa menikmati keindahan pantai tanpa perlu merasa takut kulit akan terbakar.
Baca Juga :  Keindahan Pantai Balekambang Malang

Jika Anda sudah menerapkan semua tips di atas, maka segeralah memilih waktu yang tepat untuk mengunjungi dan berlibur di pantai yang eksotis ini. Datanglah bersama teman atau keluarga supaya liburan semakin seru dan berkesan.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan