Indahnya Wisata Pulau Derawan Kalimantan Timur

Pulau Derawan Kalimantan Timur

Memang tak dapat dipungkiri jika Indonesia jauh lebih indah dibandingkan anda berlibur di luar Jawa. Begitu banyak pesona Indonesia yang luar biasa cantik pada pulau tersebut. Tempatnya adalah di Kalimantan Timur yang dikenal dengan pulau derawan. Kalimantan Timur mempunyai banyak jenis pulau yang begitu indah dimana anda bisa menikmati pemandangan yang luar biasa. Seperti yang sudah disebutkan diatas nama pulau ini adalah Pulau Derawan.
Untuk sedikit masyarakat tentunya sudah mengetahui tentang nama pulau tersebut. Dimana ini merupakan tempat yang indah di Kalimantan. Cerita masyarakat sekitar, tempat ini merupakan surga yang ada di dunia dimana anda harus menikmati dengan datang berkunjung. Untuk anda yang belum pernah bermain ke lokasi tersebut, silahkan baca rangkuman dari artikel ini agar anda dapat mengetahui melalui sudut ke sudut dari Pulau Derawan Kalimantan Timur ini.

Tentang Wisata Pulau Derawan Di Kalimantan

Di Tahun 2005 pemerintah berinisiatif mendaftarkan kawasan tersebut menuju Unesco untuk warisan dunia pada situs yang ada. Lokasi tersebut memiliki sebutan yakni Pristine Island dimana memiliki arti lokasi yang suasana asrianya tetap dijaga, maka banyak pengunjung yang bermain ke tempat tersebut, mau itu pengunjung mancanegara ataupun dari nusantara.

Pada awalnya desa tersebut merupakan desa administratif, lalu berubah konsep menjadi desa wisata dimana menuntut masyarakatnya supaya sadar dan ingin menjaga kebersihan. Apabila kebersihan terjaga serta kelestarian alam tetap indah, tempat tersebut secara otomatis semuanya juga akan terjaga dan menjadikan Pantai Derawan selalu alami bersih pada masa ke masa. Hal tersebut bisa menjaga sejarah pulau yang tidak bisa anda lupakan.

Indahnya Pulau Derawan

Saat anda datang pertama kali dan tiba ditempat tersebut, anda akan disambut dengan banyaknya pasir putih yang luar biasa indah. Ditambah dengan air lautnya yang sangat bening membuat pengunjung tidak mau berpindah tempat. Apalagi untuk mereka yang suka dunia foto, tempat inilah surga dunia yang dicari. Pada setiap latar pemandangan disana merupakan tempat yang tidak bisa dilewatkan.

Kecantikan Pantai Derawan tak berhenti disitu saja, namun masih banyak kegiatan yang dapat anda lakukan di tempat tersebut. Contohnya adalah Spot diving kemudian snorkeling dimana menjadi spot yang tidak boleh diabaikan. Sebab aktivitas tersebut adalah kegiatan yang dapat dijadikan pengetahuan untuk mengenal banyak macam terumbu karang. Konon ceritanya ada  terumbu karang yang jarang ditemui.

Merekalah yang dijadikan alasan kawasan tersebut wajib untuk didatangi. Bawah laut merupakan ekosistem dimana tempat tersebut masih dijaga sungguh-sungguh. Para penduduk mengerti bahwa semua potensi yang ada di sana meski sekecil apapun, para penduduk akan menjaganya untuk anak cucunya nanti.

Tidak hanya ikan-ikan kecil, pulau Derawan juga memiliki macam ikan langka yang menarik bagi banyak orang. Jika pengunjung sedang beruntung ikan langka tersebut akan muncul dan jumlahnya cukup banyak. Maka kamera wajib untuk dibawa untuk mengabadikan agar tidak terlewatkan.

Sesuatu yang menarik yang dapat dilakukan ketika malam hari dimana anda berburu penyu hijau sebab di pulau tersebut memiliki penangkaran penyu hijau. Pengunjung dapat menyaksikan proses penyu hijau bertelur sampai telur tersebut menetas. Pada umumnya penyu-penyu tersebut akan menetas jika sudah 50 hari. Momen tersebut tidak boleh anda lewatkan sebab akan menjadi momen yang lucu untuk dilihat.
Mengelilingi pulau sambil memandang kecantikan pada titik tiap titik bisa anda lakukan dengan berjalan kaki, namun anda juga bisa menyewa speed boat. Akan tetapi harga sewa membutuhkan biaya sebesar 1,5 juta dengan jumlah orang 3-4 saja.

Sambil menunggu matahari terbenam, anda bisa terlebih dahulu belanja souvenir khas derawan salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan saat anda berlibur disana. Harga yang ditawarkan pun cukup murah, start dimulai 50 ribu rupiah. Pengunjung sudah dapat membeli oleh-oleh untuk keluarga dirumah. Seluruh barang yang ditawarkan adalah hasil buatan tangan warga Suku Bajou.

Warga Suku Bajou merupakan masyarakat yang dikenal ramah dan baik. Pengunjung dapat menikmati suasana keakraban mereka. Coba anda ajak bercanda supaya keadaan semakin akrab dan enak, nanti kan terasa seperti saudara jauh yang memang lama tak berjumpa. Ini yang akan kita ingat sepulang dari pulau tersebut kenangan yang terbesit di pikiran hati anda.


Sumber referensi : nativeindonesia.com
Langganan Surel
Langganan